GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA-NAMA BUNGA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA ABC TAWANGSARI
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i1.584Keywords:
game edukasi, anak berkebutuhan khusus tunagrahita, materi pembelajaranAbstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) Tunagrahita merupakan anak yang memiliki tingkat kecerdasan dibawah rata-rata anak normal. Di sekolah luar biasa guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada ABK Tunagrahita masih menggunakan metode konvensional. Dengan metode ini anak berkebutuhan khusus tunagrahita mudah bosan dan sulit memahami materi yang disampaikan. Untuk menangani hal tersebut maka dibutuhkan metode belajar baru dalam mendidik anak tunagrahita. Salah satu metode belajar yang dapat digunakan yaitu menggunakan media pendamping pembelajaran berupa game edukasi. Game yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan antuasiasme anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan nama-nama bunga beserta gambar aslinya. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa ABC Tawangsari khususnya untuk anak tunagrahita kelas III. Hasil dari penelitian berupa game edukasi bertemakan bunga yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak tunagrahita sesuai dengan hasil wawancara dengan guru. Game edukasi yang berbasiskan android ini dikembangkan menggunakan software Construct 2. Berdasarkan dua hasil pengujian yaitu Blackbox dinyatakan bahwa game ini berjalan sesuai harapan dan pengujian kuesioner yang telah diisi oleh guru dapat dinyatakan bahwa game yang telah dikembangkan sangat menarik sehingga anak tunagrahita tertarik untuk memainkanya. Game ini dapat membantu siswa tunagrahita dalam belajar mengenal nama bunga-bunga dengan mudah.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdi Teknoyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.