Kelayakan Isi Dan Penyajian Materi Buku Pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Kelas X Sekolah Menengah Atas
Analisis Kelayakan Isi Buku Teks
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.11631Keywords:
Buku Teks, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka, Kelayakan Isi, PenyajianAbstract
Penelitian ini bertujuan mengundang kelayakan isi dan penyajian buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA berdasarkan prinsip Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode isi terhadap analisis dokumen buku teks. Data dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi buku telah sesuai dengan capaian pembelajaran, mencakup kedalaman materi, serta relevan dengan kehidupan siswa. Penyajian buku disusun secara sistematis, menggunakan bahasa komunikatif, visualisasi yang mendukung, dan aktivitas pembelajaran yang interaktif serta reflektif. Buku ini juga mendorong pembelajaran berbasis proyek dan penguatan karakter. Meski begitu, beberapa bagian masih memerlukan pengayaan teori dan variasi desain visual agar lebih menarik. Secara keseluruhan, buku ini layak digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di tingkat SMA, dengan beberapa saran pengembangan untuk penyempurnaan edisi selanjutnya.







