PELATIHAN PENGELOLAAN REFERENSI KARYA TULIS ILMIAH PADA SISWA JURUSAN PEMBANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SEMARANG

Authors

  • Talitha Zhafira Universitas Semarang
    Indonesia
  • Iryan Dwi Handayani Universitas Semarang
    Indonesia
  • Trias Widorini Universitas Semarang
    Indonesia
  • Ahmad Hakim Bintang Kuncoro Universitas Diponegoro
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.6276

Keywords:

teknologi, karya tulis ilmiah, Mendeley, N-Gain, referensi

Abstract

Perkembangan teknologi masa kini dapat memudahkan siswa untuk
membuat suatu karya ilmiah yang baik. Perangkat lunak Mendeley adalah
salah satu contoh teknologi terkini untuk membantu mengelola karya
ilmiah dalam penulisan referensi atau sitasi. Pada faktanya siswa yang
berada di bangku sekolah terutama siswa SMK N 3 Semarang sama sekali
belum mengetahui pentingnya dan cara penggunaan aplikasi tersebut. Tim
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) hadir
untuk mengajak mitra agar bisa membuat karya tulis ilmiah sekaligus
mengelola referensi dengan Mendeley. Hasil dari pemberian pelatihan
kepada siswa, diperoleh kemajuan berupa penambahan ilmu dan
pemahaman baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya untuk
memudahkan penulisan laporan akhir Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa
maupun bekal menulis karya tulis ilmiah untuk ke jenjang perkuliahan.
Evaluasi peningkatan pemahaman peserta pelatihan dilakukan dengan
metode N-Gain berdasarkan data pretest dan posttest dan hasilnya
diperoleh bahwa efisiensi hasil pelatihan masuk kedalam kategori tinggi
dengan nilai rata-rata sebesar 80,91%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wanto, M. R. Lubis, and I. Parlina, “Writing onScientific Works for Vocational School Students in Simalungun District and Pematangsiantar City,” J. TUNAS, 2019, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30645/.v1i1.

A. W. S. Widianingsih, R. Sakina, and R. Mustika,“Pelatihan Menulis Referensi Menggunakan Mendeley Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa Sma Di Bandung,” EJOIN J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 12, pp. 1511–1519, 2023, doi: 10.55681/ejoin.v1i12.2013.

Ni Wayan Wardani and Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, “Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk

Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 13–20, 2020, doi: 10.37339/jurpikat.v1i1.279.

T. P. Nugrahanti, A. Napis Qurtubi, R. Nazmi, L. Husnita, and A. Zahruddin, “Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat,” J. Hum. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 585–591, 2023, [Online]. Available: http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/292

E. I. Goma, Y. W. Saputra, A. T. Sandy, and M. V. R. Ningrum, “Pelatihan Mendeley Reference Dalam

Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah,” J. Pengabdi. Masy. Ilmu Kegur. dan Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp/article/view/1194

D. Mualfah et al., “Pengenalan Dan Pelatihan Implementasi Tool Mendeley Guna Efektivitas

Penyususnan Karya Ilmiah,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 1, pp. 205–208, 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i1.3741.

S. H. Arhas, M. Nasrullah, Jamaluddin, Isgunandar, and Suprianto, “Bantuan Media Pembelajaran pada SMK Negeri 7 Makassar,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi. LP2M Univ. Negeri Makassar, no. November, pp. 352–359, 2023.

N. Yanti, Y. Setiawan, and D. S. Rini, “Pelatihan Aplikasi Mendeley Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/SMK Kota Bengkulu (The Mendeley Application Training at MGMP Bahasa Indonesia SMA/SMK in Bengkulu City),” J. Berdaya Mandiri, vol. 2, no. 1, pp. 268–284, 2020.

A. B. Kurniawan and R. Hidayah, “Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai

Media Pembelajaran Asam Basa,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 9, no. 3, pp. 317–323, 2020, doi: 10.26740/ujced.v9n3.p317-323.

M. Oktavia, A. T. Prasasty, and Isroyati, “Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test,” Simp. Nas. Ilm. dengan tema (Peningkatan Kualitas Publ. Ilm. melalui Has. Ris. dan Pengabdi. Kpd. Masyarakat), no. November, pp. 596–601, 2019, doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.

Downloads

Submitted

2024-09-09

Accepted

2024-12-30

Published

2024-12-31

How to Cite

Zhafira, T., Handayani, I. D., Widorini, T., & Kuncoro, A. H. B. (2024). PELATIHAN PENGELOLAAN REFERENSI KARYA TULIS ILMIAH PADA SISWA JURUSAN PEMBANGUNAN DI SMK NEGERI 3 SEMARANG. Abdi Teknoyasa, 5(2). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i2.6276

Issue

Section

Articles