Preferensi Pengunjung Terhadap Karakteristik Arsitektur Spot Foto Buatan pada Destinasi Hutan Pinus Mangunan

-

Authors

  • Nurul Izzah Moedia Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
    Indonesia
  • Diananta Pramitasari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/sinektika.vi.4698

Keywords:

Karakteristik Arsitektur, Spot Foto Buatan, Hutan Pinus Mangunan

Abstract

Pariwisata Indonesia berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dalam era pariwisata 4.0.  Evolusi ini menuntut setiap bagian pada industri pariwisata untuk berperan aktif. Tidak hanya manusianya, melainkan destinasi wisata pun harus ikut beradaptasi. Pada pariwisata 4.0 ini ditetapkan Generasi Z dan Generasi Milenial sebagai target pasar wisatawan, sehingga destinasi dan atraksi disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kedua generasi ini. Penelitian ini dilakukan di destinasi Hutan Pinus Mangunan yang sangat dikenal akan atraksi spot foto buatannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik arsitektur dari spot foto buatan yang ada dan mengeksplorasi preferensi wisatawan Generasi Z dan Generasi Milenial untuk mengetahui kebutuhan spot foto buatan dalam berwisata.  Metode yang digunakan yaitu observasi dan penyebaran kuesioner secara langsung kepada wisatawan, sehingga didapatkan 67 responden yang mewakili kedua generasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa wisatawan cenderung lebih menyukai spot foto yang harmonis dengan latar belakang alaminya, baik dari segi material, warna, tekstur dan skala tanpa menciptakan kontras yang berlebihan dengan sekitarnya. Selain itu, penting untuk spot foto buatan menggabungkan kecantikan spot foto buatan dengan view alami di belakangnya untuk menciptakan visualisai yang lebih menyatu. Adanya spot dengan bentuk beraturan dan simetris antara kedua sisinya juga menjadi pilihan favorit wisatawan Generasi Z dan Generasi Milenial untuk berfoto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfindra, M. F., & Yahya, M. (2017). Motivasi mahasiswa bergabung dalam media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(3).

Ananda, I. A. P. S. (2017). Perancangan taman festival di Yogyakarta sebagai kawasan wisata yang ramah lingkungan. (Undergraduate Thesis). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ashihara, Y. (1970). Exterior Design in Architecture. Ed. 1981. New York: Van Nostrand Reinhold.

Ching, F. D. (2023). Architecture: Form, space, and order. John Wiley & Sons.

Damasdino, F. (2017). Dinamika Akses Informasi Wisatawan Antar Generasi Pada Obyek Wisata Minat Khusus di Kabupaten Bantul. Media Wisata, 15(1).

Dinhopl, A., & Gretzel, U. (2015). Selfie-taking as touristic looking. Annals of Tourism Research,57,126139. doi:10.1016/j.annals.2015.12.015

Farreza, E. (2020). Hubungan Spot Foto Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Millennial di The Lost World Castle Cangkringan, Sleman (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).

Goenadhi, F., Rahadi, D.R., (2020). Who is The Target Market of Digital Tourism 4.0?. Journal of Management Studies: President University.

Habsari, S. U. H. (2010). Aplikasi semiotik & efek psikologis tampilan warna pa da rumah minimalis. Jurnal Riptek, 4(1), 37-44.

Hastuti, S. D. (2017). Pengaruh Perilaku Berfoto Di Objek Wisata Terhadap. Kebahagiaan Wisatawan. Jurnal Media Wisata, 540-548.

Krishnamurthy, A., & Kumar, S. R. (2018). Electronic word-of-mouth and the brand image: Exploring the moderating role of involvement through a consumer expectations lens. Journal of Retailing and Consumer Services, 43, 149-156.

Nurrani, I., Adiatma, D., & Rukma, D. F. S. (2021). Pengaruh Instagramable Dan Media Sosial Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Kebun Mawar Situhapa. Sumber, 1, 530.

Pramesti, Dinar Sukma. (2014). Sistem Spasial dan Tipologi Rumah Panggung di Desa Loloan, Jembrana (Bali). Jurnal Ruang-Space (Jurnal Lingkungan Binaan) Vol.1

Puhakka, S., Pyky, R., Lankila, T., Kangas, M., Rusanen, J., Ikäheimo, T. M., ... & Korpelainen, R. (2018). Physical activity, residential environment, and nature relatedness in young men—A population-based MOPO study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(10), 2322.

Riza, M. A. A., Ikaputra, & Wihardyanto, D. (2017). Karakteristik Arsitektur Bangunan Stasiun Nis Jalur Yogyakarta-Bantul. Universitas Gadjah Mada

Sigala, M. (2018). New technologies in tourism: From multi-disciplinary to anti-disciplinary advances and trajectories. Tourism management perspectives, 25, 151-155.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Srigustini, A., & Aisyah, I. (2021). Pergeseran Perilaku Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Berdasarkan Efek Bandwagon, Snob dan Veblen. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 92-102.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suptandar, J., Pamudji. (1999). Desain Interior: Penghantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan

Suryanto, M. R. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Dengan Variabel Citra Destinasi Sebagai Pemediasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sutedjo, S. B. (1982). Peran, Kesan, dan Pesan Bentuk-bentuk Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Yulianto, Atun., Brahmanto, Erlangga., (2023). Favorite Photo Spot for Models of Tourist Destinations and Trends fot Tourist Selfies in Special Region of Yogyakarta. Tourism Research Journal.

Downloads

Submitted

2024-04-02

Accepted

2025-01-17

Published

2025-01-18

Issue

Section

Articles