Kelayakan Materi dan ilustrasi dalam buku Pelajaran bahasa Indonesia Edisi Revisi Kelas X

Authors

  • Arini Mayang Fauni Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sulistio Rini Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dwi Setyaningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Miftakhul Huda Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.11632

Keywords:

kelayakan buku ajar, ilustrasi, Kurikulum Merdeka, materi Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan materi dan ilustrasi dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Edisi Revisi untuk kelas X, khususnya dalam mendukung proses pembelajaran sesuai dengan transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data utama berupa buku pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi kelas X. Data dikumpulkan melalui teknik observasi catat, yaitu pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap isi buku, baik dari segi materi maupun ilustrasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis isi untuk menilai mutu materi dan ilustrasi serta keterkaitannya dengan kompetensi dasar dan kebutuhan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas X edisi revisi telah memenuhi standar kelayakan dalam aspek konten dan ilustrasi. Materi yang disajikan dinilai lengkap, relevan, dan terstruktur sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, serta mendukung pengembangan literasi, berpikir kritis, dan karakter siswa. Ilustrasi dalam buku ini juga dinilai efektif dalam membantu pemahaman, meningkatkan minat baca, dan memperjelas konsep yang diajarkan. Dengan demikian, buku ini layak dijadikan acuan dalam proses pembelajaran di SMA/MA/SMK/MAK dan efektif mendukung pembelajaran yang bermakna serta menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-07-03

Published

2025-07-13