Determinan Repurchase Intention Rangkaian Bunga JD Bloom Florist
DOI:
https://doi.org/10.23917/benefit.vi.2611Keywords:
toko bunga, niat beli ulang, theory of planned behaviorAbstract
Nilai ekonomis yang tinggi dari bunga potong mendorong terbukanya peluang usaha rangkaian bunga (florist), khususnya di kota Surakarta. Hal ini mendorong persaingan dagang yang ketat antar florist, sehingga florist perlu mempertahankan keberlangsunga usahanya, melalui pendekatan yang berorientasi pada niat pembelian ulang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah JD Bloom Florist yang telah berdiri sejak tahun 2015 dan merasakan dampak adanya persaingan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention konsumen dalam membeli rangkaian bunga. Sebanyak 130 konsumen JD Bloom Florist termasuk dalam populasi sampel, dan analisis data dilakukan menggunakan SEM-AMOS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Theory of Planned Behavior (TPB), dengan memasukkan variabel perceived value dan customer satisfaction dengan variabel endogen repurchase intention. Hasil Temuan menunjukkan bahwa niat beli ulang dipengaruhi oleh sikap, norma subyektif subjektif, kontrol perilaku, perceived value, dan customer satisfaction. Perceived value berpengaruh terhadap customer satisfaction dan customer satisfaction berperan sebagai variabel mediasi secara parsial antara variabel perceived value dan repurchase intention.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. Health Communication, 34(11).
Ajzen, I. (2002). Perceived behavioral control, self-efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of Applied Social Psychology, 32(4). https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2002.tb00236.x
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4). https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Al-Swidi, A., Huque, S. M. R., Hafeez, M. H., & Shariff, M. N. M. (2014). The role of subjective norms in theory of planned behavior in the context of organic food consumption. British Food Journal, 116(10). https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2013-0105
Anggelina, J., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm dan Perceived Behavioral Control Terhadap Purchase Intention Pelanggan SOGO Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. In Jurnal Strategi Pemasaran (Vol. 2, Issue 1).
Ardelia, alvaola gena, Darsono, & Handayani, sugiharti mulya. (2021). Analisis perilaku konsumen terhadap pembelian rangkaian bunga di pasar kembang kota surakarta. Agrista, 9(3).
Ariningsih, N. P. (2016). Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Vosco Coffee Malang. In Skripsi.
Arista, D., Dolorosa, E., & Suharyani, A. (2021). Pengaruh atribut produk kopi bubuk instan indocafe terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di kota pontianak. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(2). https://doi.org/10.20961/sepa.v17i2.38604
Asti, W. P., Handayani, P. W., & Azzahro, F. (2021). Influence of Trust, Perceived Value, and Attitude on Customers’ Repurchase Intention for E-Grocery. Journal of Food Products Marketing, 27(3). https://doi.org/10.1080/10454446.2021.1922325
Bagher, A. N. (2018). Factors Affecting Intention to Purchase Organic Food Products Among Iranian Consumers. In Academy of Marketing Studies Journal (Vol. 22, Issue 3).
Devica, S. (2019). Studi empiris terhadap nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan pada restoran cepat saji. AdBispreneur, 3(3). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i3.19122
Ferdinand, A. (2016). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajermen. Universitas Diponegoro. In Jurnal menejemen (Vol. 4).
Fitriana, R., & Suprehatin, S. (2018). APLIKASI Theory Of Planned Behavior Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Cair Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Indonesia Dan Malaysia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.29244/jai.2018.6.2.149-168
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis 6th Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey. humans: Critique and reformulation. Journal of Abnormal Psychology, 87(1).
Halim. (2014). Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1).
Handriatni, A. (2014). Upaya Mempertahankan Kesegaran Beberapa Jenis Bunga Potong Dengan Pemberian Bahan Pengawet. Jurnal Pena, 27(1).
Hasanah, U., Ismarmiaty, & Bachtiar, A. (2017). AAnalisis simulasi goodness of fit (GOF) pada uji model penerimaan e-learning. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
Hooper, D., Coughlan, J., & Mullen, M. R. (2008). Structural equation modelling: Guidelines for determining model fit. Electronic Journal of Business Research Methods, 6(1).
Ji, F., & He, Y. (2013). Study on the relationships among customer satisfaction, brand loyalty and repurchase intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 49(1).
