PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS TEKNOLOGI KOMPUTER
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v1i1.36Keywords:
Komputer, Peta konsep, Strategi pembelajaranAbstract
Pendidikan adalah salah satu bidang amal usaha Muhammadiyah. Pimpinan Cabang Muhammadiyah lewat majelis Dikdasmen mengelola sekolah-sekolah Muhammadiyah mulai tingkat dasar sampai tingkat menengah atas. Belum semua guru di sekolah Muhammadiyah menguasi perkembangan metode pembelajaran. Oleh karena itu profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar perlu dimaksimalkan. Bagi sekolah-sekolah, diperlukan penguatan kemampuan dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar suasana belajar di sekolah menjadi menyenangkan dan efektif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Teknologi Komputer ini menggunakan metode praktek di laboratorium. Dimulai dengan pretest dan diakhiri post test. Pengabdian ini diikuti oleh perwakilan guru dari seluruh sekolah Muhammadiyah se-kecamatan Kartasura sebanyak 22 peserta. Berdasarkan pengolahan hasil kuisioner pre test dan post test, bisa disimpulkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pengetahuan peserta. Hal ini bisa dilihat pada rata-rata hasil pre test sebesar 53,78 %, sedangkan hasil post test sebesar 82,49%.