Analisis Pengaruh Multidimensi Brand Image Terhadap Minat Beli Laptop Asus ROG: Studi pada Generasi Z

Authors

  • Candra Kusuma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Madya Rahardo Suprapto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anton Agus Setyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/benefit.v8i2.2199

Abstract

Generation Z is very interested in using laptops, such as playing games, editing videos, etc. Asus ROG is produced to fulfill these needs, but the high specifications make the price relatively more expensive than regular laptops. This study aims to analyze the effect of corporate image, product image, and owner image on Asus ROG laptop buying intention. The method used is quantitative, using SPSS software. The sampling technique uses a purposive sampling method with several criteria, one of which is the focus on seeing the response from Generation Z in Surakarta City. One hundred fifty respondents who passed the selection were obtained and can be analyzed. The results of this study are that company image and product image do not significantly affect purchase intention. In contrast, the owner's image significantly affects purchase intention. Marketers and manufacturers benefit from this research that the buying behavior of Generation Z is more caused by lifestyle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 25-31.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behaviour. Organizational behaviour and human decision processes, Vol. 50, pp. 179-211.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).Setiady, V., & Meliana, V. (2022). Pengaruh Brand Credibility dan Brand Attitude Terhadap Minat Beli Laptop Huawei. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(2), 2247-2259.

Ariszani, M. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Minat Beli (Studi Pada Penjual Online Yang Menggunakan Jasa Pengiriman PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Jne)) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Batubara, N. S. U., Nasution, A. P., & Prayoga, Y. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualita Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulangtabung Gas Lpg 12 Kg Padapt. Jalahan Arta Primarantauprapat. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 1(1), 86-96.

Benhardy, K., Hardiyansyah, H., Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: mediating brand trust. Management Science Letters, 10(14), 3425-3432.

Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh citra merek dan electronic word of mouth terhadap minat beli kosmetik Wardah di kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 356-370.

Darna, N., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada PD Sumber Rezeki Singaparna). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(2).

Elpansyah, C., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Melalui Citra Perusahaan dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Jasa Umroh PT Indojava Mulia Wisata. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 85-95.

Fakhrudin, A. (2020). Citra Perusahaan, Citra Pemakai, Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen STTKD Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara, 13(1), 11-18.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herawati, J. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Produk Secara Online Menggunakan Facebook Berdasarkan Technology Acceptance Model Dan Theory Of Planned Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1).

Indrawati, P. (2022). Perilaku Konsumen Generasi Z Dalam Pembelian Fashion Muslim Pada Marketplace Indonesia. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 9(2), 165-188.

Jacob, A. A., Lapian, S. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2).

Jauhari, I., & Kurnia, D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui Aplikasi E-Commerce Pada Generasi Milenial Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(02), 09-18.

Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11-19.

Munir, M. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Asal Negara, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang McDonald’s Sedati Sidoarjo. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 37-42.

Qomaruzzaman, Z. N. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen J.Co Donuts & Coffee Di Yogyakarta.

Rahmi, S., & Amalia, R. (2018). Pengaruh E-WoM terhadap citra perusahaan dan dampaknya terhadap niat beli konsumen pada situs online Shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 75-84.

Rajagukguk, Y. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Laptop Asus Rog Di Malang (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6 (1).

Rokhmawati, H. N., Kuncorowati, H., & Supardin, L. (2022). Pengaruh harga, iklan dan citra merek terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 515-526.

Setiawan, E. (2016). Pengaruh sosialisasi kuliner, inovasi produk kuliner dan citra produk kuliner terhadap minat beli konsumen kuliner tradisional di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 12(2), 105-112.

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.

Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid II. Salemba Empat, Jakarta.

Surachman. (2008). Dasar-dasar manajemen merek (Alat pemasaran untuk memenangkan persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.

Downloads

Submitted

2023-07-16

Accepted

2023-12-22

Published

2023-12-22