PENGUATAN KOMPETENSI GURU SMP MUHDUTA KARTASURA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Masduki Masduki Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rita Pramujiyanti Khotimah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Isnaeni Umi Makhromah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Umi Fadlilah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.9987

Keywords:

Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Digital, Video Pembelajaran, Game Pembelajaran

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 2 Kartasura atau yang lebih sering dikenal dengan SMP MUHDUTA masih menghadapi beberapa permasalahan. Kondisi sarana dan prasarana, ketersediaan guru, dan jumlah siswa yang relatif terbatas. Berbagai keterbatasan yang ada membuat program-program yang telah direncanakan belum dapat terlaksana dengan optimal. Salah satu program pengembangan sekolah yaitu rebranding sebagai sekolah unggul informatika yang disebabkan masih rendahnya kompetensi guru dalam bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan kompetensi guru melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis digital.  Kegiatan pengabdian dilakukan selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember 2024. Peserta dalam kegiatan ini yaitu 5 orang guru SMP MUHDUTA. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), instrumen penilaian berbasis digital, video pembelajaran, dan game pembelajaran. Berdasarkan hasil angket yang diberikan sebelum dan setelah kegiatan pengabdian, terdapat peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis digital dari 58% menjadi 100%. Selain itu, guru juga dapat menggunakan berbagai aplikasi pembuatan perangkat pembelajaran digital yang lebih bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. T. K. Ng, J. K. L. Leung, J. Su, R. C. W. Ng, and S. K.

W. Chu, “Teachers’ AI digital competencies and

twenty-first century skills in the post-pandemic

world,” Educational Technology Research and

Development, vol. 71, no. 1, pp. 137–161, Feb. 2023,

doi: 10.1007/s11423-023-10203-6.

[2] H. Akram, A. H. Abdelrady, A. S. Al-Adwan, and M.

Ramzan, “Teachers’ Perceptions of Technology

Integration in Teaching-Learning Practices: A

Systematic Review,” Jun. 06, 2022, Frontiers Media

S.A. doi: 10.3389/fpsyg.2022.920317.

[3] E. Skantz-Åberg, A. Lantz-Andersson, M. Lundin, and

P. Williams, “Teachers’ professional digital

competence: an overview of conceptualisations in the

literature,” 2022, Taylor and Francis Ltd. doi:

10.1080/2331186X.2022.2063224.

[4] E. A. Yurinova, O. G. Byrdina, and S. G. Dolzhenko,

“Transprofessional competences of school teachers in

the digital environment: education employers’

perspective,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 27, no. 2,

pp. 1841–1863, Mar. 2022, doi: 10.1007/s10639-021

10687-w.

[5] R. Rahmi and S. Safrida, “Urgensi Kompetensi Guru

Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Digital

Pendidikan,” AL-KAINAH: Journal Islamic Studies, vol.

2, no. 1, pp. 69–78, 2023, [Online]. Available:

https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alkainah

[6] S. Sanjay Shah, “Teaching and Learning with

Technology: Effectiveness of ICT Integration in

Schools,” Indonesian Journal of Educational Research

and Technology, vol. 2, no. 2, pp. 133–140, 2022, doi:

10.17509/xxxx.xxxx.

[7] M. F. Nissa, I. Syahadah, S. Kurniasih, N. Nurlaelah, M.

Z. Asyidiq, and I. R. Julianto, “Urgensi Literasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,”

Jurnal Cahaya Edukasia, vol. 3, no. 1, pp. 14–18, 2025.

[8] E. G. Artacho, T. S. Martinez, J. L. O. Martin, J. A.

Marin, and G. G. Garcia, “Teacher Training in Lifelong

Learning - The Importance of Digital Competence in

the Encouragement of Teaching Innovation,”

Sustainability, vol. 12, no. 7, p. 2852, 2020.

[9] V. Basilotta-Gómez-Pablos, M. Matarranz, L. A.

Casado-Aranda, and A. Otto, “Teachers’ digital

competencies in higher education: a systematic

literature review,” Dec. 01, 2022, Springer Science and

Business Media Deutschland GmbH. doi:

10.1186/s41239-021-00312-8.

[10] N. J. Asrina and M. Sabarudin, “Urgensi Literasi Digital

Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Konteks

Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Al

Mubtadi, vol. 1, no. 1, pp. 44–59, 2023.

