PENGUATAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BERBASIS CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG

Authors

  • Ummi Kultsum Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dessy Ade Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Aklis Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mila Faila Sufa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Titik Ulfatun Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.10493

Keywords:

Pelatihan, CAD, SMK, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Penguatan pembelajaran berbasis CAD (Computer Aided Design) di SMK Muhammadiyah 2 Semarang merupakan langkah strategis dalam menyiapkan lulusan SMK yang kompetitif di dunia industri, terutama teknik mesin. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap penggunaan perangkat lunak CAD, meningkatkan keterampilan dalam metode pengajaran berbasis teknologi, serta mengembangkan modul pembelajaran interaktif. Kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi berbasis tugas mandiri. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan guru menggunakan perangkat CAD. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran CAD bagi siswa di SMK Muhammadiyah 2 Semarang oleh guru yang sudah mengikuti pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ragil Sukarno, I Wayan Sugita, and Eko Arif Syaefudin,

“PELATIHAN DASAR-DASAR CAD/CAM/CAE DAN SOFTWARE AUTOCAD UNTUK GURU-GURU SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI WILAYAH KABUPATEN BEKASI,” Jurnal Sarwahita, vol. 11, no. 2, Oct. 2014.

[2] Arif Rakhman Suharso, Wahyu Ari Putranto, Susanto Susanto, and Marina Artiyasa, “Pelatihan Software Autocad Sebagai Penunjang Mata Kuliah Menggambar Teknik,” SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 114–118, Dec. 10.56910/sewagati.v1i4.1459. 2022, doi: 10.56910/sewagati.v1i4.1459.

[3] Anes Inda Rabbika, Abd Rohman, Muhammad Hanhan Nugraha, Widyantoro Widyantoro, and Willy Muhammad Fauzi, “KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 1 (1) (2023) 07-12 PELATIHAN DASAR COMPUTER AIDED DESIGN (CAD) PADA GURU PRODUKTIF SMK NEGERI MANONJAYA KABUPATEN [Online]. TASIKMALAYA.” Available: https://journal.unsika.ac.id/index.php/kreatif/index

[4] Slamet Saefudin, Ilham Yustar Afif, Samsudi Raharjo, Hanityo Adi Nugroho, Dini Cahyandari, Muhammad Subri, and Husein Aliy Syamsu Zein, “Peningkatan Keterampilan Menggambar Teknik menggunakan Software CAD untuk siswa SMK,” 2024, doi: 10.24853/jpmt.6.2.91-97.

[5] Bagus Acung Billahi, Ahmad Hakim Bintang Kuncoro, Talitha Zhafira, and Anik Kustirini,

“PELATIHAN DASAR APLIKASI AUTOCAD KEPADA SISWA SMA DAN SMK ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO,” vol. 7, no. 2, 2023.

[6] Arif Rakhman Suharso, Wahyu Ari Putranto, Ario Hendartono, Nur Kholis, Marina Artiyasa, and Noor Taufiq Saleh, “Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak Design Engineering di SMA Negeri 14 Semarang,” 2023.

[7] Mukhlis Nahriri Bastam, Revianty Nurmeyliandari, Febriyanti Panjaitan, and Adelia Putri Pramadona, “Pelatihan penggunaan software autocad (versi pelajar) sebagai pelengkap gambar kerja bagi staf teknis pada CV. Dwipayana Graha,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 8, no. 4, pp. 3985–3990, Dec. 2024.

[8] Mentari Septanya Sitorus, Talitha Zhafira, and Ahmad Hakim Bintang Kuncoro, “Pengenalan dan Pelatihan Autocad Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK N 3 Semarang,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, vol. 5, no. 4, pp. 165–171, Dec. 2023,

doi: 10.57214/pengabmas.v5i4.410.

[9] Reni Haerani, R Dewi Mutia Farida, and Djoko

Subali, “Pendampingan Keterampilan Guru SMK

Melalui Pelatihan Computer Aided Design Untuk

Meningkatkan Kemampuan Aspek Soft Skill,”

Januari 2025, vol. 9, p. 185, doi: 10.24903/jam.v9i01.3205.

Downloads

Submitted

2025-05-17

Accepted

2025-07-23

Published

2025-07-30

How to Cite

Kultsum, U., Pratiwi , D. A., Aklis , N., Sufa , M. F., & Ulfatun , T. (2025). PENGUATAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BERBASIS CAD (COMPUTER AIDED DESIGN) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG. Abdi Teknoyasa, 6(1). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v6i1.10493