Edukasi dan Pemberdayaan Satgas Covid-19 dalam Pencegahan Penularan Covid-19 pada Cluster Pesantren

Authors

  • Sri Susanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur
    Indonesia
  • Siti Munawaroh Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur
    Indonesia
  • Ririn Nasriati Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1032

Keywords:

Covid-19, Pesantren, Pencegahan dan Penularan

Abstract

Masuknya Covid-19 ke Pesantren pada pertengahan Maret 2020 membuat warga Pesantren harus mewaspadai penyebaran virus ini. Kuatnya religiusitas warga Pesantren, membuat mereka sedikit mengabaikan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19, sehingga kehidupan di Pesantren menjadi sangat rentan penularan Covid-19 mengingat jumlah santri yang sangat banyak berada dalam satu lokasi (asrama). Bila satu orang menderita Covid-19 maka penularannya akan sangat cepat. Kegiatan ini dilakukan di Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) Ngabar yang terletak di desa Ngabar, kecamatan Siman, kabupaten Ponorogo. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah resiko penularan Covid-19 tinggi, munculnya kluster pesantren, dan rendahnya pengetahuan satgas covid Pesantren. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pencegahan dan penularan Covid-19 kepada satgas covid 19 Pondok Pesantren agar tidak menimbulkan kluster penularan baru. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian terdiri atas perencanaan (tahap persiapan), dimana pada tahap ini dilakukan koordinasi tim dengan mitra, serta penyusunan video sebagai media sosialisasi dan edukasi kepada tim satgas covid Pesantren. Pada tahap ini juga dilakukan penyebaran kuesioner untuk mengukur pengetahuan satgas covid 19. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan (tahap sosialisasi) dilakukan dengan tekhnik FGD tentang tugas dan peran satgas covid serta pemberian edukasi dan penyuluhan dengan menayangkan video animasi tentang prosedur pencegahan penularan Covid-19.  Kegiatan dilakukan secara daring  dan dilanjutkan pengisian kuesioner setelah edukasi.  Hasil pelatihan menunjukkan pengetahuan satgas covid terdapat peningkatan dari 54% menjadi  92% dalam kategori baik. Pelatihan dan penyuluhan ini dinilai efektif  meningkatkan pengetahuan satgas covid 19 Pondok Pesantren sehingga diharapkan mencegah  munculnya kluster baru di Pesantren.

References

Alwi, A. (2020). Solidaritas Masyarakat Multikultural dalam Menghadapi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Problematika Sosial Pandemi COVID-19 “Membangun Optimisme Di Tengah Pandemi Covid-19, 33–36.

Aufar, A. F., & Raharjo, S. T. (2020). Kegiatan Relaksasi Sebagai Coping Stress Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 157. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29126

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Elton, W. R. (2021). Academic. Shakespeare’s Troilus and Cressida and the Inns of Court Revels, 4(December), 79–87. https://doi.org/10.4324/9781315243313-14

Fahham, A. M. (2020). Pembelajaran Di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. Info Singkat, XII(14)(II), 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-14-II-P3DI-Juli-2020-190.pdf

Handayani, R. T., Arradini, D., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Pandemi covid-19, respon imun tubuh, dan herd immunity. Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 10(3), 373–380.

Herlan, Efriani, Sikwan, A., Hasanah, Bayuardi, G., Listiani, E. I., & Yulianti. (2020). Keterlibatan Akademisi Dalam Menanggulangi Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat Melalui Aksi Berbagi Sembako. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 267–277.

Hermanto, A., Jakarta, U. M., Swarnawati, A., & Jakarta, U. M. (2021). Buku Media, Komunikasi dan Informasi di Masa Pandemi Covid 19.pdf - Google Drive (Issue June). https://drive.google.com/file/d/1s7lte8hrOf-rBE5Ol3dsqn5bcMu4GAQ8/view

Kashiouris, M. G., L’heureux, M., Cable, C. A., Fisher, B. J., Leichtle, S. W., & Fowler, A. A. (2020). The emerging role of vitamin C as a treatment for sepsis. Nutrients, 12(2), 1–16. https://doi.org/10.3390/nu12020292

Muslim, M. (2020). Moh . Muslim?: Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Mutawalli, L., Setiawan, S., & Saimi, S. (2020). Terapi Relaksasi Otot Progresif Sebagai Alternatif Mengatasi Stress Dimasa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Lombok Tengah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 41–44. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1155

Ningsih, N., Bahar, H., & Fikki Prasetya. (2021). Behavior Study of The Prevention of Covid-19 Transmission with Health Protocol at Transportation Service Office. MIRACLE Journal Of Public Health, 4(1), 47–61. https://doi.org/10.36566/mjph/vol4.iss1/222

Notoatmojo, S. (2017). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmojo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Praetia, S. A., & Fahmi, M. (2020). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di tengah Pandemi. Tarbawi, 9(1), 21–38. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.3128

Sari, O. K., Ramdhani, N., & Subandi, S. (2020). Kesehatan Mental di Era Digital: Peluang Pengembangan Layanan Profesional Psikolog. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(4), 337–348. https://doi.org/10.22435/mpk.v30i4.3311

Sarnoto, A. Z., & Syaidah, K. (2022). Manajemen Krisis Pondok Pesantren dalam Mempertahankan Pola Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19. Edukasi Islami?: Jurnal Pendidikan Islam, Special Is, 363–374. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.2161

Septian Raibowo, & Yahya Eko Nopiyanto. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND?: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Setyawati, N. (2020). Implementasi Sanksi Pidana Bagi Masyarakat Yang Beraktivitas Di Luar Rumah Saat Terjadinya Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 135–140.

Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga: Jurnal of Communication, 2(1), 14–34.

Wackerhage, H., Everett, R., Krüger, K., Murgia, M., Simon, P., Gehlert, S., Neuberger, E., Baumert, P., & Schönfelder, M. (2020). Sport, exercise and COVID-19, the disease caused by the SARS-CoV-2 coronavirus. Deutsche Zeitschrift Fur Sportmedizin, 71(5), E1–E11. https://doi.org/10.5960/DZSM.2020.441

Zaini, H., Afriantoni, Hadi, A., Sofyan, F. A., Faisal, Padjrin, & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1), 154–165. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18080

Kominfo. (2020, Mei 27). 10 Kasus Covid-19 di Ponorogo. Retrieved from Bupati: peringatan tentang protokol kesehatan: https://ponorogo.go.id

Pondok, N. (2021, Mei 27). Penjengukan Santri di masa Pandemi. Retrieved from Humas: Penjengukan Santri di masa Pandemi: http://ppwalisongo.go.id

Nancy, J. (2020, Mei 27). 4 Kasus baru Corona di Ponorogo. Retrieved from semuanya dari Pesantren: http://surabaya.bisnis.com

Downloads

Submitted

02-08-2022

Published

12-07-2022

How to Cite

Susanti, S., Munawaroh, S. ., & Nasriati, R. (2022). Edukasi dan Pemberdayaan Satgas Covid-19 dalam Pencegahan Penularan Covid-19 pada Cluster Pesantren. Warta LPM, 25(3), 366–378. https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1032