MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK MODERN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI

MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK MODERN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI

Authors

  • wahyu khozali Universitas Muhammadiyah Pringsewu
    Indonesia
  • Tri Yuni Hendrowati Hendrowati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
    Indonesia
  • Fatqul Hajar Aswad Aswad

DOI:

https://doi.org/10.23917/jmp.v20i2.14765

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengelolaan kurikulum di Pondok Modern Daarul Ikrom dalam mengembangkan karakter santri, dengan fokus pada kurikulum MTIA (Ma'had Tarbiyah Islamiyah Al-Asriyah) yang mengintegrasikan pendidikan Islam dan umum. Isu latar belakang antara lain tantangan dalam memodernisasi pendidikan pesantren dengan tetap menjaga nilai-nilai Islam, dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan kurikulum menumbuhkan karakter santri melalui perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Metode studi kasus kualitatif digunakan di Pondok Modern Daarul Ikrom, Pesawaran, Lampung, menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen, dianalisis melalui model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kurikulum menekankan integrasi akademik-non- akademik, kebiasaan positif seperti doa dan kebersihan, serta peran pemimpin dalam memastikan disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan. Kesimpulan menyoroti pengembangan karakter yang efektif dengan implikasi positif bagi integritas santi, meskipun kolaborasi eksternal disarankan untuk inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Tolib. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Risalah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 60–66.

Abdurrahman, Abdurrahman. 2018. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 4(2):279–97. doi:10.33650/at-turas. v4i2.336.

Aisyi, A. R. (2016). Penerapan Tata Tertib Sebagai Pendidikan Karakter Pada Santriwati Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo. Antro Unair Net, 5(3), 422–436.

Amadin, A. (2021). Pola Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 2(2), 112–121.

Ari Prayoga, Irawan, A. R. (2020). Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren. Al-Mau’izhoh, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.31949/am.v2i1.2078

Asrori, S. (2020). Lanskap Moderasi Keagamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia (JISI), 1(1), 16–26. https://doi.org/10.15408/jisi.v1i1.17110

Bahtiar, Yuyun, Maskur Syaifuddin, and Nur Khasibah. 2023. “Strategi Pengurus Pondok Pesantren Dalam Membina Kedisiplinan Belajar Santri.” Jurnal AlifLam: Journal of Islamic Studies and Humanities 3(2):35–54. doi:10.51700/aliflam. v4i1.413.

Bima Fandi Asy’arie, Mahbub Humaidi Aziz, Agung Kurniawan. 2023. “Strategi Pengembangan Karakter Mandiri Santri Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Batanghari, Lampung Timur.” Jurnal Penelitian Agama 24(2):153–72. doi:10.24090/jpa. v24i2. 2023.pp153-172.

Burhanudin Gesi, Rahmat Laan, F. L. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Estuarine, Coastal and Shelf Science, 2020(1), 473–484.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). Handbook of qualitative research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Fadhila, A. N. (2024). Manajemen program 40 hari dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren nurul qur’an ponorogo. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.

Faiqoh. (2018). Religious Character Formation Model On Student Of Tahfidz Al- Qur’an (Quran Memorizer) At Mathali’ul Huda Islamic Boarding School, Kajen Pati. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13.

Fajriyanah. (2011). PERAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK GENERASI YANG BERKARAKTER (Studi Pada Pesantren Ar-Raudhatul ’Ilmiyyah Kertosono). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Guest, G., Namey, E. E., & Mitchell, M. L. (2013). Collecting qualitative data: A field manual for applied research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Hanton. 2023. “Pola Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Diniyyah Puteri Padang Panjang.” El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi 8(1):42–55. doi:10.58485/elrusyd. v8i1.145.

Harahap, Halimatussakdiah, and Junaidi Arsyad. 2024. “Pengalaman Santri Dalam Mengembangkan Karakter Religius Di Pondok Pesantren.” Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10(2):147–57. https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi.

