Daya Tarik Iklan dan Paid Promote Terhadap Minat Beli @sobatpromo

Authors

  • Lasmery Girsang Universitas Bunda Mulia
    Indonesia
  • Ilona Situmeang Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/komuniti.v16i1.3911

Keywords:

Daya Tarik Iklan, Promo Berbayar, Minat Beli, @sobatpromo, Advertising, Paid Promote, Buying

Abstract

Kegiatan pemasaran untuk menarik minat pembeli melalui media sosial senantiasa mengalami peningkatan. Salah satunya di instagram yang beriklan sesuai dengan target konsumen yang dituju dengan menggunakan daya Tarik iklan dan paid promote. Teori yang digunakan adalah Teori Elaborasi Kemungkinan, dengan tiga variabel yaitu Daya Tarik Iklan, Paid Promote dan Minat Beli. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan Positivisme, dengan Pendekatan penelitian kuantitatif, Sifat penelitian eksplanatif dan Metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini Followers dari @sobatpromo dengan menggunakan rumus slovin diperoleh 100 orang responden penelitian. Uji pretest menggunakan 30 responden untuk menjawab 22 item pertanyaan. Menguji tiga variabel: Daya Tarik Iklan, Paid Promo, dan Minat Beli follower @sobatpromo dengan Uji Korelasi Linear dan Berganda, Uji Regresi Berganda dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil yang diperoleh terdapat pengaruh antara Daya Tarik Iklan dan Paid Promote secara bersama-sama terhadap Minat Beli. Menguji Teori Kemungkinan Elaborasi yang berisikan adanya dua jalur yakni rute utama dan rute pinggiran, didapatkan hasil penelitian dimana semua variabel diterima. Ditemukan bahwa responden memilih rute utama yakni memperoleh informasi secara langsung dari @sobatpromo yang tidak hanya berfokus pada isi pesan atau informasinya saja, melainkan memperhatikan aspek lain seperti penyampaian iklan, promosi yang ditawarkan, sound pada iklan dan hal lainnya.

 

Marketing activities to attract buyers' interest through social media are always increasing. One of them is on Instagram which advertises according to its target consumers using paid promos. Quantitative research–which applies SPSS as data analysis–got 100 respondents to answer 22 question items and tested three variables: advertising attractiveness, paid promo, and buying interest towards @sobatpromo followers. By testing the Elaboration Likelihood Model which contains two routes, namely the main route and the peripheral route, this research results that all variables were accepted. It was found that respondents chose the main route, in which obtaining the message directly from @sobatpromo; not only focused on the content of the message or information, but also paid attention to other aspects such as the delivery of the advertisement, the promotions offered, the sound of the advertisement and other things.

Author Biography

Lasmery Girsang, Universitas Bunda Mulia

Scopus ID: 58238347000
Web of Science Researcher ID: IQU-5154-2023

Google scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=vL8yA9EAAAAJ&hl=id

Sinta ID: https://sinta.kemdikbud.go.id/subjects/detail/82546

https://www.linkedin.com/in/dr- lasmery-rm-girsang-865325180/

Downloads

Submitted

2024-01-09

Accepted

2024-04-04

Published

2024-03-30