Metode Penelitian Pencahayaan Arsitektural: Di antara Kuantitatif dan Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.23917/sinektika.v21i1.2502Keywords:
Pencahayaan Arsitektural, Metode Penelitian Pencahayaan, Triangulasi, Pencahayaan Kuantitatif, Pencahayaan KualitatifAbstract
Pencahayaan arsitektural merupakan topik menarik bagi para peneliti. Berbagai penelitian terkait pencahayaan arsitektural telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal nasional dan internasional. Pendekatan digunakan mengarah pada pendekatan kuantitatif dan kualitatif, diklaim masing-masing peneliti sebagai pendekatan terbaik menjawab masalah penelitian pencahayaan arsitektural. Penelitian bertujuan mengkaji pendekatan penelitian pencahayaan arsitektural paling tepat dalam bidang pencahayaan arsitektural. Penelitian dilakukan menggunakan metode kajian teori. Berbagai hasil penelitian terkait pencahayaan arsitektural, artifisial dan alami, menggunakan pendekatan berbeda dikaji dan didialogkan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif meninggalkan celah dan dapat saling melengkapi dan memberi hasil lebih meyakinkan bila dikombinasikan. Pencahayaan arsitektural memengaruhi subyek dan obyek serta berdampak pada lingkungan. Pendekatan kombinasi memungkinkan mendapatkan hasil penelitian lebih mendalam. Triangulasi dibutuhkan untuk saling melengkapi karena pencahayaan berpengaruh pada obyek dan subyek.
Downloads
References
Altman, I., & Chemers, M. (1980). Culture and Environment. Cambridge University Press.
Andadari, T. S., Purwanto, L., Satwiko, P., & Sanjaya, R. (2021). Komparasi Pencahayaan Booth Dengan Metode Perhitungan Manual Dan Simulasi Relux Desktop 2020.2.3.0. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 8(1), 16. https://doi.org/10.26418/lantang.v8i1.43746
Atthaillah, A., & Bintoro, A. (2019). Useful Daylight Illuminance (UDI) Pada Ruang Belajar Sekolah Dasar Di Kawasan Urban Padat Tropis (Studi Kasus: Sd Negeri 2 Dan 6 Banda Sakti, Lhokseumawe, Aceh, Indonesia). Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 6(2), 72–86. https://doi.org/10.26418/lantang.v6i2.33940
Boyce, P. R., Brandston, H. M., & Cuttle, C. (2022). Indoor lighting standards and their role in lighting practice. Lighting Research and Technology, 730–744. https://doi.org/10.1177/14771535221126413
Creswell, J. W. (2014). Research Design: International student edition (4th ed.). SAGE Publication, Inc.
Cuttle, C. (2022). Extending the lighting design objectives procedure for holistic lighting solutions. Lighting Research and Technology, 631–656. https://doi.org/10.1177/14771535211061044
Dawson, C. (2007). A Practical Guide to Research Methods. A User-friendly manual for mastering techniques and projects. How To Content.
Fontenelle, C. V. (2008). The importance of lighting to the experience of architecture-the Lighting Approach in architectural competitions. Arkitekturskolan Arkitekturens Kvalitetsfrågor.
Jansson-Boyd, C. V. (2019). Quantitative Research: Its place in consumer psychology. In P. M. W. Hackett (Ed.), Quantitative Research Methods in Consumer Psychology: Contemporary and data driven approaches. Routledge.
Kelly, K. (2017). A different type of lighting research – A qualitative methodology. Lighting Research and Technology, 49(8), 933–942. https://doi.org/10.1177/1477153516659901
Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods & Techniques (2nd ed.). New Age International, Ltd, Publishers.
Lam, W. M. C. (1992). Perception and Lighting as Formgivers for Architecture (C. H. Ripman (ed.)). Van Nostrand Reinhold.
Lechner, N. (2015). Heating, Cooling, Lighting (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Mansfield, K. P. (2018). Architectural lighting design: A research review over 50 years. Lighting Research and Technology, 50(1), 80–97. https://doi.org/10.1177/1477153517736803
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publications, Inc.
Poonia, M. P., & Sharma, S. C. (2017). Environmental Studies. Khanna Publishing.
Satwiko, P. (2004). Fisika Bangunan 2: Edisi 1. Penerbit ANDI.
Shikder, S., Mourshed, M., & Price, A. (2012). Therapeutic lighting design for the elderly: A review. Perspectives in Public Health, 132(6), 282–291. https://doi.org/10.1177/1757913911422288
Skarżyński, K., & Żagan, W. (2022). Quantitative Assessment of Architectural Lighting Designs. Sustainability (Switzerland), 14(7). https://doi.org/10.3390/su14073934
Sudaryono. (2012). Fenomenologi Sebagai Epistemologi Baru Dalam Perencanaan Kota Dan Permukiman. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Pada Fakultas Teknik. 14 Maret 2012. Universitas Gadjah Mada.
Sudradjat, I. (2020). Teori dalam penelitian arsitektur. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i1.378
Suharyani, S., & Utomo, B. W. (2022). Identifikasi Pencahayaan Alami Bangunan Pasar Gede Surakarta. NALARs, 21(2), 151–160. https://doi.org/10.24853/nalars.21.2.151-160
Taylor, S. J., Bogdan, R., & DeVault, M. L. (2016). Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Vidiyanti, C., & Bachrun, A. S. (2022). Komparasi Kinerja Pencahayaan dari Light Shelf Konvensional dan Light Guiding Shelf di Gedung Bertingkat Tinggi. Jurnal Arsitektur Dan Perencanaan (JUARA), 5(1), 14–23. https://doi.org/10.31101/juara.v5i1.2159
Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. The Guilford Press.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sinektika: Jurnal Arsitektur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.