Pengembangan Business Model Canvas Inkubator Bisnis Putra Sang Fajar Dengan Pendekatan Porter 5 Forces Analysis

Authors

  • Adiguna Utama Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
    Indonesia
  • Shanti Ike Wardani Operasionalisasi Perkantoran Digital, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
    Indonesia
  • Hindra Kurniawan Operasionalisasi Perkantoran Digital, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/benefit.v9i1.2671

Keywords:

Inkubator Bisnis, Business Model Canvas, Porter 5 Forces Analysis, Metode SEM-PLS, Strategi Bisnis

Abstract

Inkubasi bisnis adalah alat yang ampuh untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan kewirausahaan. Namun untuk dapat berkelanjutan sebuah inkubator bisnis perlu merumuskan strategi dan model bisnis yang tepat. Beberapa alat manajemen yang dapat digunakan untuk merumuskan strategi dan model bisnis diantaranya adalah Business Model Canvas dan Porter 5 Forces Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Business Model Canvas bagi inkubator bisnis dengan pendekatan Porter 5 Forces Analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner kepada 34 responden serta data sekunder dari studi literatur. Data primer dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Porter 5 Forces Analysis dapat menjelaskan Business Model Canvas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa inkubator bisnis dapat menggunakan Business Model Canvas sebagai panduan model bisnis yang akan diterapkan, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk merumuskan strategi untuk masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpenidze, O., Pauceanu, A. M., & Sanyal, S. (2019). Key Success Factors for Business Incubators in Europe: An Empirical Study. Academy of Entrepreneurship Journal, 25(1), 1 – 13.

Galvão, A., Marques, C., Franco, M., & Mascarenhas, C. (2019). The Role of Start-Up Incubators in Cooperation Networks from The Perspective Of Resource Dependence And Interlocking Directorates. Management Decision, 57(10), 2816 – 2836.

Goyal, Anchit. (2020). A Critical Analysis of Porter’s 5 Forces Model of Competitive Advantage. Journal of Emerging Technologies and Innovative Research, 7(7), 149 – 152.

Haibing, L., & Yuyue, K. (2020). Business Model Innovation of Qingdao Youzhu Decoration Company. In E3S Web of Conferences (Vol. 214, p. 02046). EDP Sciences.

Haq, H., Purnomo, M., dan Rizal, M. (2019). Strategic Development of Business Models: a Case Study of the PT. Timah Agro Manunggal in Indonesia. Archives of Business Research, 7(1), 328 – 338.

Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi pengembangan bisnis dengan metode business model canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113-120.

Hermawan, F. (2020). Analysis of Family Business Development Model Based on Business Model Canvas (Case Study In CV. MXY). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(5), 829 – 841.

Hewitt, L. M. M., & van Rensburg, L. J. J. (2020). The Role of Business Incubators In Creating Sustainable Small And Medium Enterprises. The Southern African Journal of Entrepreneurship and Small Business Management, 12 (1). doi: 10.4102/sajesbm.v12i1.295

Horvath, B., Mallinguh, E., & Fogarassy, C. (2018). Designing Business Solutions for Plastic Waste Management to Enhance Circular Transitions in Kenya. Sustainability, 10(5), 1664.

Indrarathne, P., Ranadewa, K., & Shanika, V. (2020). Impact Of Competitive Forces to The Contractors in Sri Lanka: An Industry Analysis Using Porter’s Five Forces. Conference Proceedings - FARU 2020. https://doi.org/10.31705/faru.2020.21.

Lüttgens, D., & Diener, K. (2016). Business Model Patterns Used as a Tool for Creating (New) Innovative Business Models. Journal of Business Models, 4(3). https://doi.org/10.5278/ojs.jbm.v4i3.1877

Mafazi, A., & Widoatmodjo, S. (2023). Analisis Business Model Canvas Tiket.Com Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 80-92.

Mubaraki, H. M. A., & Busler, M. (2015). The Importance of Business Incubation In Developing Countries: Case Study Approach. International Journal of Foresight and Innovation Policy, 10(1), 17. doi:10.1504/ijfip.2015.070054

Peng, Y. (2021). TikTok’s Business Model Innovation and Development-Porter’s Five Forces Model, Business Model Canvas and SWOT Analysis as Tools. 1st International Symposium on Innovative Management and Economics 2021. (pp. 482-489). Atlantis Press.

Pratama, Febby Chandra. (2020). Porter’s Five Forces: Lima Hal Sebelum Bersaing. Binus.ac.id. https://binus.ac.id/malang/2020/08/porters-five-forces-lima-hal-sebelum-bersaing/

Sanders, T. (28 November 2019). Improving the Business Model Canvas. Linkedin.com. https://www.linkedin.com/pulse/contextual-business-model-canvas-theo-sanders/

Sunaryono (2020). Business Model Canvas Sebagai Media Penggalian Potensi Desa Dan Penilaian Kelayakan Usaha Bumdes. Jurnal Ekonomi STIEP, 5(2).

Downloads

Submitted

2023-09-04

Published

2024-05-18