Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Bistek Art Show di SMK Bistek Bekasi

Authors

  • Iwan Budiarso Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
    Indonesia
  • Tjipto Djuhartono Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
    Indonesia
  • Saidatun Nafisah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jmp.v20i2.12263

Keywords:

Persepsi Siswa, Kegiatan Ekstrakurikuler, Ekstrakurikuler SMK

Abstract

Kegiatan ekstrakulikuler di SMK Bistek Bekasi bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksud berupa kegiatan ekstrakurikuler yang dikemas dalam Bistek Art Show. Kegiatan ini penggabungan tiga bidang seni, yaitu seni tari, seni musik, dan seni rupa. Dengan harapan, siswa dapat mengembangkan dirinya menjadi kreaktif. Kenyataan tentang kreaktivitas siswa di Indonesia, menurut penelitian Global Creativity Indonesia (GCI) menunjukan Indonesia berada di posisi ke-67 dari 139 negera. Indonesia di bawah Singapura (7) dan Malasyia (24). Ini merupakan cambuk keras bagi Pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah perlu dipastikan berjalan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kegiatan Bistek Art Show yang telah dilaksanakan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan skala likert satu sampai lima, yaitu Sangat Setuju, Setuju, Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Persepsi siswa diukur dari indikator minat, pembinaan, sarana dan prasarana, pelaksanaan, serta kepuasan. Sampel penelitian berasal dari siswa kelas X dan XI dan pengumpulan data dengan menyebar angket melalui google form. Hasil penelitian menunjukan (1) Persepsi siswa terhadap minat untuk mengikuti kegiatan sangat kuat, 82,11%-86,58%; (2) Persepsi siswa terhadap pembinaan dalam kategori kuat dan sangat kuat, 79,63%-82,73%; (3) Persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana menunjukan kuat dan sangat kuat sebesar 78,88%-83,48%; (4) Persepsi siswa terhadap pelaksanaan menunjukan skor kuat sebesar 79,50%-80,50%; dan (5) Persepsi kepuasan siswa terhadap kegiatan Bistek Art Show menunjukan sangat kuat dengan skor sebesar 83,85%. Dari uraian skor tersebut, disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kegiatan Bistek Art Show kuat dan sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, Iyakrus, Bayu, W. I., & Solahudin, S. (2022). Survei Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler. BRAVO’S: Jurnal Program Studi Jasmani Dan Kesehatan, 10(1), 46–53.

Asrivi, Q. E. S. (2014). Kajian Pustaka. In https://repository.ump.ac.id/5085/3/Queen%20Elvina%20Sevtivia%20Asrivi_BAB%20II.pdf (p. 8).

Atikah. (2013). Tinjauan Pustaka. In https://eprints.ums.ac.id/73753/17/BAB%20II.pdf (p. 8).

Budiarso, I., Djuhartono, T., & Nafisah, S. (2023). Manajemen Pembinaan Kesiswaan Dalam Pengembangan Kreatifitas Siswa pada SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi .

bungfei.com. (2021, July 30). Teori Pelaksanaan, Pengertian Pelaksanaan, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan. Https://Www.Bungfei.Com/2021/07/Teori-Pelaksanaan-Pengertian.Html.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif) (Edisi Revisi). PT Raja Grafinfo Persada.

Hadis, A., & Nurhayati. (2024). Kajian Teori (Konsep Teoritis). In https://repository.uin-suska.ac.id/12493/6/7.%20BAB%20II_2018218PIPS-E.pdf (p. 8).

Harseptiana, C., Astuti, P., & Susmiarti. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Pertiwi 1 Padang. E-Jurnal Sendratasik, 7(1), 23–29.

Krisna, P. R., Mustiningsih, & Kusumaningrum, D. E. (2018). Persepsi dan Sikap Siswa Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 364–371.

Leuwol, F. S., Budiarso, I., Nauly, M., Elviati, Nurlette, H., Zahari, A. F. M., Setyaningrum, I. R., Humaira, F. M., Hari, M. I., Nugroho, I., & Rachmawati, E. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif (I. Al Kutsi, Ed.). Hei Publising.

Mindadari. (2019). Bab II Landasan Teori Persepsi. Http://Eprints.Radenfatah.Ac.Id/4135/3/BAB%20II.Pdf.

Mulyasa. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah (Muchlis, Ed.). Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Pub. L. No. Nomor 62, Kegiatan Ekstrakulikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (2014).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, Pub. L. No. No. 12 (2024).

Putra, I. D. G. R. D. (2019). Peran Kepuasan Belajar dalam Mengukur Mutu Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jurnal Jaminan Mutu, 5(1), 22–31.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajement, 4(1), 79.

Sirait. (2016). Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran. In https://repository.unpas.ac.id/67065/7/BAB%20II.pdf (p. 10).

SMK Bisnis dan Teknologi. (2023). Sejarah SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi. Https://Smkbistekbekasi.Sch.Id/Profile/Bistek.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Tamara, A., Sabandi, A., Alkadri, H., & Santoso, Y. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Padang Timur. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(2).

Tanjung, A. T., Nugraha, U., & Putra, A. J. (2022). Persepsi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMP N 11 Muaro Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 11(2), 109–118.

Tanzeh, A. (2024). Landasan Teori. In http://digilib.uinsa.ac.id/6386/4/Bab%202.pdf (p. 22).

Tjokroadmudjoyo. (2014). Kajian Pustaka (Deskripsi Teori). In http://repo.uinsatu.ac.id/19357/5/BAB%20II.pdf (p. 12).

Vebryanti, R., Rifma, Alkadri, H., & Susanti, L. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL), 2(1), 10–14.

Yolanda, L., Adi, N., Kadri, H. Al, & Anisah. (2021). Persepsi Siswa Kelas XI Terhadap Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SMK Negeri. JEAL: Journal of Education Administration and Leadership, 2(2), 120–124.

Downloads

Submitted

2025-08-01

Published

2025-08-01

How to Cite

Iwan Budiarso, Tjipto Djuhartono, & Saidatun Nafisah. (2025). Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Bistek Art Show di SMK Bistek Bekasi. Manajemen Pendidikan, 20(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v20i2.12263

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.