Peningkatan Brand Image Kopi Robusta Temanggung Berbasis Indikasi Geografis
DOI:
https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.602Keywords:
brand image, indikasi geografis, kopi, robusta, TemanggungAbstract
Kopi memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai penghasil devisa dan sumber pendapatan petani karena kopi merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia. Kabupaten Temanggung salah satu penghasil kopi di Provinsi Jawa Tengah, terutama pada Kopi Robusta. Kopi Robusta Temanggung memiliki karakteristik dan mutu produk yang khas, unik dan tampil beda yang terindikasi karena faktor geografis. Hal ini dikarenakan adanya asosiasi petani yang tergabung pada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Temanggung (MPIG-KRT). MPIG-KRT berkomitmen dalam mengawal mutu kopi sesuai standar. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing petani kopi di Kabupaten Temanggung dengan upaya didorong untuk menjalankan budidaya dan pengolahan pasca panen kopi berbasis Indikasi Geografis (IG) Kopi Robusta Temanggung (KRT). Guna menjaga mutu kopi, meningkatkan daya saing, dan memperkuat Brand Image Kopi Robusta Temanggung, maka dilakukan program pengabdian terutama bertujuan untuk memberikan pendampingan petani kopi agar dapat 1) menjalankan pengolahan pasca panen berbasis IG dengan introduksi mesin grading, 2) dapat menjalankan digital marketing dengan tujuan memperluas pangsa pasar sehingga mampu meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan, dan 3) memiliki pengetahuan tentang merek dan label merek guna membangun brand Kopi Robusta Temanggung. Program pengabdian ini telah dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan yang terdiri dari pelatihan pascapanen, pelatihan digital marketing, dan pelatihan edukasi merek dan desain label merek. Selain itu, dilakukan pula introduksi mesin grading setelah dilakukan pelatihan pascapanen. Kegiatan pengabdian ini telah berhasil dilakukan dilihat adanya introduksi Mesin Grading sehingga petani mitra dapat melakukan proses grading dengan cepat dan bisa menentukan mutu dari grade kopi 1, 2, dan 3. Petani mitra telah memahami pentingnya merek dan desain label yang dapat dilihat dari adanya kemasan produk kopi yang sudah memiliki merek, informasi produk, dan kemasan yang baik untuk menjaga mutu kopi. Petani mitra sudah mulai menggunakan WhatsApps bisnis, Instagram, dan Facebook untuk promosi. Petani mitra juga sudah bisa membuat promosi dengan menggunakan Canva, lalu membuat link pesan Auto Order.
Downloads
References
Ardana, I. K. (2017). Kinerja Kelembagaan Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Kintamani. AGRICORE: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 2(1), 205–290.
Barrios-Rodríguez, Y. F., Rojas Reyes, C. A., Triana Campos, J. S., Girón-Hernández, J., & Rodríguez-Gamir, J. (2021). Infrared Spectroscopy Coupled with Chemometrics in Coffee Post-Harvest Processes As Complement to the Sensory Analysis. Lwt, 145(March). https://doi.org/10.1016/j.lwt.2021.111304
Budiharjono, K., & Fahmi, W. M. (2020). Strategi Peningkatan Produksi Kopi Robusta (Coffea L.) di Desa Pentingsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 7(2), 373–379. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3338
Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33. https://doi.org/10.1002/dir.1020
Desiana, C., Rochdiani, D., & Pardani, C. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(2), 162–173.
Dirgiatmo, Y., Abdullah, Z., & Ali, R. H. R. M. (2020). Social Media Practices in Indonesian SMEs. Int. J. Business Information Systems, 35(1), 3–24.
Edvan, B. T., Edison, R., & Same, M. (2016). Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian pada Mutu Kopi Robusta (Coffea Robusta). Jurnal Agro Industri Perkebunan, 4(1), 31–40.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. http://www.itwissen.info/definition/lexikon/Digital-Marketing-digital-marketing.html
Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2020). Digitalisasi UMKM sebagai Hasil Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM selama Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi, 11(2), 150–167.
Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615
Ihsaniyati, H., Setyowati, N., & Wijaya, A. P. (2020). Edukasi Adopsi Standar Mutu Berbasis Indikasi Geografis pada Petani Kopi di Kabupaten Temanggung. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 59–65. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.5822
Kustiari, T., Harkat, A., & Fillaili, U. S. (2020). Implementing Good Agriculture Practice (GAP) and Its Impact on The Coffee Productivity of Panti Sub-District Jember Regency, East Java, Indonesia. Novateur Publication, 6(6), 374–384.
Mawardi, I., Hanif, H., Zaini, Z., & Abidin, Z. (2019). Penerapan Teknologi Tepat Guna Pascapanen Dalam Upaya Peningkatan Produktifitas Petani Kopi di Kabupaten Bener Meriah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 205–213. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.56
MPIG-KRT. (2015). Buku Persyaratan Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Temanggung. MPIG-KRT.
Padmaningrum, D., Ihsaniyati, H., & Suminah. (2019). Penguatan Kapasitas Sumberdaya Manusia dan Manajemen Kelembagaan Petani Kopi Robusta Temanggung sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Lokal Berbasis Indikasi Geografis. ADIWIDYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi, 3(2), 117–126.
Poltronieri, P., & Rossi, F. (2016). Challenges in Specialty Coffee Processing and Quality Assurance. Challenges, 7(19), 1–22. https://doi.org/10.3390/challe7020019
Pramono, C., Suharno, K., & Putranto, R. A. (2018). Pengaruh Waktu Grading terhadap Kualitas Biji Kopi Arabika. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 101–107.
Rabelo, M. H. S., Borém, F. M., Lima, R. R. de, Alves, A. P. de C., Pinheiro, A. C. M., Ribeiro, D. E., Santos, C. M. dos, & Pereira, R. G. F. A. (2021). Impacts of Quaker Beans Over Sensory Characteristics and volatile Composition of specialty Natural Coffees. Food Chemistry, 342(August), 128304. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2020.128304
Rachmawati, J. A., Wijayanti, E., Rahmawati, T., & Sa’adah, I. N. (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengelolaan Kopi Robusta di Indrokilo. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(2), 145. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.6400
Servín-Juárez, R., Trejo-Pech, C. J. O., Pérez-Vásquez, A. Y., & Reyes-Duarte, Á. (2021). Specialty coffee shops in Mexico: Factors Influencing the Likelihood of Purchasing High-Quality Coffee. Sustainability (Switzerland), 13(7), 1–20. https://doi.org/10.3390/su13073804
Setyani, S., Subeki, S., & Grace, H. A. (2018). Evaluasi Nilai Cacat dan Cita Rasa Kopi Robusta (Coffea Canephora L.) yang Diproduksi IKM Kopi di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 23(2), 103–114. https://doi.org/10.23960/jtihp.v23i2.103-114
Setyowati, N., Ihsaniyati, H., & Pardono. (2020). Adopsi Standar Indikasi Geografis oleh Petani Kopi Robusta di Kabupaten Temanggung. Jurnal AGRISEP Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.31186/agrisep.19.1.1-14
Soegoto, E. S., & Utomo, A. T. (2019). Marketing Strategy Through Social Media. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032040
Wulandari, S., Ainuri, M., & Sukartiko, A. C. (2021). Biochemical Content of Robusta Coffees under Fully-Wash, Honey, And Natural Processing Methods. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 819(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/819/1/012067
Yudhanto, Y. (2019). Information Technology Business Start-Up: Ilmu Dasar Merintis Start-Up Berbasis Teknologi Informasi. PT Elek Media Komputindo.
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Warta LPM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.