Strategi dan Pengelolaan Keuangan Berbasis Syariah di Desa Baran

Authors

  • Airlangga Firdan Jagad Pratama Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nova Ramadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fuad Hudaya Fatchan Univesitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eskasari Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ilham Nuryana Fatchan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
    Indonesia

Keywords:

Strategi Keuangan, Pengelolaan Keuangan Syariah

Abstract

 

Pengelolaan keuangan adalah kegiatan mengelola uang dalam suatu organisasi atau kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai kesejahteraan finansial. Untuk mencapai kesejahteraan diperlukan pengelolaan keuangan yang baik agar uang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Untuk dapat menjalankan proses pengelolaan keuangan yang baik diperlukan tanggung jawab untuk menjalankan proses pengelolaan uang dan aset lainnya dengan cara yang dianggap positif Pengabdian ini berfokus pada strategi dan pelatihan keuangan syariah di Desa Baran, Sukoharjo. Dalam kehidupan bermasyarakat seringkali terjadi permasalahan terkait hutang piutang ,maka dari itu sosialiasi ini perlu dilakukan untuk membantu masyarakat memahami terkait hutang piutang. Dalam Islam, hutang dianggap sebagai suatu akad yang memungkinkan, tetapi juga harus dilakukan dengan cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan etika Islam. Dalam beberapa kasus, hutang dapat membawa manfaat, seperti membantu orang lain dalam kebutuhan dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam berkontribusi pada masyarakat. Namun, hutang juga dapat menjadi sumber masalah jika tidak dikelola dengan baik dan etika. Sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi referensi untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar bagi masyarakat dalam suatu organisasi dan diharapkan bisa menerapkan pada pengelolaan keuangan dikeluarga, meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan keuangan berdasarkan ketentuan syariah dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan berdasarkan ketentuan syariah.

References

Ibrahim, I. M., Budiman, M., & PS, M. A. (2023). Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Rumah Tangga Melalui Pemanfaatan Keahlian Digital. Journal Human Resources 24/7. Abdimas: Abdimas, 1(1), 23-30.

Darmansyah, A., Rahadi, R. A., Afgani, K. F., Khaerani, F. R., & Kharohmayani, D. (2023). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN FINTECH BAGI PEREMPUAN KELOMPOK PKK. Sebatik, 27(1), 311-319.

Purwantini, A. H., Akhyaar, K., Saputri, N., Endro, M., Husni, R., & Setyaningsih, D. (2021). Pemberdayaaan wanita melalui PKK guna meningkatkan kualitas sdm dan perekonomian masyarakat Desa Ngepanrejo Kabupaten Magelang. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 336-347.

Safitri, D., & Kharisma, A. S. (2023). Pelatihan Perencanaan Keuangan dan Pembukuan Sederhana Rumah Tangga pada Ibu PKK di Desa Cihaur, Kabupten Brebes. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 22-28.

Utomo, H., & Sudjanarti, D. (2021). PELATIHAN KOMPUTERISASI PENGELOLAAN DATA KEUANGAN PADA PKK RW 11 DESA ASRIKATON KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(1), 18-25.

Binus, 2022. pengertian dan prinsip akuntansi syariah, s.l.: s.n.

Fatimah , S., Felani, H., Pratama, B. C. & Setiawiani, I. G., 2017. Penerapan Praktek dan teori akuntansi syariah berdasarkan prinsip syariah. Akuisisi : Jurnal akuntansi.

Katman, M. N., 2022. AKUNTANSI SYARIAH. 1 penyunt. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fatchan, F. H., Candra Kusuma Wardana, Handy Nugraha, & Laila Oshiana Fitria A’zizah. (2022). Pembentukan Mental Berwirausaha dan Cerdas Keuangan Melalui Penyuluhan Interaktif pada Siswa di SMK 5 Muhammadiyah Karanganyar. Abdi Psikonomi, 3(4), 209–215. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1387

Downloads

Submitted

2024-07-05

Accepted

2024-07-16

Published

2024-06-30

How to Cite

Airlangga Firdan Jagad Pratama, Nova Ramadani, Fuad Hudaya Fatchan, Eskasari Putri, & Ilham Nuryana Fatchan. (2024). Strategi dan Pengelolaan Keuangan Berbasis Syariah di Desa Baran. Abdi Psikonomi, 5(1), 57–61. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/5743

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.