Rancang Bangun Website Asesmen Psikologi Menggunakan Framework React Js dan Metode SDLC Agile
DOI:
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v4i1.1302Keywords:
Asesmen, Website, React.js, User Interface, User ExperienceAbstract
Pengetahuan tentang minat dan bakat terhadap diri sendiri sangatlah penting, dengan kita mengetahui minat dan bakat yang ada dalam diri kita diharapkan membuat hidup menjadi mudah dan mendukung karir kita. Dalam menentukan minat bakat seseorang perlu adanya peran seorang psikolog, dimana dalam prosesnya memerlukan waktu dan serangkaian tes yang memakan waktu lama. Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin pesat, cukup dengan hanya sebuah aplikasi atau sistem informasi kita dapat dengan mudah melakukan analisa dan perhitungan dalam menentukan minat bakat seseorang. Koriwira adalah sebuah website atau platform digital yang dikelola oleh Yayasan penerbangan bina dirgantara, website ini dikembangkan dengan tujuan menguji kemampuan dan minat bakat yang dimiliki oleh siswa. Metode yang digunakan adalah metode agile dengan kerangka kerja scrum, dengan menggunakan metode scrum dapat mempercepat proses pengembangan website dikarenakan proses ini menekankan komunikasi secara langsung dan berkala untuk tim pengembang dan konsumen (client) yang terlibat secara langsung dalam pengembangan website. Setelah melakukan perancangan website, langkah selanjutnya dilakukan pengujian SUS kepada pengguna secara langsung dan menghasilkan nilai rerata 88,5 yang termasuk kedalam kategori excellent. Dari hasil pengujian yang telah penulis lakukan, pengguna sudah paham dan tidak mengalami kesulitan dengan website yang telah penulis kembangkan.
Downloads
References
Rustaman, “PENTINGNYA ASESMEN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN MEMBACA ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGIe,” syekhnurjati.ac.id, 2006, Accessed: Nov. 27, 2022. [Online]. Available: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/502
J. E. Manurung. and E. T. Putri., “PENENTUAN MINAT BAKAT MENGGUNAKAN METODE BAYES BERBASIS WEB,” vol. 54, no. 4, pp. 337–348, 2020, doi: 10.31857/s0320930x20040088.
S. O. A. T. S. I. Narulita, “Pengujian Akurasi Model PrediksiMenggunakan Metode Data MiningClassification Decision Tree Algoritma C4.5Untuk Penentuan Peminatan Peserta Didik,” J. Media Apl., vol. 13, pp. 68–82, 2021.
T. N. Höffler, C. Köhler, and I. Parchmann, “Scientists of the future: an analysis of talented students’ interests,” Int. J. STEM Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Dec. 2019, doi: 10.1186/S40594-019-0184-1/FIGURES/3.
F. Ningsih and D. Daharnis, “The relationship of interest in majors and confidence with students’ career planning,” Int. J. Appl.Couns. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 175–185, Aug. 2021, doi: 10.24036/005442IJACCS.
N. Lutfiani, P. Harahap, Q. Aini, A. Dimas, A. R. Ahmad, and U. Rahardja, “Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 1, pp. 96–101, 2020.
M. S. Hartawan, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM,” JEIS J. Elektro dan Inform. Swadharma, vol. 2, no. 1, pp. 43–47, 2022, Accessed: Nov. 27, 2022. [Online]. Available: http://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/jeis/articl e/view/161
N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,”Sisfotenika, vol. 11, no. 1, p. 26, 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.
M. Wali and L. Ahmad, “Perancangan Access Open Journal System (AOJS) dengan menggunakan Framework Codeigniter dan ReactJs,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 2, no. 1, p. 48, 2018, doi: 10.35870/jtik.v2i1.53.
J. R. Lewis and J. Sauro, “Item Benchmarks for the System Usability Scale,” J. Usability Stud., vol. 13, no. 3, pp. 158–167, 2018.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akbar Rahmana Akbar, Daffa Putra Alwansyah, Praditya Luthfi Suryalaksono, Diyah Priyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.