Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Trello Untuk Meningkatkan Efektifitas Manajemen Proyek Pada Karyawan PT Jaya Persada Indonesia

Authors

  • Fachri Amsury
  • Ika Kurniawati Universitas Nusa Mandiri
    Indonesia
  • Heriyanto
  • Muhammad Rizki Fahdia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i2.1249

Keywords:

Manajemen Proyek, Pelatihan, Program kerja, Trello

Abstract

Trello merupakan sebuah aplikasi kolaborasi yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mengatur berbagai macam tugas atau proyek dalam satu tempat. Trello menyediakan sebuah fasilitas dimana setiap orang yang terlibat dalam tugas atau proyek tersebut bisa memonitor tugas apa saja yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan sudah sejauh mana tugas tersebut telah dikerjakan. Trello bisa di ibaratkan sebuah papan tulis yang berisikan dengan banyak sticky notes dimana pada setiap sticky notes tertulis tugas individu dan tugas kelompok secara keseluruhan ditambah pada setiap sticky notes dapat melampirkan foto, lampiran dari berbagai sumber dan terdapat kolom komentar. Perbedaan antara trello dan papan tulis biasa yaitu trello lebih fleksibel karena seakan-akan kita membawa papan tulis dimanapun kita berada, karena trello dapat diakses dari PC, Laptop ataupun handphone dengan mudah. Banyak orang yang belum mengenal dan memanfaatkan Trello untuk membantu manajemen proyek dalam pekerjaan mereka, seperti halnya karyawan pada PT. Jaya Persada Indonesia (JPI). Berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah sebuah pengabdian masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan Trello untuk meningkatkan efektifitas manajemen proyek pada karyawan PT JPI. Tujuan dari kegiatan ini agar  karyawan PT JPI dapat mengenal dan memanfaatan aplikasi trello untuk membantu aktivitas dalam manajemen proyek, dengan keunggulan trello yang fleksibel serta fungsinya seperti papan tulis yang berisikan sticky notes sehingga membantu memonitor atau deadline suatu tugas, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efektifitas karyawan dalam mengelola pekerjaan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Studies, “August 2011 Intake PROBLEM BASED L EARNING ( PBL ),” Security, vol. 33, no. August 2011, pp. 169–184, 2012.

Sukarno, Sularmi1, Suharno, and T. A. Susilo, “Peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan penilaian portofolio berbasis trello melalui metode pelatihan dan pendampingan di sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 4, pp. 1–4, 2021.

T. Tohirin and S. R. Widianto, “Peran Trello dalam Adopsi Agile Scrum Pada Pengembagan Sistem Informasi Kesehatan,” Multinetics, vol. 6, no. 1, pp. 32–39, 2020, doi: 10.32722/multinetics.v6i1.2763.

N. Husufa and D. Djahidin, “Pengenalan Tools Trello untuk Anggota PKK Kelurahan Meruya Utara”, pengabdian, vol. 6, no. 2, pp. 559-564, May 2021.

A. Herzanita, D. Perwitasari, and K. R. Ririh, “PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK PADA SISWA SMK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI”, JANATA, vol. 1, no. 1, pp. 7-12, Jun. 2021.

Perdana, S., & Rahman, A., "Penerapan Manajemen Proyek Dengan Metode CPM (Critical Path Method) Pada Proyek Pembangunan SPBE", Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 3, no. 1, pp. 242-250, 2019.

Johnson, H. A. Trello. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 105(2), 209-211, 2017.

Trello. (2019). Trello helps teams work more collaboratively and get more done. Trello, Inc. Retrieved December 28, 2019 from http://trello.com/

Anonymous. What is Trello and how can it help me?. Retrieved September 8, 2022 from https://www.abdn.ac.uk/toolkit/documents/uploads/trello.pdf

Hartono, W., & Handayani, D. "Pelatihan Penjadwalan Proyek Konstruksi dengan Microsoft Project Pada PT Insan Pesona Kabupaten Pati". SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), vol 11 no. 1, pp. 61-69, 2022.

Downloads

Submitted

2022-11-11

Accepted

2022-12-15

Published

2022-12-30

How to Cite

Amsury, F. ., Kurniawati, I., Heriyanto, & Rizki Fahdia, M. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Trello Untuk Meningkatkan Efektifitas Manajemen Proyek Pada Karyawan PT Jaya Persada Indonesia. Abdi Teknoyasa, 3(2). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i2.1249

Issue

Section

Articles