Peningkatan Hasil Belajar Model Discovery Learning Berbantuan Media Kartu Kuartet Di Sekolah Dasar

Authors

  • Moh Jauharul Fanani Universitas Muria kudus
    Indonesia
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
    Indonesia
  • Sudjadi SD Negeri 1 Kalirejo
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i2.10365

Keywords:

Discovery Learning, Kartu kuartet, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model Discovery Learning  berbantuan media kartu kuartet budaya. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalirejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap pra-siklus, pembelajaran masih berpusat pada guru dan menunjukkan hasil belajar yang rendah, dengan hanya 25% siswa mencapai ketuntasan belajar. Setelah diterapkannya model Discovery Learning  yang dipadukan dengan media kartu kuartet budaya, keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 68,75% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Selain itu, rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 75,37 menjadi 81,57. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning  berbantuan media kartu kuartet budaya dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dan mendorong pembelajaran yang aktif serta bermakna sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-05-10

Accepted

2025-12-13

Published

2025-12-13