OPTIMALISASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI LKSA WISMA ASUHAN YATIM NURUL HUDA KARTASURA MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN FINANSIAL BAGI SANTRI YATIM DAN DHUAFA

Authors

  • Ihsan Cahyo Utomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arif Surya Kusuma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Siti Rokhmah Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
    Indonesia
  • Galuh Raka Mahendra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Felissa Auriel Rahmalia Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.6613

Keywords:

Technopreneurship, Pelatihan, Santri, Yatim Piatu, Kewirausahaan

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Wisma Asuhan Yatim Piatu Nurul Hudan Kartasura merupakan sebuah lembaga yang menampung anak-anak yatim dan dhuafa untuk di didik ilmu agama maupun dibekali pendidikan formal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh save the children, diperoleh data dari anak asuhan yatim dan dhuafa dititipkan di panti asuhan dan sejenisnya adalah karena alasan kemiskinan. Hal tersebut dikarenakan orang tua tidak mampu menafkahi anak-anak tersebut dan sehingga mereka “menitipkan” anak-anak tersebut di rumah-rumah pengasuhan yatim piatu. Pembekalan terhadap santri agar mandiri finansial merupakan hal yang terpenting bagi para santri, dunia kerja perlu adanya peningkatan skill, sehingga santri harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mampu mengembangkan ide- ide kreatif dalam untuk mengembangkan kweirausahaan di bidang Teknologi (Technopreneurship). Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan bekal santri Wisma Asuhan Nurul Huda Kartasura dalam wirausaha berbasis teknologi (Technopreneurship) untuk membekali kemandirian pada anak asuh agar kelak dapat memiliki kemandirian finansial saat terjun ke masyarakat dan agar dapat meningkatkan taraf hidup bagi anak asuh yang dengan latar belakang yatim piatu dan dhuafa. Kegiatan pada pengabdian ini adalah Pengembangan ketrampilan di bidang technopreneurship melalui pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi, yaitu meliputi kegiatan workshop strategi technopreneurship, pelatihan desain grafis denan corel draw dan canva serta editing video dengan aplikasi cap cut. Setelah kegiatan ini diakukan evaluasi untuk mengukur peningkatan pemahaman dan skill santri Wisma Asuhan Nurul Hudan Kartasura di bidang usaha berbasis teknologi. Evaluasi dilaukan dengan mengedarkan kuisioner di kalangan santri dan melakukan wawancara terhadap pelaksanaan pelatihan dan dampak pelatohan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa santri menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terkait technopreneurship dan ketrampilan peserta dalam pelatihan dengan presentase 95 %. Selain itu evaluasi juga dilakukan terhadap pengembangan teknologi informasi pada Wisma Asuhan Nurul Hudan Kartasura. Evaluasi dilakukan dengan melakukan diskusi dengan pengelola dan disimpulkan bahwa pengembangan teknologi dapat membantu proses komunikasi dan pengenalan kegiatan dan produk santri di masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahmuda M. Anak Yatim Sebagai Objek Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an. AlHikmah J Dakwah dan Ilmu Komun.

;1(2):85–108.

Efiyanti AY, Wahyuni EN. Fenomena Kehidupan Remaja Yatim/Piatu di DusunJurnal Pengabdian Masyarakat Abdi Teknoyasa, Volume 5, No. 1 Juli 2024 | 367 Sendang Biru Kabupaten Malang. JKI (Jurnal Konseling Indones. 2019;4(2):48–56.

Susilowati E, Ariani SRD, VH ES. Peningkatan Kecakapan Hidup Anak Panti Asuhan Yatim Di Karanganyar Melalui Pelatihan Wirausaha Cistik Sayuran. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknol dan Seni bagi Masyarakat). 2017;6(1):127–40.

Prasetyo W. Pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan wirausaha dan program life skill untuk meningkatkan produktivitas kelompok UPPKS Kalipakem Baru. RIAU J Empower. 2020;3(1):27–37.

Husna AF, Sofyan H. Pengembangan Instrumen Niat Technopreneurship Di Sekolah Menengah Kejuruan. J Edukasi Elektro. 2019;3(2):82–90.

Sunarya TM. Pentingnya technopreneurship dalam Dunia Pendidikan Tinggi. J Chem Inf Model [Internet]. 2017;53(9):1689–99.

Marti’ah S. Kewirausahaan Berbasis Teknologi dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. J Ilm Edutic. 2017;3(2):75–82.

Mun’im M, Pardiman P, Supriyanto S. Strategi Membangun Kewirausahaan Santri Menggunakan Model Pendidikan Taxonomi Bloom. BISNIS J Bisnis dan Manaj Islam. 2021;9(1):107. kementerian pariwisata dan ekonomi keratif. Santri digitalpreneur Indonesia. p. www.santrikewirausahaandigitalindonesia.com.

Mas’ud M. Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam di Kota Pasuruan. Engagem J Pengabdi Kpd Masy. 2017;1(2):185– 97.

Gunawan D, Ar Raniri IA, Setyawan RN, Prasetya YD. Web-Based Library Information System in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta. J Tek Inform. 2021;2(1):33–41.

Pada Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam Sungai Alam Berbasis Web. J Panrita Abdi. 2018;2(2):165–73

Kurniawan YI, Chasanah N, Nofiyati. Pengembangan Website Informasi Sekolah di SMP Negeri 2 Kalimanah , Purbalingga. J Solma. 2020;09(02):335–46.

Kurniati R, Ratnawati F, Putra FP. Penerapan Aplikasi Rencana Angsuran Pembayaran Pada Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam Sungai Alam Berbasis Web. J Panrita Abdi. 2018;2(2):165–73

Downloads

Submitted

2024-09-10

Accepted

2024-11-28

Published

2024-12-31

How to Cite

Utomo, I. C., Kusuma, A. S., Rokhmah, S., Mahendra, G. R., & Putri, F. A. R. (2024). OPTIMALISASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI LKSA WISMA ASUHAN YATIM NURUL HUDA KARTASURA MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN FINANSIAL BAGI SANTRI YATIM DAN DHUAFA. Abdi Teknoyasa, 5(2). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.6613

Issue

Section

Articles