Pemanfaatan Digitalisasi Untuk Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro (UMK) Perempuan Di Lorong Wisata Kota Makassar

Authors

  • Sapriyadi Sapriyadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
    Indonesia
  • Muhammad Syaiful Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka 1Email: sapriyadi.ansar@gmail.com
    Indonesia
  • Nur Wakiya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/benefit.v8i2.2483

Keywords:

digitalisasi, lorong wisata, pendapatan, UMK perempuan

Abstract

Pelaku UMK perempuan dihadapkan pada tantangan yaitu terbatasnya akses pinjaman ke bank, serta hambatan dalam mengembangkan usaha. Pemanfaatan teknologi digital menjadi peluang dan pilihan terbaik untuk menghadapi tantangan, menjaga kelangsungan hidup usaha, dan meningkatkan daya saing di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan digitalisasi yang dilakukan oleh pelaku UMK perempuan di lorong wisata, serta untuk mengetahui bagaimana dampaknya terhadap pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan eksplanatif kuantitatif. Metode analisis menggunakan regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digitalisasi pemasaran dan digitalisasi distribusi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan pendapatan. Sedangkan variabel digitalisasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perubahan pendapatan. Pelaku UMK perempuan di lorong wisata yang belum menggunakan digitalisasi keuangan memiliki peluang pendapatan menurun sebesar 0,126, peluang pendapatan stagnan sebesar 0,495, dan peluang pendapatan meningkat sebesar 0,378. Sedangkan pelaku UMK perempuan yang sudah menggunakan digitalisasi keuangan memiliki peluang pendapatan menurun sebesar 0,027, peluang pendapatan stagnan sebesar 0,212, dan peluang pendapatan meningkat sebesar 0,761. Hal ini berarti bahwa pelaku UMK perempuan di lorong wisata yang sudah menggunakan digitalisasi keuangan memiliki peluang pendapatan menurun dan stagnan yang lebih kecil dan memiliki peluang pendapatan meningkat yang lebih besar dibandingkan dengan pelaku UMK perempuan yang belum menggunakan digitalisasi keuangan.

References

Ae, P.H. (2013) An Introduction to Logistic Regression: From Basic Concepts to Interpretation with Particular Attention to Nursing Domain. Journal of Korean Academy of Nursing, 43(2), 154–164.

Agresti, A. (2013). Categorical Data Analysis Third Edition. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Anggarini, D.T. (2022) Application of Quick Response Code Indonesian as a Payment Tool in Digitizing MSMEs. Sentralisasi, 11(1), 1–14.

Arianty, N., & Julita. (2016) The Impact of Social Media Use on SME Progress. In: Journal of International Conference Proceedings, 176–182.

Asrol, S., Lidyah, R., Hartini, T., & Muhammadinah. (2022). Peran Percepatan Transformasi Digital untuk Keberlanjutan Bisnis dan Pemulihan Ekonomi Pelaku UMKM di Kota Palembang Pascapandemi. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial dan Sains, 11(2), 241–246.

Cakranegara, P.A., Butarbutar, D.J.A., Poetri, A.L., & Pakawaru, I. (2022). Analysis of MSME Sales Strategy in the Digital Era. Jurnal Ekonomi, 11(03), 1720–1726.

Daud, I., Nurjannah, D., Mohyi, A., Ambarwati, T., Cahyono, Y., Haryoko, A.D.E., dkk. (2022). The effect of digital marketing, digital finance and digital payment on finance performance of indonesian smes. International Journal of Data And Network Science, 6(1), 37–44.

Dewi, T.M., & Kusumawati, R. (2022). An Ordinal Logistic Regression Model For Analyzing Risk Zone Status of Covid-19 Spread. BAREKENG Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 16(3), 853–860.

Dina, S.A., & Dewaranu, T. (2022). Regulatory Reforms to Increase Women Micro-Entrepreneurs Participation in E-Commerce. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023, dari: https://repository.cips-indonesia.org/media/publications/356364-regulatory-reforms-to-increase-women-mic-3fc973b7.pdf.

Erawati, T., & Pramelia, N. (2022). E-commerce, Inovasi, Pricing dan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal Res, 4(6), 1429–1444.

Fillaili, R., Kusumawardhani, N., Larasati, W., Sawiji, H.W., Anshary, F., Gemilang, M.S.C., dkk. (2022). Men and Women Owned/led MSMEs and the COVID-19 policy responses in Indonesia. Diakses pada tanggal 17 Maret 2023, dari: https://investinginwomen.asia/wp-content/uploads/2022/06/Final-country-report-MSME-gendered-impacts-Indonesia.pdf.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(2), 85–114.

Hosmer, D.W., & Lemeshow, S. (2013). Applied Logistic Regression Second Edition. New York: John Wiley & Sons Inc.

Kumar, A., Syed, A.A., & Pandey, A. (2021). Adoption of Online Resources to Improve The Marketing Performance of SMES. Asia-Pasifc Journal of Health Management, 16(3), 1-8.

