Meningkatkan Pengetahuan Bijak Bermedia Sosial Melalui Psikoedukasi Penggunaan Handphone
Keywords:
Psikoedukasi, media sosial, SLBAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan, termasuk dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penggunaan Handphone (HP) dan media sosial menawarkan peluang positif, tetapi juga risiko negatif, terutama jika siswa tidak memiliki kapasitas untuk menyaring informasi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyimpangan dibandingkan manfaatnya dalam pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan edukasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan HP secara bijak. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan psikoedukasi ini adalah melihat efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai penggunaan HP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan desain onegroup pretest posttest. Subjek pada penelitian ini sebanyak 21 siswa SMP dan SMA di SLB D Surakarta. Hasil Wilcoxon Signed Ranks test menunjukkan nilai z = -3,487, p < 0,001 (2-tailed). Hal tersebut menunjukkan psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai penggunaan HP yang baik dan bijak.
Downloads
References
Afiatin, T., Ampuni, S., Sukron, M. I. W., Aprila, A. A., Hanifah, S. N., & Intani, Z. F. (2024). Psikoedukasi “Cerdas Menggunakan Gadget dan Internet untuk Anak”: Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan Literasi Digital Anak. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 10(2), Article 2.
CNN. (2021). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet
Databoks. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/950b8ba78451f97/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia
Fembi, P. N., Nelista, Y., & Vianitati, P. (2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), Article 15. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124153
Hidayat, Y., & Mattiro, S. (2021). Sosialisasi Penggunaan HP dan Media Sosial yang Bijak pada Siswa SMPN 3 Belimbing Baru Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 63–69. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.1805
Ikbal, I., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Profil Tingkat Kecanduan Game Online Peserta DIDIKKELAS XMA PLUS AL MUJAMMIL GARUT. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 56. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6138
Iramadhani, D., Julistia, R., & Muna, Z. (2021). Psikoedukasi Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar Didunia Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 2(2), 96–101. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.70
Jalal, N. M., Syam, R., Istiqamah, S. H. N., Irdianti, I., & Piara, M. (2022). Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1311
KemenPPA. (2024). Kemen PPPA Rilis Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) dan Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2024. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTQzMw%3D%3D?utm_source=chatgpt.com/
Lutfi, B., Nurdianti, R., & Sahid, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Tunarungu Di Slb Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya. Jurnal Mitra Kencana Keperawatan Dan Kebidanan, 5(1). https://doi.org/10.54440/jmk.v5i1.119
Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Media Digital Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316
Nastiti, A. G. N., Sumartiningsih, S., & Yuwono, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19741
Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan HP dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961
Pangestu, A., Putri, H., Syarief, N., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. (2022). View of Karakteristik Dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. https://www.jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/337/233
Seviarica, H. P., Akhmad, F., Berliyana, A. S., Atmojo, S. T., & Fauzi, R. (2021). Karakteristik dan Pengembangan Pelayanan Pendidikan Islam Anak Tunadaksa. ANWARUL, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.48
Suryadi, A., Ranchman, G. A., Amelia, R. putri, & Rahayu, T. citra. (2021). Penggunaan HP Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial. Cebong Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.5
Susanti, D. D., & Yusri, F. (2023). Dampak Hp pada Siswa di Sma Negeri 1 Harau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.937
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Aplikasi Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





