Kelayakan Isi Dan Penyajian Materi Buku Pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Kelas X Sekolah Menengah Atas

Analisis Kelayakan Isi Buku Teks

Authors

  • eldina nurdiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Cempaka Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anggraeani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.11631

Keywords:

Buku Teks, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka, Kelayakan Isi, Penyajian

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengundang kelayakan isi dan penyajian buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA berdasarkan prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode isi terhadap analisis dokumen buku teks. Data dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi buku telah sesuai dengan capaian pembelajaran, mencakup kedalaman materi, serta relevan dengan kehidupan siswa. Penyajian buku disusun secara sistematis, menggunakan bahasa komunikatif, visualisasi yang mendukung, dan aktivitas pembelajaran yang interaktif serta reflektif. Buku ini juga mendorong pembelajaran berbasis proyek dan penguatan karakter. Meski begitu, beberapa bagian masih memerlukan pengayaan teori dan variasi desain visual agar lebih menarik. Secara keseluruhan, buku ini layak digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di tingkat SMA, dengan beberapa saran pengembangan untuk penyempurnaan edisi selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-07-03

Published

2025-07-13