Laksmanawati, J., & Yuniawan, A. (2021). Women and the Digitalization Strategies of Micro , Small , and Medium Enterprises in the New Normal Era. PETRA International Journal of Business Studies, 4(1), 55–64.

Lu, Z., Wu, J., Li, H., Nguyen, D.K., Lu, Z., & Wu, J. (2022). Local Bank, Digital Financial Inclusion and SME Financing Constraints: Empirical Evidence from China. Emerging Markets Finance And Trade, 58(6), 1712–1725.

Maheswara, A.A.N.G., Setiawina, N.D., & Saskara, I.A.N. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan UKM Sektor Perdagangan di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(12), 4271–4298.

Meher, B.K., Hawaldar, I.T., Mohapatra, L., Spulbar, C., Birau, R., & Rebegea, C. (2021). The impact of digital banking on the growth of micro, small and medium enterprises (Msmes) in india: A case study. Business: Theory And Practice, 22(1), 18–28.

Nelly, S. (2021). Digitalization as a Strategy for the Revitalization of Micro Small and Medium Enterprises (Msmes) During the Covid-19 Pandemic. Annals of The Romanian Society For Cell Biology, 25(6), 384–392.

Norusis, M.J. (2011). IBM SPSS Statistic 19 Advanced Statistical Procedures Companion. New Jersey: Prentice Hall.

Nugraha, D.P., Setiawan, B., Nathan, R.J., & Farkas, M.F. (2022). Fintech Adoption Drivers for Innovation for SMEs in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology Market And Complexity, 8(4), 1-16.

Nuseir, M.T., & Aljumah, A. (2020). The role of digital marketing in business performance with the moderating effect of environmental factors among SMEs of UAE. International Journal of Innovation Creativity And Change, 11(3), 310–324.

OECD. (2021). The Digital Transformation of SMEs. Diakses pada tanggal 17 Maret 2023, dari: https://www.oecd.org/industry/smes/PH-SME-Digitalisation-final.pdf.

UN, Women. (2022). Breaking Growth Barriers for Women Impact Entrepreneurs in Indonesia. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023, dari: https://asiapacific.unwomen.org/sites/default/files/2023-01/id-Breaking-Growth-Barriers-s.pdf.

Raharja, S.J, & Natari, S.U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Raharja, S.J., Sutarjo, Muhyi, H.A., & Herawaty, T. (2020). Digital Payment as an Enabler for Business Opportunities: A Go-Pay Case Study. Review of Integrative Business And Economics Research, 9(1), 319–329.

Ramdlaningrum, H., Armintasari, F., Aida, C.N., & Ningrum, D.R. (2020). Dampak Covid19 Terhadap UMKM Perempuan. Diakses pada tanggal 17 Maret 2023, dari: https://responsibank.id/media/496522/policy-brief-26-bahasa-dampak-covid19-terhadap-umkm-perempuan.pdf.

Rasheed, R., Siddiqui, S.H., Mahmood, I, & Khan, S.N. (2019). Financial Inclusion for SMEs : Role of Digital Micro-Financial Services. Review of Economics And Development Studies, 5(3), 571–580.

Rosepti, P., & Niasari, C. (2022). Female Entrepreneurship in Leading Digitalization as a Marketing Strategy for Prosperous MSMEs and Women’s Empowerment : A Case Study of Latifa Indonesia. Muslim Business Economic Review, 1(2), 305–323.

Sicat, M., Xu, A., Mehetaj, E., Ferrantino, M., & Chemutai, V. (2020). Leveraging ICT Technologies in Closing the Gender Gap. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023, dari: https://documents1.worldbank.org/curated/en/891391578289050252/pdf/Leveraging-ICT-Technologies-in-Closing-the-Gender-Gap.pdf.

Sutrisno, Cakranegara, P.A., Asri, F., Yusuf, M., & Dahala, J. (2022). Strategy for Msme Development Using Financial Technology To. Jurnal Darma Agung, 30(2), 677–686.

Syaiful, M., dkk. (2022). Pengantar Bisnis. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Syukri, A.U., & Sunrawali, A.N. (2022). Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170–182.

Thathsarani, U.S., & Jianguo, W. (2022). Do Digital Finance and the Technology Acceptance Model Strengthen Financial Inclusion and SME Performance ? Information, 13(8), 1–17.

Thoriq, K.N., Hartoyo, S, & Sasongko, H. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Memengaruhi Underpricing pada saat IPO di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 4(1), 19–31.

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial dan E-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279.

Ulas, D. (2019). Digital Transformation Process and SMEs. Procedia Computer Science, 158, 662–671.

UNDP. (2020). Impact of Pandemic on MSMEs in Indonesia. Diakses pada tanggal 15 Maret 2023, dari: https://www.undp.org/sites/g/files/zskgke326/files/migration/id/INS-Report-Impact-of-COVID-19-Pandemic-on-MSMEs-in-Indonesia.pdf.

Wibawa, H.W., Ali, H.M., & Paryanti, A.B. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM. Journal of Information System Applied Management Accounting And Research, 5(3), 650–660.

Downloads

Submitted

2023-08-11

Accepted

2023-12-27

Published

2023-12-16