Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada SMK

Authors

  • Anton Musa STAI Al-Masthuriyah Sukabumi
    Indonesia
  • Mohammad Dzakiyyuddin STAI Al-Masthuriyah Sukabumi
    Indonesia
  • Aang Ali Nurzen Amin STAI Al-Masthuriyah Sukabumi
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.3168

Keywords:

Profil siswa pancasila, Pembelajaran berdiferensiasi, Penyelenggaraan kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kebijakan pembaharuan kurikulum nasional menjadi kurikulum Merdeka Belajar, yang berisi pendekatan Differentiated Learning dan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) untuk jenjang SD hingga SMA. Hal yang menarik untuk dipelajari disini adalah bagaimana menerapkan kebijakan ini dalam ranah pendidikan vokasi di SMK (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pendekatan pembelajaran yang diferensiasi diterapkan pada Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis interaktif Miles dan Huberman digunakan dalam analisis data, termasuk pengurangan data, tampilan, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan melibatkan analisis kesiapan sekolah, membentuk komite, menetapkan indikator keberhasilan, memberikan pelatihan P5 bagi guru, memetakan siswa menggunakan penilaian diagnostik, menentukan tema P5, dan merancang modul pembelajaran. Implementasi meliputi sosialisasi P5, proses pembelajaran yang berbeda, bimbingan produk, dan proyek expo produktif. Evaluasi telah dilakukan melalui sesi refleksi di akhir setiap pelajaran, rubrik kinerja, dan tes tertulis. Secara umum, pendekatan pembelajaran yang dibedakan sebagai modul Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila di Sekolah Vokasi telah dilaksanakan secara berkesinambungan dan memberikan dampak positif bagi siswa, ditunjukkan dengan meningkatnya antusiasme dan hasil penilaian yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carroll, A. and McCrackin, J. (1998). The Competent Use of Competency-Based Strategies for Selection and Development. Performance Improvement Quarterly, 11: 45-63. https://doi.org/10.1111/j.1937-8327.1998.tb00099.x

Creswell, J., W. (2016). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2846–2853.

Kemdikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Korthagen, F. (2017). Inconvenient truths about teacher learning: towards professional development 3.0. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 23(4). https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1211523

Lambert, VA, Lambert CE. (2012). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pasific Rim International Journal of Nursing Research. 16(4), 255-256.

Langford, DP. (2015). Tool time for education: Choosing and implementing quality improvement tools. Langford International Inc.

Lubaba, Meilin Nuril,.& Alfiansyah, Iqnatia. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687 – 706.

Miles MB, Huberman AM, Saldana J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications, London.

Moen R, Norman C. (2009). The History of the PDCA Cycle. Proceedings of the 7th ANQ Congress. Tokyo.

Moleong, LJ. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ngadi. (2014). Relevansi Pendidikan Kejuruan Terhadap Pasar Kerja di Kota Salatiga. Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(1). DOI: https://doi.org/10.14203/jki.v9i1.11

Nurcahyono, NA., et al. (2021). Realisasi Bisnis Digital Siswa Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 86-93. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.8

Pusat Penguatan Karakter. (2020). Capaian Satu Tahun Kolaborasi dengan Tokoh Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Puspeka Kemdikbud.

Puspresnas. (2022). Rencana Strategis Pusat Prestasi Nasional 2020-2024. Kemendikbudristek, Jakarta

Ronald DM, Clifford LN. (2020). Circling back: Clearing up myths about the Deming cycle and seeing how it keeps evolving. The Deming Institute. Retrieved from: https://deming.org/wp-content/uploads/2020/06/circling-back.pdf

Rusnaini, et al. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2). DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safaruddin, S. (2020). Landasan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Al- Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i2.195

Satria, Rizky., et al. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek

Sudira. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3).

Sufyadi, Susanti., Et al. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Direktorat SMK Kemdikbudristek

Sugiyono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sulistyosari, Y., Karwur, HM., Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony Jurnal Pembelajaran IPS dan PKn, 7(2), 66-75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Tan, Y. S. M., & Amiel, J. J. (2022). Teachers learning to apply neuroscience to classroom instruction: case of professional development in British Columbia. Professional Development in Education, 48(1). https://doi.org/10.1080/19415257.2019.1689522

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Widodo, S. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sarana Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Praktek Pengantar Ekonomi dan Bisnis di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 214–224. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p214-224

Downloads

Submitted

2023-11-10

Accepted

2025-02-09

Published

2024-12-30

How to Cite

Musa, A., Dzakiyyuddin, M., & Amin, A. A. N. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada SMK. Manajemen Pendidikan, 9(2), 193–208. https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.3168

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.