Eksplorasi Komunikasi Nonverbal Tata Ruang di Masyarakat Adat Baduy Dalam
DOI:
https://doi.org/10.23917/komuniti.v17i2.9885Keywords:
komunikasi budaya, adat, masyarakat Baduy Dalam, komunikasi nonverbal, cultural communication, culture, Baduy Dalam, nonverbal communicationAbstract
Penelitian ini mengkaji bentuk komunikasi budaya nonverbal dalam tata ruang masyarakat Baduy Dalam sebagai wujud simbolisme, identitas, dan adaptasi budaya. Sebagai komunitas adat yang menolak modernisasi, masyarakat Baduy Dalam mengekspresikan nilai-nilai, norma, dan sistem kepercayaannya melalui penataan ruang yang khas, baik dalam skala rumah tangga maupun struktur pemukiman secara kolektif. Pendekatan kualitatif dengan metode observasi partisipatif dan studi pustaka digunakan untuk memahami makna simbolik di balik struktur ruang seperti leuit (lumbung padi), rumah adat, jalur jalan, serta posisi geografis antar kampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang tidak sekadar bersifat fungsional, melainkan merepresentasikan struktur sosial, relasi kekuasaan, dan ketaatan terhadap nilai kosmologis masyarakat Baduy Dalam. Selain itu, tata ruang juga menjadi strategi adaptif terhadap tekanan eksternal, seperti pariwisata dan kebijakan pembangunan, tanpa mengorbankan prinsip adat. Temuan ini menegaskan bahwa ruang fisik dalam budaya tradisional merupakan medium komunikasi budaya yang sarat makna dan berperan dalam mempertahankan identitas komunal. Penelitian ini berkontribusi pada kajian komunikasi budaya, khususnya dalam memahami peran ruang sebagai wacana nonverbal dalam masyarakat adat.
This study explores the forms of nonverbal cultural communication embedded in the spatial organization of the Baduy Dalam community, highlighting its symbolic, identity-forming, and adaptive dimensions. As an indigenous society that resists modernization, the Baduy Dalam express their values, norms, and belief systems through a distinctive arrangement of space—both in domestic settings and communal village structures. A qualitative approach was employed, utilizing participant observation and literature review to uncover the symbolic meanings behind spatial elements such as the leuit (rice barn), traditional houses, pathways, and the geographical positioning of villages. The findings reveal that spatial arrangements serve not only functional purposes but also represent social hierarchies, power relations, and adherence to cosmological beliefs. Furthermore, spatial organization emerges as a cultural strategy for adapting to external pressures such as tourism and government development policies, without compromising traditional values. This research affirms that physical space in traditional culture functions as a medium of rich cultural communication and plays a key role in sustaining communal identity. The study contributes to the field of cultural communication by emphasizing space as a meaningful nonverbal discourse within indigenous communities.
Downloads
References
Abduh, M., Ma’arif, A. S., Ari, D., Nurmalawati, N. N., & Unaedi, R. (2023). Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Suku Baduy Banten. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 607–614. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1879
Bahrudin, B., & Zurohman, A. (2021). Cultural Dynamics of Baduy Tribe in Facing Global Development in Kanekes Village, Leuwidamar District, Lebak Regency, Banten Province. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 31–47.
Barthes, R. (1986). Elements of Semiology. Hill and Wang.
CNN Indonesia. (2020). Kampung Baduy “Dicemari” Turis, Warga Minta Kampung Ditutup. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200707192102-20-521995/kampung-baduy-dicemari-turis-warga-minta-kampung-ditutup
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
Darmansyah, E. (2024). Arsitektur bangunan di Baduy Dalam.
Delyuzir, R. D. (2024). BADUY DALAM DAN BADUY LUAR (STUDI KASUS : KAMPUNG CIBEO DAN KAMPUNG KEDUKETUG). Jurnal Arsitekta, 6(2), 105–115.
Dharmadiatmika, I. M. A., & Kohdrata, N. (2020). Struktur Sosial dan Tatanan Spasial Permukiman Desa Adat. Jurnal Arsitektur Lansekap, 6(1), 122–130. http://ojs.unud.ac.id/index.php/lanskap
Drion, G. J. (2022). Towards a theory and practice of cultural communication. European Journal of Cultural Management and Policy, 12. https://doi.org/10.3389/ejcmp.2022.11085
Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (2003). Communicating with strangers: An approach to intercultural communication (4th ed.). McGraw-Hill.
Hall, E. T. (1990). The Hidden Dimension. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Doubleday.
Hall, S. (1980). Culture, Media, Language: Working Papers in Cultural Studies, 1972–79. Routledge.
Hanifah. (2019). Pesan-pesan Nonverbal Pada Konteks Komunikasi Ruang (Analisis Makna Nonverbal Secara Spiritual dan Arsitektural Pada Rumoh Aceh). Stimulus: Internasional Journal Of Communications and Sosial Science, 01(02), 78–100.
