MENINGKATKAN EFISIENSI KONTEN UMKM MELALUT TEKNOLOGI AI PENERAPAN CHATGPT UNTUK PEMASARAN DIGITAL PRODUK UMKM KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Wawan Haryanto Universitas Bina Sarana Informasi
    Indonesia
  • Sri rejeki Universitas Bina Sarana Informatika
    Indonesia
  • Rina Oktiyani Universitas Bina Sarana Informatika
    Indonesia
  • Diah Pradiatiningtyas Universitas Bina Sarana Informatika
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.7068

Keywords:

meningkatkan efisiensi konten, teknologi a, pemasaran Digital

Abstract

Produk umkm kabupaten sukoharjo sedangkan kesulitan dalam mempromosikan produk secara online adanya kerjasama antara Universitas Bina Sarana Informatika kegiatan akademik untuk melakukan pengabdian masyakarta kegiatan teknologi artificial intelligence (AI) Tahap ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh Komunitas Komunitas UMKM Sukoharjo dan mengajukan perijinan untuk melakukan kegiatan pelatihan pada Komunitas UMKM Sukoharjo Tahap pelaksanaan Tahap Pelatihan dan, pendampingan, serta simulasi cara menggunakan ChatGPT. Pelatihan dan Edukasi: Memberikan pelatihan tentang penggunaan ChatGPT dan teknologi AI kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Pendampingan dan Implementasi Menyediakan dukungan langsung dalam penerapan ChatGPT untuk pembuatan konten, termasuk sesi konsultasi dan bimbingan teknis Pemasaran sangat diperlukan untuk mempromosikan produk yang dihasilkan sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Kegiatan ini dapat meningkatkan dalam marketingkan penawaran produk yang telah diproduksi Mengadakan pelatihan dan workshop tentang pemasaran digital yang mencakup pemahaman dasar, penggunaan media sosial, dan cara memanfaatkan alat pemasaran digital, termasuk ChatGPT. Memanfaatkan ChatGPT untuk membantu pelaku UMKM dalam menghasilkan konten pemasaran, seperti deskripsi produk, postingan media sosial, dan kampanye iklan, sehingga mereka dapat lebih fokus pada kreativitas dan inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

rizaldi dkk, “Mengenal Pemasaran Digital - Google Books,” NEM. Accessed: Nov. 01, 2024.[Online].Available: https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_Pemasaran_Digital/WXEJEQAAQBAJ?hl=id&

gbpv=0

Brian, “ChatGPT dalam Pendidikan - Google Books,” SIEGA. Accessed: Nov. 01, 2024.

[Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/ChatG PT_dalam_Pendidikan/QpuEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Adiningsih, “Transformasi ekonomi berbasis digital di Indonesia - Google Books,” PT

Gremedia Pustaka utama. Accessed: Nov. 01, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Transformasi_Ekonomi_Berbasis_Digital_di/8zCyDwAA

QBAJ?hl=id&gbpv=0

Tim redaksi majalah, “Dilema Artificial Intelligence - Google Books,” Majalah Tebuireng.

Accessed: Nov. 01, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Dilema _Artificial_Intelligence/J5rMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Binanga, “BISNIS KULINER : Teori dan Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner - Google Books,”PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Accessed: Nov. 02, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/BISNIS_KULINER_Teori_dan_Strategi_Pengem/h3sZEQ

AAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Downloads

Submitted

2024-11-05

Accepted

2024-12-30

Published

2024-12-31

How to Cite

Haryanto, W., rejeki, S., Oktiyani, R., & Pradiatiningtyas, D. (2024). MENINGKATKAN EFISIENSI KONTEN UMKM MELALUT TEKNOLOGI AI PENERAPAN CHATGPT UNTUK PEMASARAN DIGITAL PRODUK UMKM KABUPATEN SUKOHARJO. Abdi Teknoyasa, 5(2). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.7068

Issue

Section

Articles