Peningkatan Kompetensi Digital bagi Guru Muhammadiyah dalam Menghadapi Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.601Keywords:
kompetensi digital, society 5.0, revolusi industri 4.0Abstract
Penetrasi teknologi yang masif membawa tantangan bagi dunia pendidikan, terutama kesiapan bagi guru untuk beradaptasi dalam mengintegrasikan kemajuan teknolgi informasi dan komunikasi ke dalam praktik mengajar. Problem mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah kurangnya wawasan, kesadaran, dan keterampilan guru untuk merespon tuntutan pendidikan di era revolusi industry dan society 5.0. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi digital guru dalam menghadapi era revolusi dan society 5.0. Kegiatan ini diselenggarakan kepada 20 guru mata pelajaran PPKn di SMP dan SMA yang tergabung dalam Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Kota Surakarta. Metode workshop dipilih yang terbagi ke dalam dua sesi yaitu pemaparan materi dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian ini diperoleh melalui pengukuran menggunakan instrumen dan uji statistik yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa kegiatan workshop peningkatan kompetensi digital bagi guru di Surakarta dalam menghadapi society 5.0 sangat efektif dan tergolong dalam kategori tinggi dalam meningkatkan kompetensi digital peserta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest peserta dengan skor posttest peserta. Pelaksanaan workshop tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi digital peserta melalui pengetahuan, pemahaman serta mengimplementasikan komponen-komponen literasi baru dalam kompetensi digital yang mencakup literasi data, literasi teknologi, serta literasi manusia dalam proses pembelajaran dengan menyesuaikan metode pembelajaran dan strategi pembelajaran yang digunakan dengan berdasarkan pada materi yang akan diajarkan. Tingkat keefektifan ini nampak dari perolehan skor effect size Cohen’s d sebesar 8.946295 yang termasuk dalam kategori storng effect sesuai dengan kriteria interpretasi effect size Cohen.
Downloads
References
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining twenty-first century skills. In In Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 17–66). Springer.
Cohen, L., Manion, L., & Marrison, K. (2007). Research in education (sixth). Routledge.
Fukuda, K. (2020). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of Production Economics, 220(July), 107460. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033
Hootsuite. (2021). We Are Social “Digital 2021: Global Overview Reports. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Rojko, A. (2017). Industry 4.0 concept: Background and overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 11(5), 77–90. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072
Suwandi, S. (2018). Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. Kongres Bahasa Indonesia XI.
Syukur, I. A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Warta LPM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.