Pendampingan Penyusunan Indikator Kinerja Guru Berbasis Meritokrasi di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta

Authors

  • Mohamad Ali Ali Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.705

Keywords:

meritokrasi, indikator kinerja guru, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat

Abstract

Pada tahun 2019 SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta merumuskan 5 (lima) standar kompetensi guru, yakni: kompetensi professional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan ditambah kompetensi persyarikatan. Rumusan itu masih umum dan belum operasional sehingga dirasakan mendesak untuk membreakdown dan menurunkan kelima kompetensi tersebut ke indikator-indikator yang operasional, sehingga sistem meritokrasi dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Setelah melalui rangkaian tahapan kegiatan, berhasil dirumuskan 17 indikator yang dibreakdown dari 5 kompetensi, yaitu: kompetensi persyarikatan, kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi professional, dan kompetensi sosial, yang masing-masing memiliki 3 sampai 4 indikator.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2022-06-05

Accepted

2022-11-24

Published

2022-08-31

How to Cite

Ali, M. A. (2022). Pendampingan Penyusunan Indikator Kinerja Guru Berbasis Meritokrasi di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Abdi Psikonomi, 3(2), 128–134. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.705

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.