Strategi Kepala Madrasah Aliyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.23917/iseedu.v8i2.8733Keywords:
Madrasah, Mutu Pendidikan, Perbaikan Kurikulum, Pembelajaran Aktif, Strategi Kepala MadrasahAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh Kepala Madrasah Aliyah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menekankan pentingnya manajemen, optimasi sumber daya, dan pengembangan kompetensi pendidik dalam meningkatkan sistem pendidikan secara keseluruhan. Menggunakan pendekatan penelitian lapangan, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur dengan kepala madrasah dan staf pengajar, serta dokumentasi kegiatan pendidikan yang terkait. Hasil penelitian ini menyoroti beberapa strategi kunci: perbaikan kurikulum, baik akademik maupun ekstrakurikuler, penerapan metode pembelajaran aktif seperti Project-Based Learning (PBL) dan Problem-Based Learning (PBL), serta pengembangan profesional pendidik yang berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya peningkatan fasilitas dan sumber daya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Kepala Madrasah sangat krusial dalam keberhasilan program pendidikan dan bahwa pendekatan manajemen dan evaluasi yang sistematis diperlukan untuk mempertahankan kualitas pendidikan.











