Etika komunikasi siswa dalam pembelajaran daring: Studi kualitatif pada pembelajaran PPKn

Authors

  • Rizki Undari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Achmad Muthali'in Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wibowo Heru Prasetiyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/sosial.v3i1.623

Keywords:

etika komunikasi, pembelajaran online, pembelajaran ppkn

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana etika komunikasi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, upaya guru memperbaiki etika komunikasi siswa dan hambatan apa yang dialami oleh guru dalam upaya memperbaiki etika komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan beragam teknik pengumpulan data, meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator dalam penelitian ini terbagi atas 2 yaitu etika komunikasi bahasa tulis dan lisan masing-masing indikator memiliki sub-indikator, yaitu bahasa, ketepatan waktu, kerapian pakaian, dan respek terhadap percakapan dengan guru melalui platform video meeting online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa lebih banyak memilih bahasa non formal karena adanya kesetaraan usia sehingga tidak ada tuntutan menggunakan bahasa baku. Berbeda dengan komunikasi dengan guru, siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan bahasa Jawa kromo. Siswa memiliki kemampuan untuk menyampaikan pertanyaan dengan jelas ketika berkomunikasi dengan guru dan juga sesama rekan sekelas. Siswa ketika menyampaikan pesan kepada rekan tidak terlalu memperhatikan waktu penyampaian. Berbeda ketika dengan guru siswa masih memperhitungkan waktu yang tepat jika berkomunikasi dengan guru kecuali keadaan mendesak. Tidak ada upaya dan hambatan yang dialami oleh guru ketika berupaya memperbaiki etika komunikasi siswa. Guru beranggapan bahwa etika komunikasi siswa sudah baik dan tidak melanggar kaidah etika dan kebahasaan. Etika komunikasi bahasa lisan siswa dianggap sudah cukup baik hanya perlu upaya lebih ketat untuk mendisiplinkan agar siswa mau mengaktifkan kamera (on camera).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiawan, I. K. N., Kristina, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Desvianti, Desyandri, Darmansyah, & Ratih, M. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201–1211.

Diana, N. (2016). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Al-Mabhats, 1(1), 135–147.

Elen, T., & Putri, R. R. (2020). Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 214–226.

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69–78.

Hatami, W. (2020). Anime Jepang Sebagai Sumber Pembelajaran PKN. Jurnal Edueksos, IX(2), 52–66.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Maharani, L. A. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Webtoon Muatan Pelajaran PPKn Kelas IV SDN Sayung 4. Skripsi.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pascasarjana.

MTs Al Kautsar Depok, Etika Online Class MTs Al Kautsar. https://mtsalkautsar.sch.id/event/etika-online-class-mts-al-kautsar/. Diakses tanggal 12-05-2022 pukul 20:41.

Purwasih, R., Komala, & Santana, F. D. T. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Pendidik terhadap Pembelajaran Daring Berbasis ICT pada Masa Pandemik Covid-19. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 10–18.

Purwatiningsih, A., Prayetno, & Mulianingsih, F. (2020). Kreativitas Dalam Pembelajaran Pkn Dan Ips Masa New Normal: Learning Media Combination Berbasis Social Legacy. HARMONY, 5(2), 103–109.

Putra, R. G. (2021). Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin. Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 119–129. Retrieved from ejournal.stkipbbm.ac.id

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 473.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Rahayu, Y. (2018). Variasi Bahasa Model Martin Joos Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Penutur Masyarakat Desa Majasto, Tawangsari Sukoharjo. Skripsi.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa). TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135.

SMA Negeri 9 Batam, Etika Mengirim Pesan Kepada Bapak/Ibu Guru. https://www.sman9batam.sch.id/berita/detail/141716/etika-mengirim-pesan-kepada-bapakibu-guru/. Diakses tanggal 12-05-2022 pukul 20:43.

Suhanti, I. Y., Puspitasari, D. N., & Noorrizki, R. D. (2018). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. In Perkembangan Masyarakat Indonesia Terkini Berdasarkan Pendekatan Biosikososial.

Sulkipani, Chotimah, U., & Faisal, E. El. (2020). Contextual Learning in Civic Education : Alternative Approach to Enhancing Civic Competence. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 513, 130–133.

Sumartono, & Astuti, H. (2020). Etika komunikasi whatsapp dan jarak sosial pada generasi milenial. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17.

Syafi’i, A., Fahrudin, F., Misrodin, M., Ariyanto, B., & Saputra, T. A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Moral Siswa. Progres Pendidikan, 2(1), 31–34.

Syafi’i, Z. (2021). Etika Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Media Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.

Wahyuni, S. (2021). Etika Berkomunikasi di Media Sosial (Whatsapp). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 59–66.

Wicaksono, A., & Hartanto, S. (2020). Analisis Penggunaan Schoology Pada Mata Pelajaran PPKn Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA N 1 Srandakan Bantul Tahun 2020. Jurnal Kewarganegaraan, 4(2), 1–12.

Wiratama, N. A. (2020). Penerapan Google Meet Dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar PKN SD Saat Pandemi COVID 19. JTIEE, 4(2), 1–8.

Downloads

Submitted

2022-05-08

Accepted

2022-06-08

Published

2022-06-08

Issue

Section

Articles