Literature Review: Analysis of Factors Associated with Student Stress Levels in Indonesia During the Covid-19 Pandemic

Authors

  • Lia Septiana Herawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anisa Catur Wijayanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jk.v17i1.3059

Keywords:

Pandemi Covid-19, stress, pandemic, students, covid-19

Abstract

Pendahuluan: Pandemi COVID-19 berdampak besar bagi berbagai bidang kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan, Kemendikbud mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 dengan menggantikan pembelajaran tatap muka menjadi daring. Perubahan yang secara tiba-tiba mengakibatkan gangguan pada kesehatan mental terutama stres pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa selama pandemi COVID-19. Metode: kajian literatur penelitian ini dari jurnal nasional maupun internasional yang meneliti terkait faktor resiko stres selama pandemi COVID-19 dengan penelusuran artikel menggunakan database Google Scholar, Sinta Ristekdikti dan ResearchGate. Artikel yang ditelusuri dibatasi mulai tahun 2020 sampai 2023, artikel berbahasa indonesia atau berbahasa inggris dengan format full Text PDF, artikel yang tidak berbayar, tema artikel penelitian pada masa pandemi COVID-19, termasuk artikel terindeks Sinta untuk jurnal nasional dan terindek Scopus untuk jurnal internasional. Kriteria eksklusi dalam pencarian artikel yaitu penelitian yang bukan faktor dari tingkat stres, artikel telah dipublikasi lebih dari 10 tahun terakhir (sebelum 2013), artikel tidak dapat diakses secara lengkap dan berbayar, jurnal tidak memiliki nomor ISSN. Hasil: faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa yaitu jenis kelamin, usia, banyaknya kegiatan/ pekerjaan rumah, tugas dan beban pembelajaran, kesulitan dalam memahami materi, kesulitan berkoordinasi dalam tugas kelompok dan hubungan dengan teman seangkatan, kelancaran akses internet, kebutuhan kuota internet, jadwal kuliah yang tidak tetap, lingkungan yang berbada antara mahasiswa dengan dosen dan lingkungan belajar, kecukupan moneter, riwayat penyakit kronis, distres psikologis, tingkat pendidikan, semester, sulit menikmati waktu luang, perasaan takut yang muncul tanpa alasan. Simpulan: faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa yaitu jenis kelamin, usia, banyaknya kegiatan/ pekerjaan rumah, tugas dan beban pembelajaran, kesulitan dalam memahami materi, kesulitan berkoordinasi dalam tugas kelompok dan hubungan dengan teman seangkatan, kelancaran akses internet, kebutuhan kuota internet, jadwal kuliah yang tidak tetap, lingkungan yang berbada antara mahasiswa dengan dosen dan lingkungan belajar, kecukupan moneter, riwayat penyakit kronis, distres psikologis, tingkat pendidikan, semester, sulit menikmati waktu luang, perasaan takut yang muncul tanpa alasan. Ada beberapa variabel penelitian yang menunjukan inkonsistensi, sehingga diperuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Introduction: The COVID-19 pandemic has significantly impacted various areas of life, including education; the inistry of Education and Culture issued circular Number 4 of 2020 by replacing face-to-face learning online. Sudden changes cause mental health problems, especially stress in students. This research analyzes factors related to student stress levels during the COVID-19 pandemic. Method: A literature review of this research from national and international journals that examines risk factors for stress during the COVID-19 pandemic will be conducted by searching articles using Google Scholar, Sinta Ristekdikti, and ResearchGate databases. Articles searched are limited from 2020 to 2023, Indonesian or English language articles in full-text PDF format, unpaid articles, and research article themes during the COVID-19 pandemic, including Sinta-indexed articles for national journals and Scopus-indexed articles for international journals. Exclusion criteria in searching for articles are research that is not a factor in stress levels, articles have been published more than the last ten years (before 2013), articles cannot be accessed in total, and for a fee, journals do not have an ISSN number. Results: factors related to student stress levels are gender, age, number of activities/homework, assignments, and learning load, difficulty in understanding the material, difficulty coordinating group assignments and relationships with classmates, smooth internet access, internet quota requirements, irregular class schedules, different environments between students and lecturers and learning environments, monetary adequacy, history of chronic illness, psychological distress, level of education, semesters, difficulty enjoying free time, feelings of fear that arise for no reason. Conclusion: factors related to student stress levels are from students' internal and external sides. Several research variables show inconsistencies, so further research is needed.

Downloads

Submitted

2023-10-26

Accepted

2023-11-11

Published

2024-05-27

How to Cite

Herawati, L. S., & Wijayanti, A. C. (2024). Literature Review: Analysis of Factors Associated with Student Stress Levels in Indonesia During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Kesehatan, 17(1), 37–49. https://doi.org/10.23917/jk.v17i1.3059