Joseph, O., N D, O. O., Lilian, K.-O., & Okpara, M. (2012). Analysis of the Determinants of Repurchase Intention of Soap Products of an Agribusiness Firm in Abia State, Nigeria. Journal of Economics and Sustainable Development Www.Iiste.Org ISSN, 3(14).
Kevin Lane Keller. (2013). ‘Strategic-Brand-Management-4th-edition’’.’ In Strategic Brand Management Buikding, Measuring, And Managing Brand Equity, Fourth Edition.
Kim, J. H., & Lee, H. C. (2019). Understanding the repurchase intention of premium economy passengers using an extended theory of planned behavior. Sustainability (Switzerland), 11(11). https://doi.org/10.3390/su11113213
Kusdyah, I. (2012). Persepsi harga, persepsi merek, persepsi nilai, dan keinginan pembelian ulang jasa clinic kesehatan (studi kasus erha clinic surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.7.1.25-32
Kusumo, R. A. B., & Mukti, G. W. (2019). Potret Petani Muda (Kasus Pada Petani Muda Komoditas Hortikutura di Kabupaten Bandung Barat). JURNAL AGRIBISAINS, 5(2). https://doi.org/10.30997/jagi.v5i2.2323
Lau, H. B., Bunga, M., & Ndoen, W. (2020). The Effect of Consumers Satisfaction on Repurchase Intention (Study on Pink Jaya Tofu Factory in Kupang City). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200522.047
Lumbantoruan, Y. P., Harsojuwono, B. A., & Mulyani, S. (2018). jalur distribusi dan upaya perbaikan pascapanen bunga potong krisan (dendrathema grandiflora) dari petani desa pancasari buleleng sampai pengecer. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 6(4). https://doi.org/10.24843/jrma.2018.v06.i04.p03
Maharsi, R. R., Sugiharti, H. I., & Handayani, M. (2022). Sayurbox Repurchase Intention During Covid-19 Using Theory Planned Behavior. Journal Of Law & Politics A Journal of Vytautas Magnus University, 15(2).
Merati, M. W. (2022). Implementasi hadiah rangkaian bunga pada ruang: emosi positif dan estetika. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, 21(1). https://doi.org/10.35760/dk.2022.v21i1.5375
Mihartinah, D., & Coryanata, I. (2019). Pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku persepsian terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk mengambil sertifikasi chartered accountant. Jurnal Akuntansi, 8(2). https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.2.77-88
Nugraha, L., Harini, S., & Dipokusumo, G. (2016). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Kota Surakarta Di Tingkat Internasional Melalui Warisan Budaya. Transformasi, 1(1).
Pangemanan, L., Kapantow, G., & Watung, M. (2011). Analisis Pendapatan Usahatani Bunga Potong (Studi Kasus Petani Bunga Krisan Putih di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon). Agri-Sosioekonomi, 7(2). https://doi.org/10.35791/agrsosek.7.2.2011.86
Priansa, D. J. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Purnamasari, A., Novita, I., & Yusdiarti, A. (2017). Analisis Preferensi Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium r) di Pusat Promosi dan Pemasaran Bunga dan Tanaman Hias, Rawa Belong, Jakarta Barat. Jurnal Agribisains, 3(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v3i1.1027
Saintz, J. (2018). Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Repurchase Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Fast Food Restaurant Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2). https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.77-83
Sembiring, I, J., Suharyono., Kusumawati, FA. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1).
Seni, N. N. A., & Dwi, R. N. M. (2023). Theory Of Planned Behaviour untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1).
Setyorini, R., & Nugraha, R. P. (2016). The Effect of Trust Towards Online Repurchase Intention With Perceived Usefulness As An Intervening Variable : A Study on KASKUS Marketplace Customers. The Asian Journal of Technology Management, 9(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, R. K., & Sahetapy, W. L. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Produk Levi’s Pada Generasi Milenial. Journal of AGORA, 9(2).
Tan, H., & Brahmana, R. K. M. R. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. Agora, 7(1).
Wahyuni, T., & Fadil, J. A. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kendali Perilaku terhadap Niat Beli Ulang Produk Kosmetik Halal. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Esa Unggul (JAME), 9(1).
Widyaningsih, N., Marwanti, S., & Awani, S. N. (2014). Analisis usaha rangkaian bunga (Studi Kasus Pada Florist Kalisari Semarang). Mediagro, 10(1).
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








