PENGUATAN KOMPETENSI GURU SMP MUHDUTA KARTASURA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.9987Keywords:
Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Digital, Video Pembelajaran, Game PembelajaranAbstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 2 Kartasura atau yang lebih sering dikenal dengan SMP MUHDUTA masih menghadapi beberapa permasalahan. Kondisi sarana dan prasarana, ketersediaan guru, dan jumlah siswa yang relatif terbatas. Berbagai keterbatasan yang ada membuat program-program yang telah direncanakan belum dapat terlaksana dengan optimal. Salah satu program pengembangan sekolah yaitu rebranding sebagai sekolah unggul informatika yang disebabkan masih rendahnya kompetensi guru dalam bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan kompetensi guru melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan pengabdian dilakukan selama tiga bulan yaitu Oktober hingga Desember 2024. Peserta dalam kegiatan ini yaitu 5 orang guru SMP MUHDUTA. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pembuatan bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), instrumen penilaian berbasis digital, video pembelajaran, dan game pembelajaran. Berdasarkan hasil angket yang diberikan sebelum dan setelah kegiatan pengabdian, terdapat peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis digital dari 58% menjadi 100%. Selain itu, guru juga dapat menggunakan berbagai aplikasi pembuatan perangkat pembelajaran digital yang lebih bervariasi.
Downloads
References
[1] D. T. K. Ng, J. K. L. Leung, J. Su, R. C. W. Ng, and S. K.
W. Chu, “Teachers’ AI digital competencies and
twenty-first century skills in the post-pandemic
world,” Educational Technology Research and
Development, vol. 71, no. 1, pp. 137–161, Feb. 2023,
doi: 10.1007/s11423-023-10203-6.
[2] H. Akram, A. H. Abdelrady, A. S. Al-Adwan, and M.
Ramzan, “Teachers’ Perceptions of Technology
Integration in Teaching-Learning Practices: A
Systematic Review,” Jun. 06, 2022, Frontiers Media
S.A. doi: 10.3389/fpsyg.2022.920317.
[3] E. Skantz-Åberg, A. Lantz-Andersson, M. Lundin, and
P. Williams, “Teachers’ professional digital
competence: an overview of conceptualisations in the
literature,” 2022, Taylor and Francis Ltd. doi:
10.1080/2331186X.2022.2063224.
[4] E. A. Yurinova, O. G. Byrdina, and S. G. Dolzhenko,
“Transprofessional competences of school teachers in
the digital environment: education employers’
perspective,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 27, no. 2,
pp. 1841–1863, Mar. 2022, doi: 10.1007/s10639-021
10687-w.
[5] R. Rahmi and S. Safrida, “Urgensi Kompetensi Guru
Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Digital
Pendidikan,” AL-KAINAH: Journal Islamic Studies, vol.
2, no. 1, pp. 69–78, 2023, [Online]. Available:
https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alkainah
[6] S. Sanjay Shah, “Teaching and Learning with
Technology: Effectiveness of ICT Integration in
Schools,” Indonesian Journal of Educational Research
and Technology, vol. 2, no. 2, pp. 133–140, 2022, doi:
10.17509/xxxx.xxxx.
[7] M. F. Nissa, I. Syahadah, S. Kurniasih, N. Nurlaelah, M.
Z. Asyidiq, and I. R. Julianto, “Urgensi Literasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar,”
Jurnal Cahaya Edukasia, vol. 3, no. 1, pp. 14–18, 2025.
[8] E. G. Artacho, T. S. Martinez, J. L. O. Martin, J. A.
Marin, and G. G. Garcia, “Teacher Training in Lifelong
Learning - The Importance of Digital Competence in
the Encouragement of Teaching Innovation,”
Sustainability, vol. 12, no. 7, p. 2852, 2020.
[9] V. Basilotta-Gómez-Pablos, M. Matarranz, L. A.
Casado-Aranda, and A. Otto, “Teachers’ digital
competencies in higher education: a systematic
literature review,” Dec. 01, 2022, Springer Science and
Business Media Deutschland GmbH. doi:
10.1186/s41239-021-00312-8.
[10] N. J. Asrina and M. Sabarudin, “Urgensi Literasi Digital
Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Konteks
Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Al
Mubtadi, vol. 1, no. 1, pp. 44–59, 2023.
