Peningkatan Kepercayaan Diri Penerima Manfaat di PPSW Wanodyatama Melalui Psikoedukasi Self Love

Authors

  • Helmi Septiawardani
  • Wafa Hana Syahidah
  • Rini Lestari UMS
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2473

Keywords:

kepercayaan diri, psikoedukasi, self love

Abstract

Penerima manfaat (PM) di Panti Wanodyatama mengalami berbagai masalah psikologis, salah satunya adalah kepercayaan diri. Penerima manfaat merasa kurang percaya diri yang ditunjukkan dengan selalu memandang rendah dirinya sendiri dan kerap kali membandingkan dirinya dengan orang lain. Kepercayaan diri yang rendah perlu diatasi supaya tidak berakibat negatif. Tujuan kegiatan ini memberikan  psikoedukasi self love untuk meningkatkan kepercayaan diri penerima manfaat. Penelitian dilakukan kepada 5 PM di PPSW Wanodyatama pada tanggal 22 Februari 2023. Psikoedukasi dilakukan secara kelompok. Kepercayaan diri penerima manfaat diukur dengan skala kepercayaan diri. Analisis data  secara statistik dilakukan menggunakan wilcoxon rank test. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri PM meningkat setelah mengikuti psikoedukasi self love. Dengan demikian psikoedukasi self love dapat digunakan sebagai salah satu intervensi untuk meningkatkan kepercayaan diri PM di PPSW Wanodyatama.

 

Kata Kunci: kepercayaan diri, psikoedukasi, self love

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwatia, B. (2020). Pengaruh Psikoedukasi Tentang Konsep Diri Terhadap Peningkatan Rasa

Percaya Diri Remaja Kelas IX Di SMP Hikmah Yapis Jayapura. Tesis. Stikes Jayapura.

Bordbar. M.R.F. & Faridhosseini, F. (2012). Psychoeducation for Bipolar Mood Disorder. In

Clinical, Research and Treatment Approaches to Affective Disorders, 323-344.

Ghufron, M.N. & Risnawati, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Harjani, I, P., Valentina, A., & Yoeveni, C. (2020). Perancangan Kampanye Sosial Bahagia

Mencintai Diri untuk Remaja Perempuan di Jakarta. Rupaka, Jurnal Ilmiah Desain Lomunikasi

Visual, 2(2), 1-9.

Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri

Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi

Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(03), 1–11.

Lekatompessy, S. K. (2022). Psikoedukasi Tentang Pentingnya Self-Love di SDN 1 Kutagandok.

Abdima, Jurnal Pengabdian, 2(2), 4424-4428.

Pengestianto, B. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Adversity Quotient. Skripsi. Universitas

Muhammadiyah Malang.

Romli, U., Karlina, D, S., Firdaus, S., & Qatrunnada, I, J. (2022). Fenomena Insecurity di Kalangan

Remaja dan Hubungannya dengan Pemahaman Aqidah Islam. Jurnal Pendidikan

Islam, 5 (2), 139-152.

Santrock, J. W. (2003). Adolescene: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Suzanna, E., Zahara, I, C., & Amalia, I. (2020). Program Konseling Kelompok Bagi Pendamping

P2TP2A Aceh Utara Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi

Dan Kesehatan, 2(2), 174-181.

Zuraida & Oktariani. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Menumbuhkan Sikap Sosial

Pada Anak Di Panti Asuhan Al Kahfi Cabang Medan. Prosiding Seminar Nasional Hasil

Pengabdian Kepada Masyarakat, 320-323.

Downloads

Submitted

2023-08-09

Accepted

2023-09-27

Published

2023-09-27

How to Cite

Septiawardani, H. ., Syahidah, W. H. ., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Penerima Manfaat di PPSW Wanodyatama Melalui Psikoedukasi Self Love . Abdi Psikonomi, 4(2), 97–103. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2473

Issue

Section

Articles