Brand Love: Aplikasi Behavioral Reasoning Theory (BRT) pada Produk Halal

Authors

  • Desviana Umi Sholikah Mulyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rini Kuswati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muzakar Isa Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/benefit.v10i1.10527

Keywords:

behavioral reasoning theory, brand love, evironmental convern, health consciusness, Halal, Halal Lifestyle, Moslem , Literature Review.

Abstract

Data yang diambil dari The Royal Islamic Strategic Centre (RISSC) pada tahun 2022 Negara Indonesia menduduki peringkat pertama dengan populasi muslim terbanyak. Hal ini akan menjadi pendorong utama untuk mengkonsumsi produk halal. Namun menariknya produk halal bukan hanya digemari oleh penduduk muslim, hal ini terbukti dari data The State of Global Islamic Economy Report 2022 yang menyatakan bahwa negara yang menduduki angka teratas dalam hal ekspor produk halal didominasi oleh penduduk non-muslim. Fenomena ini menjadi bukti bahwa produk halal akan menjadi sebuah brand love dari konsumen. peneliti berusaha mengusulkan untuk menggunakan BRT sebagai model konseptual yang menjadi dasar teori penelitian. BRT merupakan sebuah teori yang biasa dirujuk dalam literatur perilaku konsumen untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat dan perilaku pengguna. Tujuannya untuk menganalisis brand love yang diaplikasikan dalam Behavioral Reasoning Theory (BRT) pada produk halal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk halal dengan sampel sebanyak 155 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan evalusi pengukuran model secara outer model dan inner model. Hasil dari penelitian ini menyatakan (1) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap reasons for consuming produk halal. (2) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap evironmental concerns produk halal. (3) health consciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude (4) health conciusness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (5) reasoning for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude. (6) reasoning for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (7) evironmental concerns memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap attitude. (8) evironmental concern memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (9) attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (10) health conciusness yang dimediasi oleh reason for consuming produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (11) health conciusness yang dimediasi oleh attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. (12) health conciusness yang dimediasi oleh evironmental concern berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love produk halal. Implikasi penelitian memberikan manfaat pengembangan pengetahuan, referensi, dan praktek bagi penelitian selanjutnya terhadap brand love dengan menggunakan aplikasi Behavioral Reasoning Theory (BRT). Batasan penelitian data yang terkumpul merupakan sebaran dari kuesioner google form yang memungkinkan dari masing-masing responden memiliki jawaban yang asal menjawab tanpa membaca pertanyaan sehingga memungkinkan data kurang tajam dalam mengidentifikasi responden disetiap pertanyaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Kuswati, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

Muzakar Isa, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 179-211.

Aman, A., & Hussein, Z. (2012). The Infuence of Environmental Knowledge and Concern on Green Purchase Intention: The Role of Attitudes as Knowledge and Concern on Green Purchase Intention: The Role of Attitudes asKnowledge and Concern on Green Purchase Intention. British Journal of Arts and Social Sciences, 7(2), 145-167.

Charoensettasilp, S., & C. W. (2013). Attitude and Needs of Thai People in Selecting Domestic Low-Cost Airlines. American Journal of Industrial and Business Management, Vol.3 No.2.

Claudy, M. C., Peterson, M., & O’Driscoll, A. (2013). Understanding the Attitude-Behavior Gap for Renewable Energy Systems Using Behavioral Reasoning Theory. Journal of Macromarketing, 33(4), 273–287. https://doi.org/10.1177/0276146713481605

Dhir, A., Koshta, N., Goyal, R. K., Sakashita, M., & Almotairi, M. (2021). Behavioral reasoning theory (BRT) perspectives on E-waste recycling and management. Journal of Cleaner Production, 280. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124269

Dienes, C. (2015). Actions and intentions to pay for climate change mitigation: Environmental concern and the role of economic factors. Ecological Economics, 109, 122–129. https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2014.11.012

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6757

Irianto, H. (2015). Consumers' attitude and intention towards organic food purchase: An eztension of theory of planned. International Journal of Management, Ekonomics and Sosial Sciences (IJMESS), Vol. 4, Iss. 1, pp. 17-31.

Keh, H. T., & Mai Nguyen, T. T. (2007). The effects of entrepreneurial orientation and marketing information on the performance of SMEs. Journl of Business Venturing, 592-611.

Kuswati, R., Hidayati, N., & Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, D. (n.d.). Sabun Susu Bahagia Boyolali: Menuju Implementasi Produk Kosmetik Halal Indonesia.

Moscato, E. M., & Machin, J. E. (2018). Mother natural: Motivations and associations for consuming natural foods. Appetite, 121, 18–28. https://doi.org/10.1016/j.appet.2017.10.031

Nasir, M., Saputro, D. E. P., & Handayani, S. (2015). MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI (Vol. 19, Issue 2).

Ryan, J., & Casidy, R. (2018). The role of brand reputation in organic food consumption: A behavioral reasoning perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 41, 239–247. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.01.002

Sahu, A. K., Padhy, R. K., & Dhir, A. (2020a). Envisioning the future of behavioral decision-making: A systematic literature review of behavioral reasoning theory. Australasian Marketing Journal, 28(4), 145–159. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.05.001

Shafiq, A., aque, A.K.M, & Omar, A. (2015). Multiple halal logos and Malays’ beliefs: a case of mixed signals. Internasional Food Research, 1727-1735.

Sreen, N., Dhir, A., Talwar, S., Tan, T. M., & Alharbi, F. (2021). Behavioral reasoning perspectives to brand love toward natural products: Moderating role of evironmental concern and household size. Journal of Retailing and Consumer Services, 102549.

Tandon, A., Dhir, A., Kaur, P., Kushwah, S., & Salo, J. (2020). Behavioral reasoning perspectives on organic food purchase. Appetite, 154. https://doi.org/10.1016/j.appet.2020.104786

Trivedi, R. H., Patel, J. D., & Acharya, N. (2018). Causality analysis of media influence on environmental attitude, intention and behaviors leading to green purchasing. Journal of Cleaner Production, 196, 11–22. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.06.024

Wang, S., Wang, J., Li, J., & Zhou, K. (2020). How and when does religiosity contribute to tourists’ intention to behave pro-environmentally in hotels? Journal of Sustainable Tourism, 28(8), 1120–1137. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1724122

Westaby, J. D. (2005a). Behavioral reasoning theory: Identifying new linkages underlying intentions and behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 98(2), 97–120. https://doi.org/10.1016/j.obhdp.2005.07.003

Downloads

Submitted

2025-05-19

Accepted

2025-07-27

Published

2025-06-14