Islamic Educational Values in Prayer Movements and Recitations: A Study of the Book Hikmah dan Rahasia Shalat by Ibn Qayyim Al-Jawziyyah.
DOI:
https://doi.org/10.23917/iseedu.v8i2.9074Keywords:
Sholat, Nilai Pendidikan Islam, Ibnul Qayyim Al-JauziyyahAbstract
Penelitian ini menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam gerakan dan bacaan sholat berdasarkan pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab "Hikmah dan Rahasia Sholat." Dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan kepustakaan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana sholat tidak hanya berfungsi sebagai ritual ibadah, tetapi juga sebagai instrumen pendidikan komprehensif dalam pembentukan karakter dan spiritual umat Muslim. Temuan penelitian menunjukkan bahwa setiap rangkaian dalam sholat memiliki nilai pendidikan yang mendalam: bersuci menanamkan nilai kebersihan fisik dan spiritual; takbiratul ihram mengajarkan kejujuran dan kerendahan hati; doa iftitah membangun adab dan keikhlasan; bacaan Al-Fatihah menanamkan nilai akhlak, keimanan, dan keadilan; ruku' mendidik ketundukan dan kesadaran spiritual; i'tidal merefleksikan keseimbangan dan integritas; sujud mengajarkan penghambaan total; dan tasyahud akhir menegaskan nilai tauhid. Pemikiran Ibnu Qayyim tentang sholat memiliki relevansi kuat dengan pendidikan modern sebagai sarana pembentukan karakter, akhlak, dan spiritualitas yang mengarahkan manusia untuk mencapai keseimbangan antara dimensi lahiriah dan batiniah sesuai dengan ajaran Islam yang komprehensif.











