Kolaborasi Citizen Media dan Content Creator dalam Promosi Wisata Madura

Authors

  • Surokim Surokim Universitas Trunojoyo Madura
    Indonesia
  • Moch. Imron Rosyidi Universitas Trunojoyo Madura
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/komuniti.v17i1.6666

Keywords:

Kontent Kreator, Citizen Media, Komunikasi Digital, Wisata Halal, content creator, digital communication, halal tourism, Madura

Abstract

Destinasi  wisata dan kawasan Madura memiliki prospek bagus dan cukup potensial untuk dipasarkan melalui media komunikasi digital. Selama ini komunikasi pemasaran dan medium masih belum atraktif dan massif dalam menjangkau konsumen yang lebih luas. Melalui pengembangan content creator dan citizen media pemasaran kawasan dan pariwisata Madura diyakini akan lebih efektif. Penelitian ini menggunakan riset aksi. Pendekatan  yang akan dilakukan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan studi kasus. Riset ini juga menjadi  riset pengembangan dan akan menghasilkan pengembangan kapasitas para pelaku content creator dan citizen media online Madura digital.

Hasil penelitian menunjukkan media komunikasi warga (citizen media)  yang dikembangkan ini sifatnya interaktif dinamis berkelanjutan. Dengan memanfaatkan media grup wa, facebook, dan youtube sebagai media pematik utama.  Dalam konteks pengembangan konten kreator wisata Madura maka yang dilakukan adalah dengan membuat komunitas sadar wisata dan mendorong gerakan aktivism wisata yang akan menjadi pioner para content creator didalam mengisi content creatif melalui facebook dan youtube. Langkah awal adalah dengan membuat grup wa dan fb untuk menjadi kanal besar berbagai laporan dan liputan yang sifatnya naratif. Kemudian link youtube untuk kanal yang sifatnya audio vidual.

Media warga citizen media publisitas selanjutkan dikembangkan sebagai media massa berbasis online secara dinamis dan berkelanjutan dengan bertumpu pada partisipasi netizen report diantaranya adalah 1) konsumen media dapat berkomunikasi dengan reporter atau kontributor yang didukung oleh teknologi Web 2.0 secara umum 2) setiap post memiliki bagian komentar dimana konsumen media dapat memberikan pendapat mereka 3) Disetiap artikel, terdapat nama dan kontak reporter sehingga konsumen media bisa bertanya, memberikan kritik atau koreksi 4) Terdapan ikon bola mata untuk menunjukkan sudah berapa kali artikel tersebut dibaca Penguatan kapasitas content creator Madura dan pengembangan citizen media online Madura sebagai pusat gagasan dan ide warga Madura secara berkelanjutan. Selain itu juga menjadi salah satu pelaksanaan program MBKM. Riset ini penting dilakukan sebagai upaya untuk pengembangan kapasitas pelaku content creator dan pengembangan media online digital warga Madura.

 

Tourist destinations in the Madura region have good prospects and are quite potential to be marketed through digital communication media. So far, marketing communication and conventional mediums are still not attractive and massive in reaching a wider range of consumers. Through the development of content creators and citizen media, Madura regional marketing and tourism are believed to be more effective. The approach carried out in this study is a qualitative approach using case studies.

The results of the study show that the citizen media developed is interactive, dynamic and sustainable. By utilizing the media of the WhatsApp group, Facebook, and Youtube as the main promotional media. In the context of the development of Madura tourism content creators, what is done is to create a tourism awareness community and encourage the tourism activism movement which will be a pioneer for content creators in filling in creative content through Facebook and YouTube. The first step is to create social media such as WhatsApp and Facebook group to become a large channel for various reports and coverage that are narrative in nature. Then the Youtube link for the channel is audio visual. Citizen media publicity media will continue to be developed as a dynamic and sustainable online-based mass media based on the participation of netizens. The results of this research are expected to increase the capacity of content creators and digital citizen media in Madura.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Surokim Surokim, Universitas Trunojoyo Madura

 

surokim@trunojoyo.ac.id

Downloads

Submitted

2024-09-17

Accepted

2025-03-28

Published

2025-03-29