Pengaruh Pencahayaan Buatan Terhadap Perilaku Anak Autis Di SLB Sri Mujinab Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23917/sinektika.vi.4475Keywords:
Pencahayaan Buatan, Autism Spectrum Disorder, Sekolah Luar BiasaAbstract
Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan kelainan sensori yang mengakibatkan penderita ASD mengalami kesulitan dalam komunikasi. Objek penelitian dilakukan di SLB N Sri Mujinab Pekanbaru yang murid sekolah tersebut merupakan penderita ASD. Pencahayaan buatan memiliki fungsi sebagai penerang saat cahaya matahari tidak maksimal. Berdasarkan Putri (2015), kondisi pencahayaan buatan pada ruang kelas SLB ini tidak terlalu cukup sehingga pengidap ASD tidak fokus dalam proses belajar mengajar dikarenakan pencahayaan yang ada kurang nyaman. Oleh karena itu, pencahayaan buatan sangat berpengaruh terhadap perilaku penderita ASD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pencahayaan buatan terhadap perilaku anak ASD dan mengetahui pencahayaan buatan seperti apa untuk kenyamanan siswa SLB Sri Mujinab. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa hasil kuesioner dan pengukuran data kuantitatif dengan menggunakan lux meter untuk data iluminasi. Hasil dari penelitian ini adalah cahaya buatan sangat berpengaruh terhadap perilaku anak ASD, jika cahaya terlalu gelap atau terang, penderita ASD akan merasa tidak aman bahkan tantrum.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anggraeni, A. I., Akbar, I., & Jurumai, L. P. (2023). Kajian Pencahayaan Alami dan Pencahayaan Buatan di Aula Gedung Islamic Centre Universitas Muhammadiyah Kendari.
Baculu, E. P. H., & Andri, M. (2019). Faktor Risiko Autis Untuk Mengurangi Generasi Autis Anak Indonesia. 2(1).
Gunaedi, R. A. R., & Bayuaji, W. H. (2019). PENERAPAN PENCAHAYAAN SEBAGAI KOMPONEN HEALING ENVIRONMENT TERHADAP PENYEMBUHAN ANAK AUTIS.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Hodges, H., Fealko, C., & Soares, N. (2020). Autism spectrum disorder: Definition, epidemiology, causes, and clinical evaluation. Translational Pediatrics, 9(S1), S55–S65. https://doi.org/10.21037/tp.2019.09.09
Landa, R. J., Gross, A. L., Stuart, E. A., & Faherty, A. (2013). Developmental Trajectories in Children With and Without Autism Spectrum Disorders: The First 3 Years. Child Development, 84(2), 429–442. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01870.x
Leader, G., Hogan, A., Chen, J. L., Maher, L., Naughton, K., O’Rourke, N., Casburn, M., & Mannion, A. (2022). Age of Autism Spectrum Disorder Diagnosis and Comorbidity in Children and Adolescents with Autism Spectrum Disorder. Developmental Neurorehabilitation, 25(1), 29–37. https://doi.org/10.1080/17518423.2021.1917717
Mandala, A. A., & Yudhsitantra, V. (2021). Evaluasi Perancangan Pencahayaan Pada Ruang Low stimulus dan High stimulus Untuk Mengakomodasi Kegiatan Belajar Individu Autisme Di Sekolah Mandiga, Jakarta. VISUAL, 17(1). https://doi.org/10.24912/jurnal.v17i1.17366
Nair, A. S., Priya, R. S., Rajagopal, P., Pradeepa, C., Senthil, R., Dhanalakshmi, S., Lai, K. W., Wu, X., & Zuo, X. (2022). A case study on the effect of light and colors in the built environment on autistic children’s behavior. Frontiers in Psychiatry, 13, 1042641. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.1042641
Posar, A., & Visconti, P. (2022). Update about “minimally verbal” children with autism spectrum disorder. Revista Paulista de Pediatria, 40, e2020158. https://doi.org/10.1590/1984-0462/2022/40/2020158
Pramono, A. (2022, November 30). Warna Cahaya Pada Lampu. https://binus.ac.id/malang/interior/2022/11/30/warna-cahaya-pada-lampu/
Precenzano, F., Parisi, L., Lanzara, V., Vetri, L., Operto, F. F., Pastorino, G. M. G., Ruberto, M., Messina, G., Risoleo,
M. C., Santoro, C., Bitetti, I., & Marotta, R. (2020). Electroencephalographic Abnormalities in Autism Spectrum Disorder: Characteristics and Therapeutic Implications. Medicina, 56(9), 419. https://doi.org/10.3390/medicina56090419
Putri, D. M. B. (2015). Kajian Interior Pada Ruang Kelas Paud Autis Di Klinik Terapi Our Dreams Bandung.
Rujeedawa, T., & Zaman, S. H. (2022). The Diagnosis and Management of Autism Spectrum Disorder (ASD) in Adult Females in the Presence or Absence of an Intellectual Disability. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(3), 1315. https://doi.org/10.3390/ijerph19031315
Salama, H. (2019). Light as a central component in the aesthetics of Islamic architecture And its impact on the creation of contemporary design formulations. International Design Journal, 9(1), 227–243. https://doi.org/10.21608/idj.2019.84053
Shareef, S. S., & Farivarsadri, G. (2019). The impact of colour and light on children with autism in interior spaces from an architectural point of view.
Talbott, M. R., Dufek, S., Young, G., & Rogers, S. J. (2022). Leveraging telehealth to evaluate infants with prodromal autism spectrum disorder characteristics using the telehealth evaluation of development for infants. Autism, 26(5), 1242–1254. https://doi.org/10.1177/13623613211045596
Vogindroukas, I., Stankova, M., Chelas, E.-N., & Proedrou, A. (2022). Language and Speech Characteristics in Autism. Neuropsychiatric Disease and Treatment, Volume 18, 2367–2377. https://doi.org/10.2147/NDT.S331987
Zeidan, J., Fombonne, E., Scorah, J., Ibrahim, A., Durkin, M. S., Saxena, S., Yusuf, A., Shih, A., & Elsabbagh, M. (2022). Global prevalence of autism: A systematic review update. Autism Research, 15(5),
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sinektika: Jurnal Arsitektur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.








