Current Issue

Vol. 7, No. 1, Juni 2025
Published: 2025-06-30

Articles

  • Muhammad Hasan Al Banna (1), Irfan Miftahul Fauzi (2), Santosa Pradana Putra Setya Negara (3), Dian Ardifah Iswari (4), Lenny Puspita Dewi (5), Gabriella Vindy Kawuri (6), Budi Murtiyasa (7)
    (1) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (2) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (3) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (4) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (5) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (6) Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun, Indonesia ,
    (7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
    1-8
    Abstract View : 84
    PDF downloads: 86
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8739
  • Royhan Pradipta Setyana (1), Mukhlis Mukhlis (2), Rendito Abimanyu (3), Yunus Sulistyono (4), Ana Maghfiroh (5)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
    9-18
    Abstract View : 38
    PDF downloads: 23
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9247
  • Sinta Tri Noviana (1), Annisa Rodhiyah (2), Eko Sudarmanto (3)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
    19-33
    Abstract View : 70
    PDF downloads: 32
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8865
  • Ufadila Alfinia Bilimbi (1), Yusriah Nabil Latifah (2), Umu Miftahur Rohmah (3)
    (1) Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia ,
    (2) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia ,
    (3) Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
    34-48
    Abstract View : 49
    PDF downloads: 32
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8675
  • Nahda Wahyuningrum (1), Nawang Oktaviani (2), Nuqthy Faiziyah (3), Ida Betanursanti (4)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Sains dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Gombong, Indonesia
    49-60
    Abstract View : 39
    PDF downloads: 30
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9921
  • Ryan Rizki Adhisa (1), Helen Sapni Mahena (2), Atikah Pradika Putri (3), Bashirul Ali (4), Farhatu Anisa Setiawan (5), Febiola Anggita Putri (6), Irna Nuraeni (7), Ivan Bahtiar Al Fahri (8), Manna Andini (9), Sahda Salsabila Rosjadi (10), Arif Setiawan (11)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
    (3) Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia ,
    (5) Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia ,
    (6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia ,
    (8) Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia ,
    (9) Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
    (10) Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia ,
    (11) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
    61-70
    Abstract View : 42
    PDF downloads: 25
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.8755
  • Firdatul Taqbira (1), Rindu Cindi Fatika (2), Neng Sholihat (3)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
    71-80
    Abstract View : 67
    PDF downloads: 24
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9995
  • Khoirunisa Nur Aini (1), Hakim Nur Seha (2), Qurnia Isna Arahim (3), Yunus Sulistyono (4), Niken Pupy Satyawati (5)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (5) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia
    81-90
    Abstract View : 71
    PDF downloads: 29
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9907
  • Nurul Alifya (1), Dian Wahyu Pratama (2), Yunus Sulistyono (3), Muhammad Amir Anshori (4)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Indonesia
    91-100
    Abstract View : 50
    PDF downloads: 29
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9903
  • Siti Sofiyah (1), Rosita Fatikasari (2), Zahra Hendricka Putri (3), Yunus Sulistyono (4), Husna Imro'athush Sholihah (5)
    (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia ,
    (5) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Blora, Indonesia
    101-110
    Abstract View : 114
    PDF downloads: 83
    DOI: https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9836
View All Issues
About Journal
Buletin KKN Pendidikan merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) bekerja sama dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA). Tujuan buletin ini adalah untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan temuan dan rekomendasi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan masyarakat sasaran pendidikan lainnya. Buletin ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global. Buletin ini secara spesifik memfokuskan kajiannya pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks pendidikan, seperti:
  • ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk menyelesaikan berbagai persamasalahan pendidikan yang ada dalam dunia pendidikan;
  • Pengembangan pendidikan komunitas di lingkungan komunitas pendidikan masyarakat tertentu;
  • Penguatan kepekaan dan kepedulian komunitas pendidikan yang membutuhkan bantuan pendidikan;
  • Pelatihan dan pengembangan soft skill dan pendidikan karakter untuk siswa atau sekolah;
  • Pengembangan dan pembudayaan kecakapan hidup di masyarakat;
  • Pemberdayaan dan penumbuhkembangan pemuda untuk mengembangkan amal usaha dan rintisan kewirausahaan;
  • Pelatihan dan pengembangan kepemimpinan pendidikan pada era komunikasi dan komputasi global;
  • Pelatihan siswa dalam mengembangkan kemampuan hidup bermasyarakat dalam konteks pendidikan,Perintisan pendidikan di daerah 4T (Terpencil, Terdepan, Terluar, Terisolasi), dan;
  • Penyiapan kompetensi lulusan LPTK PTMA sebagai pemrakarsa, pejuang, dan penggerak pendidikan dalam konteks pendidikan global.
Tujuan buletin untuk adalah untuk memberdayakan, mengembangkan, menguatkan, melatih, mengedukasi, mengisisiasi, melaksanakan perintisan, menumbuhkembangkan, membudayakan, membudidayakan, merevitalisasi, mengentaskan, meningkatkan, menyiapkan, membentuk, menerapkan, mengakselerasi, dan/atau mengaktualisasikan proses dan luaran kegiatan pengabdian masyarakat dalam konteks konteks pendidikan luas atau MBKM.
Title: Buletin KKN Pendidikan
Initials: Buletin KKNDik
Abbreviation: bkkndik
Publications: Semi Annually
DOI: prefix 10.23917
ISSN: 2716-0327 (Online)
National Accredited: SINTA 4 (Vol 4, No 1, 2022 - Vol 8, No 2, 2026) (SK. No. 0173/C3/DT.05.00/2025)
Publisher: Universitas Muhammadiyah Surakarta