Komunikasi Sosial di Kalangan Pondok Pesantren Muhammadiyah pada Era Disrupsi

Authors

  • Said Romadlan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
    Indonesia
  • Mukhlish Muhammad Maududi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
    Indonesia
  • Dini Wahdiyati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/komuniti.v17i2.10905

Keywords:

Komunikasi Sosial; Interaksionisme Simbolik; Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo; Era Disrupsi, Social Communication: Simbolic Interactionism; Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo; Disruption Era

Abstract

Di era disrupsi, komunikasi sosial sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial individu yang tidak dapat diperoleh melalui teknologi komunikasi seperti pembentukan konsep diri, pemenuhan eksistensi diri, menjalin hubungan dan mendapatkan kebahagiaan. Komunikasi sosial penting dilakukan di lingkungan pondok pesantren karena sebagai lembaga yang menekankan pada pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren yaitu Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo, sebagai salah satu model pendidikan di Muhammadiyah. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi sosial di kalangan MBS Ki Bagus Hadikusumo? Teori yang digunakan adalah Interaksionisme Simbolik dari George Herbert Mead yang memfokuskan pada konsep mind, Self, dan Society. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi sosial di MBS Ki Bagus Hadikusumo terjadi secara interaktif dan transaksional yang melibatkan dewan mudir, ustadz/ustadzah, ibu/bapak asrama, mudabbir (guru pendamping), santri, dan wali santri. Melalui proses komunikasi sosial secara interaktif dapat membentuk konsep diri, aktualisasi diri, terjalin hubungan dan  tercapainya kebahagiaan para santri. Hasil penelitian ini dapat mengembangkan teori Interaksionisme Simbolik melalui penerapannya pada konteks komunikasi sosial di pondok pesantren.

In the disruption era, social communication is needed to accomplish the social needs of individuals that cannot be obtained through communication technology. Social communication is important to be carried out in the Islamic boarding school environment because it is an institution that emphasizes character education. This research was conducted at the Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo, as one of the educational models in Muhammadiyah. The focus of this research problem is how is the process of social communication among MBS Ki Bagus Hadikusumo? The theory used is the Symbolic Interactionism by George Herbert Mead who focuses on the concepts of mind, Self, and Society. The research approach is qualitative with a case study method. The results of the study show that the social communication process at MBS Ki Bagus Hadikusumo occurs in an interactive and transactional manner involving the directors (mudir) council, teachers (ustadz/ustadzah), dormitory mothers/fathers, mudabbir (accompanying teachers), students, and guardians of students. Through the social communication process, it can form self-concept, self-actualization, relationships and the achievement of happiness for students. This research can develop the theory of Symbolic Interactionism through its application in the context of social communication in Islamic boarding schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adler, P. A., & Adler, P. (2009). Teknik-teknik Observasi. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi) (1st ed., pp. 501–522). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alam, D. R. M., Firdaus, R., & Jaenudi. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Islami di Era Disrupsi. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1131–1146. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2344

Berger, A. A. (2011). Media and Communication Research Methods an Introduction to Qualitative and Quantitative Approach (2nd ed.). Singapore: Sage.

Brennen, J. S., & Kreiss, D. (2016). Digitalization. In The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy (pp. 1–11). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118766804.wbiect111

Cholil, F. A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019

Christensen, M. C., McDonald, R., Altman, E. J., & Palmer, J. E. (2018). Disruptive Innovation: An Intellectual History and Directions for Future Research. Journal of Management Studies, 55(7), 1043–1078. https://doi.org/10.1111/joms.12349

Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94–102. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4510

Eriyanto. (2019). Metode Penelitian Komunikasi (3rd ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Griffin, E. M. (1997). A First Look at Communication Theory (3th ed.). New York: McGraw Hill.