Jadou, S. H., & Ghabra, I. M. M. M. Al. (2021). Barthes’ Semiotic Theory and Interpretation of Signs. International Journal of Research in Social Sciences and Humanities, 11(3). https://doi.org/10.37648/ijrssh.v11i03.027
Jasmine, L. F., Saharuddin, Murdianto, & Abdulkadir, M. (2023). Perilaku Masyarakat Adat terhadap Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (Kasus: Masyarakat Adat Baduy). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 7(2), 249–265. https://doi.org/10.29244/jskpm.v7i2.951
Jersild, A. T. (1952). In Search of Self: An Exploration of the Role of the School in Promoting Self-Understanding. Teachers College.
Karim, F. A. (2019). Memegang erat peraturan adat, alam adalah kehidupan Suku Baduy. Goodnewsfromindonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/03/memegang-erat-peraturan-adat-alam-adalah-kehidupan-suku-baduy
Kautsar, N. D. (2023). Terapkan Sanksi Adat, Begini Akibatnya Jika Nekat Foto-Foto di Kampung Baduy Dalam. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jabar/terapkan-sanksi-adat-begini-akibatnya-jika-nekat-foto-foto-di-kampung-baduy-dalam-9896-mvk.html?page=4
Liliweri, A. (2021). Komunikasi Antarbudaya: Definisi dan Model. Rajawali Press.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.
Murray, S. (2018). Sports diplomacy: Origins, theory and practice. Routledge.
Mutaqien, N. F., Pujaastawa, I. B. G., & Suwena, I. W. (2021). Baduy Dalam Sentuhan Pariwisata: Studi Antropologi Tentang Perkembangan Pariwisata di Desa Kanekes dan Implikasinya. Sunari Penjor : Journal of Anthropology, 5(2), 69. https://doi.org/10.24843/sp.2021.v5.i02.p03
Nazmudin, A., & Aditya, I. K. W. (2021). Mengenal rumah adat Suku Baduy, dibangun tanpa paku, bertahan hingga ratusan tahun. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2021/10/31/180000778/mengenal-rumah-adat-suku-baduy-dibangun-tanpa-paku-bertahan-hingga-ratusan%0A
Neuman, W. L. (2019). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (8th ed.). Pearson.
Panuju, R. (2019). Strategi Komunikasi Politik Tokoh Puri Ubud Dalam Mempertahankan Eksistensi Dan Tradisi Bali. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 11(1), 73–84. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i3.6483
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.
Pitriyani, & Wilodati. (2024). Seba Baduy: Komunikasi Antarbudaya dan Eksistensi Masyarakat Adat Kanekes. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 47–66. https://doi.org/10.19105/ejpis.v6i1.13527
Priyombodo, S. A., Wasan, A., & Nugraha, H. (2022). DAYA TARIK SUKU BADUY BANTEN TERHADAP WISATAWAN THE ATTRACTIVENESS OF THE BANTEN BADUY TRIBE TO TOURISTS Olahraga Rekreasi , Fakultas Ilmu Keolahragaan , Universitas Negeri Jakarta , Olahraga Rekreasi , Fakultas Ilmu Keolahragaan , Universitas Negeri Jaka. Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/JOSITA Vol., 1(1), 23–32.
Rusyda, G. I. (2023). Perbedaan Baduy Dalam dan Baduy Luar di Banten, Apa Saja Pantangan di Sana? Tempo.Co. https://www.tempo.co/hiburan/perbedaan-baduy-dalam-dan-baduy-luar-di-banten-apa-saja-pantangan-di-sana--166041
Sahoo, M. et al. (2023). Ethnographic Research in the Social Sciences (Madhulika Sahoo, S. Jeyavelu, & Anjali Kurane (eds.)). Routledge.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2017). Intercultural communication: A reader (14th ed.). Cengage Learning.
Sarwari, A. Q., Adnan, H. M., Rahamad, M. S., & Abdul Wahab, M. N. (2024). The Requirements and Importance of Intercultural Communication Competence in the 21st Century. In SAGE Open (Vol. 14, Issue 2). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/21582440241243119
Silverman, D. (2020). Qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.
Sodikin, R. P. (2022). TURIS ASING Remehkan Larangan Suku Baduy Hingga Hilang Secara Misterius, Suku Pewaris Ajaran Prabu Siliwangi. PortalMajalengka.Com. https://portalmajalengka.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-834811844/turis-asing-remehkan-larangan-suku-baduy-hingga-hilang-secara-misterius-suku-pewaris-ajaran-prabu-siliwangi?page=all
Susilowati, D., Budiarto, A. S., Rukayah, R. S., & Dewi, P. (2020). Evolusi Pada Tatanan Ruang Rumah Baduy (Studi Kasus Rumah Baduy Dalam dan Baduy Luar). NALARs, 19(2), 131. https://doi.org/10.24853/nalars.19.2.131-138
Widyawati, L. (2017). Semiotik Ruang Publik Kota Lama Alun-Alun Selatan Kraton Yogyakarta. NALARs, 16(1), 15. https://doi.org/10.24853/nalars.16.1.15-26
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









