Pelatihan Tahsin guna Mengurangi Kesalahan dalam Membaca Al-Quran bagi Pengajar TPA di Masjid Hishoh Muhammad Al-Husainy Sendang, Ngerangan, Bayat, Klaten

Authors

  • Nurul Latifatul Inayati
  • Toyib Toyib
  • Muhammad Azmi Hamid Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.257

Abstract

Masjid Hishoh Muhammad Al-Husainy adalah salah satu masjid yang memiliki Pendidikan Al-Qur'an untuk Anak (TPA) yang terbuka untuk semua anak di sekitar masjid yang memiliki minat belajar mengaji. Mahasiswa yang belajar mengaji di masjid ini cukup banyak. tenaga pengajar terdiri dari siswa yang sudah selesai belajar dan telah memasuki usia remaja. Tidak adanya standar pembelajaran yang jelas dan guru Al-Qur'an yang kompeten membuat kualitas bacaan Al-Qur'an di masjid ini rendah. Masalah ini semakin membesar karena ditambah dengan maraknya penggunaan smartphone oleh remaja di masjid. Hal ini menyebabkan proses belajar mengaji mereka terhambat. Hasil dari kegiatan ini adalah pelatihan tahsin yang berorientasi pada peningkatan pemahaman dan pembacaan Al-Qur'an bagi para guru Al-Qur'an di masjid. Urgensi program ini adalah: a) pelatihan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan remaja masjid sebagai guru Al-Qur'an dalam membaca Al-Qur'an; b) Pelatihan ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan diri pada Al-Qur'an sebagai upaya meningkatkan interaksi diri dengan Allah Ta'ala melalui Al-Qur'an.

Downloads

Submitted

2021-01-27

Accepted

2021-02-24

Published

2020-12-31

How to Cite

Inayati, N. L., Toyib, T., & Hamid, M. A. . (2020). Pelatihan Tahsin guna Mengurangi Kesalahan dalam Membaca Al-Quran bagi Pengajar TPA di Masjid Hishoh Muhammad Al-Husainy Sendang, Ngerangan, Bayat, Klaten. Abdi Psikonomi, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.257