Meningkatkan Pengetahuan Bijak Bermedia Sosial Melalui Psikoedukasi Penggunaan Handphone

Authors

  • Nisa Kamalia Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dhinda Aura Sukma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Syahrani Khairun Nisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Permata Ashfi Raihanna Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Psikoedukasi, media sosial, SLB

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan, termasuk dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penggunaan Handphone (HP) dan media sosial menawarkan peluang positif, tetapi juga risiko negatif, terutama jika siswa tidak memiliki kapasitas untuk menyaring informasi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyimpangan dibandingkan manfaatnya dalam pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan edukasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan HP secara bijak. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan psikoedukasi ini adalah melihat efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai penggunaan HP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan desain onegroup pretest posttest. Subjek pada penelitian ini sebanyak 21 siswa SMP dan SMA di SLB D Surakarta. Hasil Wilcoxon Signed Ranks test menunjukkan nilai z = -3,487, p < 0,001 (2-tailed). Hal tersebut menunjukkan psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai penggunaan HP yang baik dan bijak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiatin, T., Ampuni, S., Sukron, M. I. W., Aprila, A. A., Hanifah, S. N., & Intani, Z. F. (2024). Psikoedukasi “Cerdas Menggunakan Gadget dan Internet untuk Anak”: Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan Literasi Digital Anak. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 10(2), Article 2.

CNN. (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet

Databoks. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/950b8ba78451f97/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia

Fembi, P. N., Nelista, Y., & Vianitati, P. (2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), Article 15. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124153

Hidayat, Y., & Mattiro, S. (2021). Sosialisasi Penggunaan HP dan Media Sosial yang Bijak pada Siswa SMPN 3 Belimbing Baru Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 63–69. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.1805

Ikbal, I., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Profil Tingkat Kecanduan Game Online Peserta DIDIKKELAS XMA PLUS AL MUJAMMIL GARUT. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 56. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6138

Iramadhani, D., Julistia, R., & Muna, Z. (2021). Psikoedukasi Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar Didunia Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(2), 96–101. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.70

Jalal, N. M., Syam, R., Istiqamah, S. H. N., Irdianti, I., & Piara, M. (2022). Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1311

KemenPPA. (2024). Kemen PPPA Rilis Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) dan Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2024. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTQzMw%3D%3D?utm_source=chatgpt.com/

Lutfi, B., Nurdianti, R., & Sahid, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunarungu Di Slb Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Jurnal Mitra Kencana Keperawatan Dan Kebidanan, 5(1). https://doi.org/10.54440/jmk.v5i1.119

Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Media Digital Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316

Nastiti, A. G. N., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19741

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan HP dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961

Pangestu, A., Putri, H., Syarief, N., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. (2022). View of Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. https://www.jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/337/233

Seviarica, H. P., Akhmad, F., Berliyana, A. S., Atmojo, S. T., & Fauzi, R. (2021). Karakteristik dan Pengembangan Pelayanan Pendidikan Islam Anak Tunadaksa. ANWARUL, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.48

Suryadi, A., Ranchman, G. A., Amelia, R. putri, & Rahayu, T. citra. (2021). Penggunaan HP Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial. Cebong Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.5

Susanti, D. D., & Yusri, F. (2023). Dampak Hp pada Siswa di Sma Negeri 1 Harau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.937

Downloads

Submitted

15-12-2025

Published

15-12-2025

How to Cite

Kamalia, N., Sukma, D. A., Nisa, S. K., & Raihanna, P. A. (2025). Meningkatkan Pengetahuan Bijak Bermedia Sosial Melalui Psikoedukasi Penggunaan Handphone. Jurnal Aplikasi Psikologi, 1(1), 22–31. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/jap/article/view/14710

Issue

Section

Articles