[11] S. Dias-Trindade and C. Albuquerque, “University
Teachers’ Digital Competence: A Case Study from
Portugal,” Soc Sci, vol. 11, no. 10, Oct. 2022, doi:
10.3390/socsci11100481.
[12] N. P. I. Camarini, P. N. Riastini, and I. M. Suarjana,
“Permasalahan Penggunaan Aplikasi Digital: Studi
Masalah Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Media dan
Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 158–165, Aug.
2024, doi: 10.23887/jmt.v4i2.62701.
[13] N. Sheveleva, D. Mahotin, S. Lesin, and O. Curteva,
“Preparing teachers for the use of digital technologies
in educational activities,” SHS Web of Conferences,
vol. 98, p. 05016, 2021, doi:
10.1051/shsconf/20219805016.
[14] W. Manik, M. Jannah, and H. F. A. N. Lubis, “Tuntutan
Kompetensi Guru Abad Ke-21,” Jurnal Ilmiah
Multidisiplin Terpadu, vol. 8, no. 12, pp. 247–256, Dec.
2024.
[15] J. Wallace, D. Scanlon, and A. Calderon, “Digital
technology and teacher digital competency in physical
education: a holistic view of teacher and student
perspectives,” Curriculum Studies in Health and
Physical Education, vol. 14, no. 3, pp. 271–287, 2022,
doi:
https://doi.org/10.1080/25742981.2022.2106881.
[16] B. Ketil Engen, T. Hilde Giaever, and L. Mifsud,
“Guidelines and Regulations for Teaching Digital
Competence in Schools and Teacher Education: A
Weak Link?,” 2015. [Online]. Available:
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
[17] A. Kirbas and M. Bulut, “Examining the 21st Century
Skills Teaching Levels of Teacher Candidates,”
International Journal of Technology in Education, vol.
7, no. 3, pp. 434–455, May 2024, doi:
10.46328/ijte.800.
[18] S. Chen and S. W. Lee, “Enhancing University
Students’ Soft Skills: A Quantitative Study on Problem
solving and Social Competence,” Journal of
Ecohumanism, vol. 3, no. 7, pp. 4440–4454, Sep. 2024,
doi: 10.62754/joe.v3i7.4554.
[19] M. A. Bircan and E. Akman, “The Relationship
Between Students’ 21st-Century Skills and Academic
Performance in Science and Mathematics,”
Educational Policy Analysis and Strategic Research,
vol. 18, no. 1, pp. 273–291, Mar. 2023, doi:
10.29329/epasr.2023.525.13.
[20] E. ÖZEREN, “Predicting Secondary School Students’
21st-Century Skills Through Their Digital Literacy and
Problem-Solving Skills,” International Education
Studies, vol. 16, no. 2, p. 61, Mar. 2023, doi:
10.5539/ies.v16n2p61.
[21] S. Susilawati, N. Asyiah, and M. N. Iskandar, “Pelatihan
Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif
Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Bagi Guru
Sekolah Dasar,” Jurnal Warta LPM, vol. 25, no. 3, pp.
388–396, 2022, [Online]. Available:
http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
[22] N. A. R. Siregar, S. Susanti, M. Liana, and M. Elvi,
“Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan
Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14
Tanjungpinang,” Jurnal Anugerah, vol. 5, no. 1, pp.
83–94, May 2023, doi: 10.31629/anugerah.v5i1.5659.
[23] S. H. Wijayanti, C. Ika Sari Budhayanti, M. Susanti, V.
Veronica, and A. Wiyesi, “Pengembangan Materi
Video Pembelajaran dengan OpenShot untuk
Meningkatkan Kompetensi Digital Guru Sekolah
Dasar,” Warta LPM, pp. 126–135, Apr. 2023, doi:
10.23917/warta.v26i2.1267.
[24] M. Muamaroh, T. Setyabudi, Mujazin, Saifudin, N.
Nurhidayat, and N. S. Enggarani, “Peningkatan
Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah dalam Pemanfaatan Media
Pembelajaran Berbasis IT,” Warta LPM, pp. 33–40,
Mar. 2024, doi: 10.23917/warta.v27i1.2547.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masduki Masduki, Rita Pramujiyanti Khotimah, Budi Murtiyasa, Isnaeni Umi Makhromah, Umi Fadlilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