[11] S. Dias-Trindade and C. Albuquerque, “University

Teachers’ Digital Competence: A Case Study from

Portugal,” Soc Sci, vol. 11, no. 10, Oct. 2022, doi:

10.3390/socsci11100481.

[12] N. P. I. Camarini, P. N. Riastini, and I. M. Suarjana,

“Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi

Masalah Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Media dan

Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 158–165, Aug.

2024, doi: 10.23887/jmt.v4i2.62701.

[13] N. Sheveleva, D. Mahotin, S. Lesin, and O. Curteva,

“Preparing teachers for the use of digital technologies

in educational activities,” SHS Web of Conferences,

vol. 98, p. 05016, 2021, doi:

10.1051/shsconf/20219805016.

[14] W. Manik, M. Jannah, and H. F. A. N. Lubis, “Tuntutan

Kompetensi Guru Abad Ke-21,” Jurnal Ilmiah

Multidisiplin Terpadu, vol. 8, no. 12, pp. 247–256, Dec.

2024.

[15] J. Wallace, D. Scanlon, and A. Calderon, “Digital

technology and teacher digital competency in physical

education: a holistic view of teacher and student

perspectives,” Curriculum Studies in Health and

Physical Education, vol. 14, no. 3, pp. 271–287, 2022,

doi:

https://doi.org/10.1080/25742981.2022.2106881.

[16] B. Ketil Engen, T. Hilde Giaever, and L. Mifsud,

“Guidelines and Regulations for Teaching Digital

Competence in Schools and Teacher Education: A

Weak Link?,” 2015. [Online]. Available:

http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/

[17] A. Kirbas and M. Bulut, “Examining the 21st Century

Skills Teaching Levels of Teacher Candidates,”

International Journal of Technology in Education, vol.

7, no. 3, pp. 434–455, May 2024, doi:

10.46328/ijte.800.

[18] S. Chen and S. W. Lee, “Enhancing University

Students’ Soft Skills: A Quantitative Study on Problem

solving and Social Competence,” Journal of

Ecohumanism, vol. 3, no. 7, pp. 4440–4454, Sep. 2024,

doi: 10.62754/joe.v3i7.4554.

[19] M. A. Bircan and E. Akman, “The Relationship

Between Students’ 21st-Century Skills and Academic

Performance in Science and Mathematics,”

Educational Policy Analysis and Strategic Research,

vol. 18, no. 1, pp. 273–291, Mar. 2023, doi:

10.29329/epasr.2023.525.13.

[20] E. ÖZEREN, “Predicting Secondary School Students’

21st-Century Skills Through Their Digital Literacy and

Problem-Solving Skills,” International Education

Studies, vol. 16, no. 2, p. 61, Mar. 2023, doi:

10.5539/ies.v16n2p61.

[21] S. Susilawati, N. Asyiah, and M. N. Iskandar, “Pelatihan

Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif

Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Bagi Guru

Sekolah Dasar,” Jurnal Warta LPM, vol. 25, no. 3, pp.

388–396, 2022, [Online]. Available:

http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

[22] N. A. R. Siregar, S. Susanti, M. Liana, and M. Elvi,

“Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan

Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14

Tanjungpinang,” Jurnal Anugerah, vol. 5, no. 1, pp.

83–94, May 2023, doi: 10.31629/anugerah.v5i1.5659.

[23] S. H. Wijayanti, C. Ika Sari Budhayanti, M. Susanti, V.

Veronica, and A. Wiyesi, “Pengembangan Materi

Video Pembelajaran dengan OpenShot untuk

Meningkatkan Kompetensi Digital Guru Sekolah

Dasar,” Warta LPM, pp. 126–135, Apr. 2023, doi:

10.23917/warta.v26i2.1267.

[24] M. Muamaroh, T. Setyabudi, Mujazin, Saifudin, N.

Nurhidayat, and N. S. Enggarani, “Peningkatan

Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Muhammadiyah dalam Pemanfaatan Media

Pembelajaran Berbasis IT,” Warta LPM, pp. 33–40,

Mar. 2024, doi: 10.23917/warta.v27i1.2547.

Downloads

Submitted

2025-04-18

Accepted

2025-05-25

Published

2025-07-30

How to Cite

Masduki, M., Pramujiyanti Khotimah, R., Murtiyasa, B., Umi Makhromah, I., & Fadlilah, U. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI GURU SMP MUHDUTA KARTASURA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL . Abdi Teknoyasa, 6(1). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.9987