Efektivitas Model PBL Berbantuan Media Baju Energi Terhadap Hasil Belajar Siswa SD

Authors

  • Muhammad Reza A'inul Hakim Universitas Muria Kudus
    Indonesia
  • Ika Ari Pratiwi Universitas, Muria Kudus
    Indonesia
  • Muhammad Rustanto SD 3 Wergu Wetan
    Indonesia
  • Ahmad Eko Budiono SD 3 Wergu Wetan
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v7i1.10275

Keywords:

PBL, Hasil Belajar, Media Baju Energi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan model problem based learning berbantuan media baju energi terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SD 3 Wergu Wetan pada mata pelajaran IPAS materi energi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD 3 Wergu Wetan yang berjumlah 26 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model problem based learning berbantuan media baju energi terhadap hasil belajar diperoleh peningakatan. Siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 77,27. Peserta didik yang tuntas sebanyak 17 dengan persentase 65,38% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 9 dengan persentase 34,62%. Pada siklus 2 hasil belajar meningkat dengan perolehan rata-rata peserta didik sebesar 84. Peserta didik yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan persetase 96,15% dan 1 siswa tidak tuntas dengan persentase 3,85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-05-05

Accepted

2025-12-13

Published

2025-07-13