Hastasari, C., Setiawan, B., & Aw, S. (2022). Students’ communication patterns of islamic boarding schools: the case of Students in Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Heliyon, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08824

Huberman, M., & Miles, M. B. (2009). Manajemen Data dan Metode Analisis. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi) (1st ed., pp. 591–609). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juditha, C. (2018). Interaksi Simbolik dalam Komunitas Virtual Anti-Hoaks untuk Mengurangi Penyebaran Hoaks. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 19(1), 17. https://doi.org/10.31346/jpikom.v19i1.1401

Junaidi, R. D., Arif, E., & Sarmiati. (2022). Komunikasi keluarga dalam menghadapi disrupsi teknologi pada generasi digitasl native (Studi kasus 3 keluarga tokoh agama islam di Kota Solok). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5537–5543. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Kanter, R. M., & Blumer, H. (1971). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. American Sociological Review, 36(2), 333. https://doi.org/10.2307/2094060

Kurniawan, D., Maksum, M. N. R., & Mustofa, T. A. (2023). Transformation of Educational Intitutional in the Muhmmadiyah Organization. International Summit on Science Technology and Humanity, 399–407. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/view/3844

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. London: Sage Publication.

Mead, G. H. (1936). Mind, Self and Society from the Standpoint of a Social Behaviorist. The Modern Schoolman, 13(2), 1–437. https://doi.org/10.5840/schoolman19361328

Mudjiono, Y. (2012). Komunikasi sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 99–112. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/218/

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (21st ed.). Bandung: Rosdakarya.

Munir, M. M., Suradika, A., Bahri, S., & Jakarta, U. M. (2023). Implementation of Maq Āṣ Id Al-Syar Ī ’ Ah Concept in Human Resource Management At Muhammadiyah. 3(9), 1742–1753.

Nurdin, A., & Labib, M. (2021). Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Komunikasi , 5(2), 231–248. https://doi.org/10.15575/cjik.14912

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154

Pamungkas, B. A., & Palupi, P. (2021). Kekuasaan Antarpribadi Pengasuh kepada Santri Baru (Studi di Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa, Nganjuk, Jawa Timur). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 16–36. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13330

Pramitha, D. (2020). Revitalisasi Kepemimpinan Kolektif-Kolegial dalam Membangun Efektifitas Komunikasi Organisasi Pesantren (Studi Interaksionisme Simbolik di Pondok Pesantren Jombang). Journal EVALUASI, 4(1), 45. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.355

Rojiati, U. (2019). Manajemen Komunikasi Sosial Penganut Agama Baha’i di Kota Bandung. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5033

Romadlan, S. (2015). Implikasi Sosial Adopsi Teknologi Komunikasi (Internet) di Pondok Pesantren. In I. P. Hadi (Ed.), Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital (1st ed., pp. 73–94). Jakarta: ASPIKOM.

Ruben, B. D., Stewart, L. P., & Householder, B. J. (2014). Communication and Human Behavior (5th ed.). IA: Kendall Hunt Publishing Company.

Saputra, D. W. (2023). Strategies to Improve the Quality of Graduates of Private Islamic Secondary Education Institutions at Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusomo. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(4), 113. https://doi.org/10.24853/pi.1.0.2023.113-134

Stake, R. E. (2009). Studi Kasus. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi) (1st ed., pp. 299–313). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Syahputra, A., Junaidi, Sukmawati, E., Deprizon, & Syafitri, R. (2023). Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah (dalam Perspektif Pendidikan Islam). Journal of Education Research, 4(3), 1265–1271. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/402

Turmudi, H. (2020). Perspektif Interaksionisme Simbolik tentang Ijtihad siyasi sebagai akar komunikasi politik Organisasi Persatuan Islam. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 105–130. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8791

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods. In Applied Social Research Methods Seiries (4th ed.).

Yohana, A., & Saifulloh, M. (2019). Interaksi Simbolik antara Atasan dan Bawahan di PT. Imse Marindo Utama Gas Engine Jakarta. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 122–130. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.720

Downloads

Submitted

2025-06-10

Accepted

2025-09-18

Published

2025-09-30