Overview of Fly Density at Mojorejo Sukoharjo Landfill 2023

Authors

  • Diah Siwi Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
    Indonesia
  • Nine Elissa Maharani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
    Indonesia
  • Farid Setyo Nugroho Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jk.v17i1.3131

Keywords:

flies-density, flies, trash, landfill, vect

Abstract

Pendahuluan: Tempat pemrosesan akhir sampah merupakan lokasi perkembangbiakan lalat dan padatnya kondisi lalat pada suatu lokasi biasanya menjadi suatu tanda dari sanitasi yang kurang baik. Dilakukan pengukuran angka kepadatan lalat dengan menggunakan fly grill untuk mengetahui jumlah kepadatan lalat yang ada pada TPA Mojorejo sebagai dasar dalam melakukan analisis tindakan preventiv. Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.  Populasi yang diambil adalah seluruh lalat pada zona aktif dan pasif di TPA dan untuk sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan dilakukan pada dua area yang berbeda di TPA Mojorejo (zona pasif dan zona aktif) yang bisa dijangkau oleh peneliti yaitu zona aktif A sel A1 dan zona pasif B blok B2, kemudian sampel pada penelitian ini adalah lalat yang dihitung dari semua lalat yang hinggap di fly grill. Hasil : Lalat yang berada di TPA Mojerejo adalah 14,6 di zona pasif dan 26,6 di zona aktif. Berdasarkan standar penilaian pengukuran kepadatan lalat dengan jumlah 6-20 ekor itu dinyatakan tinggi/Padat dan >21 sangat tinggi, dengan proporsi di zona pasif 35% dan zona aktif 65%, maka kondisi kepadatan lalat yang berada TPA menjadi perhatian untuk tindakan pengendalian lalat. Kesimpulan: Perlu dilakukan upaya pengendalian untuk menurunkan tingkat kepadatan lalat dengan melakukan perbaikan hygiene, sanitasi lingkungan dan pengendalian kombinasi antara pengendalian fisik berupa penimbunan sampah, pengendalian biologi berupa predator alami seperti lebah dan pengendalian kimia seperti penyemprotan obat serangga.

 

Introduction: The final waste processing site is a breeding location for flies, and the density of flies in an area usually indicates poor sanitation. Fly density numbers were measured using a fly grill to determine the number of fly densities in the Mojorejo Landfill as a basis for analyzing preventive measures. Method: This research is a quantitative-descriptive-research. The population was all flies in the active and passive zones in the landfill. Samples were taken using accidental sampling techniques and carried out in two different areas in the Mojorejo Landfill (passive zone and active zone) which could be reached by researchers, namely active zone A cell A1 and passive zone B block B2, then the samples in this study were flies counted from all the flies that landed on the fly grill. Results: Flies in the Mojerejo landfill were 14.6 in the passive zone and 26.6 in the active zone. Based on the assessment standards for measuring the density of flies with several 6-20 individuals, it is stated as high/Dense and >21 very high, with a proportion in the passive zone of 35% and the active zone of 65%. Hence, the density of flies in landfills is a concern for fly control measures. Conclusion: Control efforts need to be made to reduce fly density levels by improving hygiene, environmental sanitation, and controlling a combination of physical control in the form of landfilling, biological control in the form of natural predators such as bees, and chemical control such as spraying insecticide.

Downloads

Submitted

2023-11-09

Accepted

2023-12-04

Published

2024-05-27

How to Cite

Rahayu, D. S., Maharani, N. E., & Nugroho, F. S. (2024). Overview of Fly Density at Mojorejo Sukoharjo Landfill 2023. Jurnal Kesehatan, 17(1), 57–69. https://doi.org/10.23917/jk.v17i1.3131