PENINGKATAN KUALITAS RUANG BELAJAR DI SEKOLAH DASAR 1 PRAMBANAN MELALUI PEMILIHAN WARNA CAT TEMBOK
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.8762Keywords:
kualitas ruang belajar, Sekolah Dasar 1 Prambanan, warna cat tembokAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ruang belajar di Sekolah Dasar (SD) di wilayah Prambanan melalui pemilihan warna cat tembok yang tepat. Ruang belajar yang nyaman dan menarik dapat berpengaruh besar terhadap proses belajar mengajar, terutama dalam meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa. Melalui pendekatan partisipatif, program ini melibatkan pihak sekolah dan masyarakat setempat untuk memilih warna cat yang dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif. Aktivitas yang dilakukan meliputi penyuluhan mengenai psikologi warna, konsultasi desain interior, serta penerapan warna cat pada ruang kelas. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan kenyamanan dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, dengan warna cat yang dipilih memberikan dampak positif terhadap suasana ruang kelas. Program ini juga memperkuat kerjasama antara pihak sekolah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Sebagai rekomendasi, pemilihan warna cat tembok di ruang belajar harus terus dipertimbangkan dengan melibatkan berbagai pihak untuk mendukung kualitas pendidikan yang lebih optimal di masa depan.
Downloads
References
[1] Boulter, C., et al. (2003). The impact of the physical environment on students' learning. Journal of Educational Psychology.
[2] Vaine, R. N., & Caine, G. (1997). Education on the edge of possibility. ASCD.
[3] Fisk, W. J. (2000). Health and productivity gains from better indoor environments and their relationship with building energy efficiency. Annual Review of Energy and the Environment.
[4] Frontczak, M., et al. (2012). Quantitative relationships between building indoor environmental quality and human health and performance. Environmental Health
Perspectives.
[5] Groot, K. (2006). Community empowerment: A critical perspective. Social Work.
[6] Heshmati, M., & Kian, N. (2021). Effects of classroom design and environment on learning outcomes. Educational Psychology Review.
[7] Kwallek, N. (1995). Color, environment, and behavior:
A review of the literature. Journal of Environmental Psychology.
[8] Mehta, R., & Zhu, L. (2015). Blue or red? Exploring the effect of color on cognitive task performances. Science of Psychology.
[9] Suhartini, N. (2018). Pendidikan di daerah terpencil: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fauzi Mizan Prabowo Aji, Qinthar Tangkas Samudra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







