Pendampingan Redesain Sekolah MIM AKA Mojogedang Melalui Integrasi Nilai Akhlakul Karimah Dan Pendekatan Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i1.4811Keywords:
redesain sekolah, nilai akhlakul karimah, kearifan lokalAbstract
Sekolah MIM AKA Mojogedang merupakan sekolah Muhammadiyah di tingkat pendidikan dasar yang berlokasi di Dersono, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Gedung sekolah mulai didirikan pada tahun 2020 dan dioperasikan pada tahun 2021. Masterplan direncanakan memiliki dua massa bangunan, yaitu bangun sekolah empat lantai dan bangunan masjid. Proses pembangunan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama mencakup satu lantai gedung sekolah, yang terdiri dari ruang kelas 2 buah, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang serbaguna, kamar mandi dan gedung masjid yang terpisah dengan bangunan utama. Meskipun terbilang baru, gedung sekolah MIM AKA Mojogedang memiliki beberapa kendala, terutama dari aspek desain arsitektural dan aspek struktur bangunan. Permasalahan yang terjadi di bangunan sekolah akan langsung berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung, karena dapat mengganggu kenyamanan, keamanan, dan konsentrasi penggunanya. Sehingga diperlukan segera solusi untuk permasalahan-permasalahan fisik yang ada, berupa redesain gedung sekolah. Beberapa solusi yang ditawarkan dalam melakukan redesain, adalah: 1) Perwajahan tampak mencerminkan keterbukaan sosial, 2) Pola aktivitas mencerminkan akhlakul karimah, 3) Keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan keselamatan anak. Hasil pengabdian masyarakat berupa konsep desain, gambar kerja perancangan, dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya, yang masing-masing disajikan dalam dua alternatif desain, yaitu desain sekolah ramah anak dan desain sekolah berbasis nilai akhlakul kharimah dan kearifan lokal.
Downloads
References
R. Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
I. Kandarisman, "Konstruksi Pendidikan Islam Muhammadiyah," vol. 15, no. 2, 2021.
N. Agustin, "Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Ploso," QALAM: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 33-38, 2023.
M. H. Shuhari and M. F. Hamat, "Nilai-Nilai Penting Individu Muslim Menurut Al-Ghazali," Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari , vol. 9, pp. 41-60, 2015.
E. Fauziati, "Child Friendly School: Principles and Practices," in The 1st International Conference on Child-Friendly Education (ICCE) 2016, Surakarta, 2016.
R. N. Erdianti and S. Al-Fatih, "Children Friendly School as the Legal Protection for Children in Indonesia," Varia Justicia, vol. 16, no. 2, pp. 137-155, 2020.
M. N. Anwar, M. A. Malik and A. Khizar, "A success story of child friendly school program: The comparative analysis.," Gomal University Journal of Research, vol. 32, no. 2, pp. 65-76, 2016.
A. S. Cinta, M. Rachmawati and S. N. N. Ekasiwi, "Flexibility of Space: Child-Friendly School Design," International Journal of Engineering Research & Technology, vol. 6, no. 7, pp. 641-645, 2017.
S. Sunarti, "Mengenal dan Mengembangkan Sekolah Ramah Anak," Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), vol. 5, no. 2, pp. 201-210, 2017.
K. R. Yosada and A. Kurniati, "Menciptakan Sekolah Ramah Anak," Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, vol. 5, no. 2, pp. 145-154, 2019.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Pramesti Rochana, Yuni Ismawarni, Langit Aji Mahardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.