Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru SD

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Muhammadiyah Cirebon
    Indonesia
  • Nur Asyiah Universitas Muhammadiyah Cirebon
    Indonesia
  • M. Nur Iskandar Universitas Muhammadiyah Cirebon
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1034

Keywords:

LKPD Interaktif, liveworksheet, Guru SD

Abstract

Pandemi merubah pola proses pendidikan yang semula tatap muka menjadi dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama ini berupa pemberian tugas untuk mencatat dan mengerjakan soal-soal yang ada pada buku paket melalui Whatsapp Group, dampaknya peserta didik mengalami kejenuhan dan motivasi belajar pun menjadi menurun. Guru perlu berinovasi dan berkreasi untuk menampilkan pembelajaran daring dengan cara menyenangkan melalui berbagai aplikasi pembelajaran yang menarik. Salah satu media yang mendukung kreativitas guru dalam mengajar daring diantaranya menyajikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui aplikasi liveworksheet. Tujuan kegiatan PKM ini memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan LKPD untuk guru-guru SD sehingga, mampu menciptakan pembelajaran daring yang inspiratif, interaktif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini meliputi 3 tahapan (1) observasi pembelajaran daring yang dilaksanakan di sekolah, (2) pelatihan penyusunan LKPD menggunakan aplikasi liveworksheet, (3) pendampingan dan evaluasi implementasi LKPD menggunakan aplikasi liveworksheet. Rangkaian kegiatan ini telah mampu meningkatkan motivasi peserta kegiatan yaitu guru-guru SD dalam menyusun LKPD online menggunakan aplikasi liveworksheet. Selain itu, peserta didik merasakan adanya perbedaan belajar yang signifikan dari pembelajaran yang biasa dilakukan, 100% guru mampu membuat LKPD interactive.  Ide pembuatan LKPD 10%, memasukkan gambar dalam LKPD 70%, memasukkan video dalam LKPD 80%, memasukkan video dalam LKPD 50%, Komponen LKPD bervariatif 30%.  LKPD Interaktif dengan menggunakan liveworksheet dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susilawati Susilawati, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nur Asyiah, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

M. Nur Iskandar, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, (September), 122–130. Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswasti, D., & Sobri, M. (2011). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/mahajana/article/view/1277/1125

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/1193/1054

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lisnuryanih, S. (2021). Membuat Bahan Ajar Inovatif dengan Aplikasi Liveworksheet. Retrieved from https://www.kompasiana.com/siska79086/60677ebdd541df4e6a616f34/membuat-bahan-ajar-inovatif-dengan-aplikasi-liveworksheet

Liveworksheet. (2021). About this site. Retrieved from https://www.liveworksheets.com/aboutthis_en.asp

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Indonesia. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 126–133.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Suarsana, I. M., Pujawan, I. G. N., & Suwena, K. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Live Worksheets untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru-Guru SMP Negeri 3. Proceeding Senadimas Undiksha, (4), 902–909. Retrieved from https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/124.pdf

Downloads

Submitted

02-08-2022

Published

24-07-2022

How to Cite

Susilawati, S., Asyiah, N., & Iskandar, M. N. . (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru SD. Warta LPM, 25(3), 388–396. https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1034