Relevansi Materi dan Perkembangan Kognitif pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.23917/bppp.v7i2.11561Keywords:
Pendidikan, Buku teks, Perkembangan kognitifAbstract
Pendidikan adalah sebuah hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kognitif materi pada buku pelajaran bahasa Indonesia kelas IX, sejauh mana materi-materi spesifik pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX (misalnya, teks laporan percobaan, pidato persuasif, cerpen, dll.) relevan dengan kemampuan berpikir abstrak siswa kelas IX, dan bagaimana materi dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX mendukung pengembangan kemampuan berpikir logis dan sistematis siswa kelas IX. Data yang didapat bersumber dari buku “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX”. Studi yang dilaksanakan mempergunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak catat. Peneliti mempergunakan teknik analisis isi dan reduksi data. Data berikutnya ditampilkan pada bentuk uraian melalui penjabaran yang dilakukan dengan terperinci. Tahap akhir yakni menarik kesimpulan. Kesimpulan disajikan guna memberikan jawaban dari perumusan maslaah yang dirumuskan pada awal penelitian. Buku ini mencakup semua tingkatan ranah kognitif menurut Taksonomi Bloom yang telah direvisi, dari mengingat hingga mencipta, dengan fokus pada penerapan dan analisis dalam pengembangan kompetensi berbahasa dan berpikir kritis. Materi dan aktivitas mengutamakan bukan hanya penguasaan konsep, tetapi juga mendorong siswa untuk membuat karya nyata, mendukung literasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi sesuai Kurikulum Merdeka. Buku ini juga disusun berdasarkan perkembangan kognitif siswa, sehingga efektif untuk pembelajaran di SMP/MTs.