Harmadji. (2023). Pengantar Manajemen (R. N. Ilham (ed.)). Eureka Media Aksara. Harmadji, D. E., Mahfudoh, M., Hendrowati, T. Y., Sari, J., Febrian, W. D., Tasriastuti, N. A., Zakhra, A., Kusuma, H. W., Triono, F., Sani, I., Laily, N., R., W. A., Ginting, N., Irawan, I., Yusnaidi, Y., & Badrun, M. (2023). Pengantar Manajemen (R. N. Ilham (ed.)). Eureka Media Aksara.

Jannah, Innani Kholidatul, and Fathor Rozi. 2021. “Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik Dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):17–34. doi:10.52431/murobbi.v5i1.334.

Karakter Mandiri Santri. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 72–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.192

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). PMA No 30 tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren - Penelusuran Google

Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud

Khansa, A. M. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. 4, 158–179.

Krisnaldy, K., Syukri, A., Senen, S., Yanuarti, M., & Soepandi, A. (2020). Efesiensi Meningkatkan Barang Habis Pakai Guna Meningkatkan Kas Dan Manajemen Keuangan Yang Baik. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(2), 10. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i2.p10-15.y2020

Mahardiana, Lina, Anik Herminingsih, and Khasdiyah Dwidewi Setiyoningtyas. 2024. “Efektivitas Kinerja Guru Pengabdi Di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngatabaru.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 10(3):978. doi:10.29210/020244554.

Malik, Mashudi. 2024. Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Balikpapan.

Maulana. (2023a). EKSISTENSI KURIKULUM PESANTREN SEBAGAI SUB- SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 13, 3043. https://doi.org/0.15642/jkpi.2023.13.1.30-43

Maulana, Y. (2023b). EKSISTENSI KURIKULUM PESANTREN SEBAGAI SUB-SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 13, 30–43. https://doi.org/0.15642/jkpi.2023.13.1.30-43

Miftah Syahrul Ramadhan, and Suklani. 2024. “Manajemen Kurikulum.” Jurnal Dirosah Islamiyah 6(3):816–25. doi:10.47467/jdi. v6i3.3233.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI Press. Muhajir, & Budi, A. M. S. (2018). Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor dan Disiplin Pondok Penumbuhkembang Karakter Santri. Qathruna: Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan, 5(1), 1–24. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/2965

Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Nurhalimah, S. (2019). Manajemen Prestasi Siswa Madrasah Aliyah Negeri (Man) Insan Cendekia Kota Kendari. 8–39.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Ridho, A., & Damairi, M. U. (2024). Resinstensi Pendidikan Madrasah Di Yasinat Jember (Studi Kasus Pada Madrasah Berbasis Pesantren Salaf). 1(2), 154–172. Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin.17(33), 81–95.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum (II). PT Raja Grafindo Persada.

Saldana, J. (2016). The coding manual for qualitative researchers. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Siti Afifah Adawiyah. 2019. “Rois Dalam Pendidikan Karakter Umat.” El-Tarbawi 12(2):111–28. doi: 10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art1.

Sukari & Suhadi. (2023). PERAN SANTRI SENIOR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sumardi, D., Fitrayadi, D. S., & Bahrudin, F. A. (2024). Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kewarganegaraan Melalui Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Serang. 4(2), 811–820.

Yanti. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar dan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Digital Platform Alef Education Di Mts Muhammadiyah Malino Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Malang.

Yin, R. K. (2014). Studi kasus: Desain dan metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yusuf, Y., Hendrowati, T. Y., & Arman, A. (2024). Manajemen Lingkungan Belajar di SMPN 1 Talang Padang. Manajemen Pendidikan, 143-155.

Downloads

Submitted

2025-12-16

Published

2025-12-17

How to Cite

khozali, wahyu, Hendrowati, T. Y. H., & Aswad, F. H. A. (2025). MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK MODERN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI: MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK MODERN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI. Manajemen Pendidikan, 20(2), 278–291. https://doi.org/10.23917/jmp.v20i2.14765

Issue

Section

Articles