Peningkatan Performa UMKM Es Gabus 90'an melalui Pendampingan Sertifikasi Halal

Authors

  • Laksita Haniifah Pratiwi Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Choiroel Anam Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Ari Diana Susanti Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Ernoiz Antriyandarti Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Nidyah Widyamurti Universitas Sebelas Maret
    Indonesia
  • Muhammad Cahyadi Universitas Sebelas Maret
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1089

Keywords:

Sertifikat halal, Pendampingan, Webinar, Es Gabus 90’an, Manajemen UMKM

Abstract

Bisnis dalam bidang makanan dan minuman masih menunjukkan geliat pada masa pandemi. Dalam rangka membantu perekonomian para pelaku usaha tersebut, program kemitraan masyarakat (PKM-UNS) bekerjasama dengan Pusat Studi Halal Research Center and Services (HRCS) LPPM UNS melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan meningkatkan performa UMKM. Kegiatan dikemas dalam dua bentuk yaitu web seminar (webinar) agar dapat menjangkau seluruh pelaku usaha di Indonesia dan dalam bentuk pendampingan intensif terhadap UMKM Es Gabus 90'an yang berada di Kota Solo. Webinar diselenggarakan oleh PKM-UNS sebanyak dua kali, materi tentang manajemen keuangan pada Minggu, 4 Juli 2021 dan sistematika cara memperoleh izin BPOM dan sertifikat halal pada Sabtu, 25 September 2021. Pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdi untuk UMKM Es Gabus 90'an meliputi pendampingan untuk memperoleh izin BPOM dan sertifikat halal, pembuatan video profil untuk membantu promosi produk, serta bantuan teknis berupa penyediaan alat untuk kelancaran produksi. Output yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut antaralain adalah pembaharuan desain kemasan produk, peningkatan pengetahuan para pelaku UMKM lainnya terhadap kepentingan kepemilikan dan tata cara memperoleh dokumen-dokumen legalitas usaha, serta membantu perolehan dokumen-dokumen tersebut, berupa nomor izin edar (NIE) dan sertifikat halal (SH) bagi UMKM binaan, Es Gabus’90an. Keseluruhan kegiatan memperoleh antusiasme dan respon positif dari para pelaku usaha. Melalui program kemitraan masyarakat (PKM-UNS) yang telah terlaksana, diharapkan goals berupa peningkatan performa dan citra UMKM dapat terwujud.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laksita Haniifah Pratiwi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian

Choiroel Anam, Universitas Sebelas Maret

Pusat Studi Halal Research and Services, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Ari Diana Susanti, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik

Ernoiz Antriyandarti, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Nidyah Widyamurti, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi

Muhammad Cahyadi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian

References

Astuti, Z. M., A. A. Nusara, C. V. Anggraini, V. W. Wimarnaya, N. Fadhilah, & B. Yudhistira. (2019). Prospek Pengembangan Es Gabus Buah dan Sayur, Cita Rasa Jadul Kaya Vitamin. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 24(13), 12–18.

BBPOM Samarinda. (2022). FAQ Pangan. BBPOM Samarinda Subsite Bidang Informasi dan Komunikasi. Url : https://bbpom-samarinda.com/faq-pangan/. Diunduh : Jum'at, 14 Januari 2022.

BPJPH. (2021). Final Manual Book Si Halal V.2.0 (Panduan Penggunaan Aplikasi Si Halal Modul Pelaku Usaha Dalam Negeri). Badan Penyelenggara dan Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta.

BPOM. (2021). Pedoman Tata Cara Registrasi Pangan Olahan. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(1), 92–103.

Dewi, G. P. dan A. M. Ginting. (2012). Antisipasi Krisis Pangan Melalui Kebijakan Diversifikasi Pangan. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 3(1), 65–78.

Ferdinand. (2008). Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Kemasan Mie Instan Merek Indomie Terhadap Mahasiswa Universitas Sanata Dharma). Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Hakim, A. R. (2020). Perlindungan Konsumen Terhadap Peredaran Produk Makanan dan Minuman Tanpa Label. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Tulungagung, 98–110.

Kusjono, G., Sunanto, D. Azwina, T. Sulistyani, & M. A. Lesmono. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Kelurahan Benda Baru Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion, 1(2), 224–233.

Kusumasari, A. D. dan Supriono. (2017). Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Brand Matte Lip Cream (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(2), 103–111.

LPPOM MUI. (2014). Surat Keputusan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) tentang Ketentuan Kelompok Bersertifikat Halal MUI Revisi 1 KETENTUAN KELOMPOK (SK 11/Dir/LPPOM MUI/II/14-rev1) Kelompok 14 (Kelompok Es, Es Krim, dan Bahan Pendukungnya). Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Jakarta.

LPPOM MUI. (2017). Customer User Manual-Manufacturing Sistem Pelayanan Sertifikasi Halal Online (CEROL-SS23000) Revisi 2.3. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Jakarta.

Nasution, S. H. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Produk Frozen Food Tanpa Izin Edar yang Dijual Secara Online. Jurnal Legal Reasoning, 3(1), 65–79.

Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan (Indonesia).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan (Indonesia).

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan (Indonesia).

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan (Indonesia).

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (Indonesia).

Wibowo, E., D. P. Romika, & M. C. Ryana. (2017). Perancangan Video Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi Pada SMA Citra Islami Tangerang. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (STMIK AMIKOM) Yogyakarta, 61–66.

Yulianti, M. D. dan Mustarichie, R. (2018). Tata Cara Registrasi untuk Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Makanan Dalam Negeri (MD) dalam Rangka Peningkatan Produk yang Aman dan Bermutu di Bandung Jawa Barat. Farmaka, 15(3), 57–64.

Downloads

Submitted

26-08-2022

Published

09-08-2022

How to Cite

Pratiwi, L. H., Anam, C., Susanti, A. D., Antriyandarti, E., Widyamurti, N., & Cahyadi, M. (2022). Peningkatan Performa UMKM Es Gabus 90’an melalui Pendampingan Sertifikasi Halal. Warta LPM, 25(3), 407–420. https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1089