PEMBELAJARAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN SPSS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI OLAH DATA STATISTIK BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI

Authors

  • Wiharto Riset Grup Computational Science & Engineering Universitas Sebelas Maret
  • Esti Suryani Riset Grup Computational Science & Engineering Universitas Sebelas Maret
  • Umi Salamah Riset Grup Computational Science & Engineering Universitas Sebelas Maret
  • Nurcahya PTP Riset Grup Computational Science & Engineering Universitas Sebelas Maret
  • Sigit Setyawan Riset Grup Computational Science & Engineering Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v1i2.196

Keywords:

SPSS, olah data statistik, SMA Kemusu

Abstract

Penulisan karya tulis ilmiah bagi guru merupakan salah satu Persyaratan kenaikan pangkat yang harus dilakukan. Hal ini menyebabkan banyak guru yang kemudian berlomba-lomba dalam membuat karya ilmiah. Akibatnya adalah guru kesulitan dalam rangka naik jabatan fungsionalnya karena beberapa karya ilmiah kurang memenuhi standar, dimana data yang disajikan tidak dapat merepresentasikan keseluruhan isi tulisan. Kemampuan pengolahan dan penyajian data penelitian merupakan faktor penting dalam menciptakan karya ilmiah yang baik. Guru di beberapa SMA di Kabupaten Boyolali antara lain adalah SMA Negeri 1 Kemusu merupakan salah satu potret yang mengalami masalah tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi pengabdian menganai pemanfaatan SPPS untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengolah data statistic, khisusnya di SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali. SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak komputer yang digunakan untuk analisis statistik. Tujuan dari aplikasi ini adalah mempermudah tugas guru dalam mengolah data untuk artikel dan publikasi ilmiah sedangkan tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru -guru di SMA Negeri 1 Kemusu dalam melakukan pengolahan data penelitian sebagai data pendukung karya ilmiah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama adalah identifikasi kemampuan pengolahan data statistik dan identifikasi penentuan materi utama praktik yang perlu ditonjolkan. Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan workshop yang diisi dengan turorial penggunaan SPSS hingga pemanfaatan SPSS dalam menyelesaikan masalah statistik. Tahap ketiga adalah tahap simulasi penggunaan SPSS yang dilakukan langsung oleh seluruh peserta workshop. Tahap keempat adalah evaluasi dan tindak lanjut. Pendampingan dan pelatihan SPSS bagi para guru khususnya guru SMU 1 Kemusu Boyolali secara umum dapat meningkatkan pengetahuan dan kekampuan peserta dalam melakukan olah data statistik. Sebelumnya dilakukan pelatihan telah ada peserta yang mengetahui adanya aplikasi olah data statistik sebanyak 30% dan setelah diadakan pelatihan SPSS 100% dari peserta mengetahui dan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan analisis data statistik dengan menggunakan SPSS, ini berarti secara umum ada 70% peningkatan kemampuan dalam olah data statistiK dengan menggunakan SPSS, meskipun masih banyak kendala yang dihadapi oleh peserta, terutama masih kurang terbiasa dan kurang latihan 85%.

Published

2020-12-31

How to Cite

Wiharto, Suryani, E., Salamah, U., PTP, N., & Setyawan, S. (2020). PEMBELAJARAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN SPSS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI OLAH DATA STATISTIK BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI. Abdi Teknoyasa, 1(2), 36 - 41. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v1i2.196

Issue

Section

Articles