Analisis Multilevel Hubungan Ekologi Sekolah Terhadap Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Pelajar SMA Putri Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23917/jk.v16i3.2529Keywords:
Anemia, ekologi sekolah, multilevel, tablet tambah darahAbstract
Pendahuluan: World Health Organization (WHO) mencatat penyebab permasalahan kedua tertinggi yang ada di dunia disebabkan oleh anemia. Prevalensi remaja anemia di Indonesia berdasarkan data riskesdas tahun 2007, 2013, dan 2018 terlihat peningkatan dari tahun ke tahun. Faktor kontekstual sekolah dapat mempengaruhi anemia remaja serta kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan ekologi sekolah terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada pelajar SMA putri di Kota Semarang pada tingkat individu dan tingkat sekolah. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional. Sampel yang ditetapkan yaitu 355 orang dengan teknik cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan di 10 SMA yang tersebar di Kota Semarang pada bulan Mei-Juni 2023. Analisis data menggunakan analisis regresi logistik berganda melalui pendekatan multilevel. Hasil: Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara pengetahuan (p-value=0.000), dukungan keluarga (p-value=0.000), dan dukungan guru (p-value=0.013), terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah remaja putri. Tidak terdapat hubungan bermakna secara statistik antara status ekonomi keluarga (p-value=0.064) dan pendidikan terakhir orang tua (p-value=0.652) terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah remaja putri. Varibel sekolah menunjukan adanya pengaruh kontekstual terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (ICC=43.14%). Simpulan: Variabel yang paling dominan berhubungan terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah adalah pengetahuan (OR=3.54, p-value=0.000). Variabel sekolah sangat penting dan berpengaruh terhadap kepatuhan konsumsi tablet tambah darah.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosalina Aulia Lestari, Oktia Woro Kasmini Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.