Kajian Literatur Sistematis Transformasi Proses Desain Pasar Tradisional yang akan direvitalisasi

Authors

  • Aditya Noor Hadhy Utama Magister Arsitektur, Universitas Islam Indonesia
    Indonesia
  • Nensi Golda Yuli Magister Arsitektur, Universitas Islam Indonesia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/sinektika.vi.3989

Keywords:

Kajian Literatur, Transformasi, Proses Desain Pasar, Desain Pasar Tradisional

Abstract

Tingkat keberhasilan pasar tradisional yang akan direvitalisasi pada saat konstruksi, saat ini menjadi perhatian pemerintah. Selain adanya kebijakan baru terkait standar bangunan pada pasar tradisional, keberadaannya pun memiliki banyak tantangan baru dalam persaingan dengan pasar modern (Fadjri, 2020). Oleh karena ini proses tahapan transformasi desain pasar tradisional memiliki peranan penting pada tingkat keberhasilan pada saat konstruksi dilaksanakan. Riset ini bertujuan menganalisis tahapan transformasi desain pasar tradisional yang akan direvitalisasi. Fokus dari kajian ini adalah pada perjalanan transformasi proses desainnya, yakni mengkaji desain bangunan existing hingga bertransformasi menjadi desain final siap tender. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature review (SLR) terhadap jurnal yang telah terbit selama 10 tahun terakhir.  Sebanyak 15 makalah dari pencarian tersistematis menggunakan kata kunci transformation of the market design process, transformasi proses desain pasar tradisional, traditional market revitalization dan revitalisasi pasar tradisional dengan indeks scopus dan google scholar dianalisis sebagai data penelitian.  Analisis dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana tahapan proses desain pasar tradisional, problematika dan kendala yang ditemukan dalam transformasi desain. Hasil temuan yang pertama terkait proses tahapan transformasi desain itu sendiri. Kedua problematika proses transformasi desain adalah ketika standarisasi acuan dalam aturan bangunan yang ditetapkan tidak bisa sinkron dengan keinginan pengguna. Ketiga kendala proses transformasi desain yaitu ketika tahapan yang telah disepakati tidak bisa dilaksanakan sama sesuai teknis yang direncanakan sehingga harus ada solusi. Keempat adalah tantangan proses transformasi desain yang harus dipecahkan yaitu bahwa semua pihak yang terlibat mengikuti semua proses tahapan desain yang telah dilalui, menemukan kata sepakat dan menjalankan dengan tanggung jawab apa yang menjadi hasil dari tahapan proses transformasi desain final.

References

Al Faatihah, W. S. (2014). Revitalisasi Pasar Terapung Lok Bintan di Banjarmasin Dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual. Arsitektura, Vol. 12, No. 2, Oktober 2014.

Aldi Kurnia, M. A. (2020). Revitalisasi Pasar Prawirotaman Menjadi Pasar Kreatif Dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual Sebagai Konsep Desain. Volume 3 - Nomor 1 – Februari 2020.

Fadjri, M. (2020). Kriteria Standar Pasar Tradisional Puloampel. Jurnal Desain Dan Arsitektur Teknik Arsitektur Universitas Komputer Indonesia, DESA Jurnal Desain dan Arsitektur/Vol.1 (2)/September 2020.

Fitri, E. S. (2022). Evaluasi Desain dan Pengelolaan Bangunan Pasar Tradisional Sukaramai Medan. TALENTA Conference Series: Energy & Engineering, EE Conference Series 05 (2022).

Gita Anggraini, D. A. (2017). Standar Revitalisasi Pasar Tradisional di Indonesia (Studi Kasus Pasar Tradisional di Kota Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017.

Irawati, J. S. (2016). The Future of the Traditional Market and Its Importance to Develop the Global Competitiveness of the City Based on Its Local-Specific Potentials. Jurnal Sungkyun Kwan University, Proceedings of the 8th Conf. Int. Forum Urban., B003, doi:10.3390/ifou-B003.

Istijabatul Aliyah, G. Y. (2020). Model Of Traditional Market As Cultural Product Outlet And Tourism Destination In Current Era. Journal of Architecture and Urbanism, 44(1): 88–96.

Muhamad Agung Parenrengi, d. D. (2021). Kajian Revitalisasi Pasar Tradisional Studi Kasus Pasar Tradisional Angso Duo Jambi. Jurnal UII.

Pujiono, M. M. (2015). Perancangan Pasar Tradisional dengan Konsep Modern. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 4, No.2, (2015) 2337-3520 (2301-928X Print).

Putri Wulan Eka Christi, M. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kenyamanan Pasar Anyar di Kota Tangerang. Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, Vol. 3, No. 2, Juli 2018, ISSN (p) : 0853-7720, ISSN (e) : 2541-4275.

Sang Kyu Jeong, Y. U. (2020). Spatial Configurations for The Revitalization of a Traditional Market The Case of Yukgeori Market in Cheongju South Korea. Jurnal Sustainability (switzerland), 12, 2937; doi:10.3390/su12072937 www.mdpi.

Sastrawan, I. J. (2021). Eksistensi Pasar Tradisional Beringharjo terhadap Perkembangan Pariwisata Yogyakarta. Jurnal Destinasi Pariwisata , Vol. 9 No 1, 2021.

Sungkyun, L. (2018). A Study on Traditional Market Decline and Revitalization in Korea- Improving the Iksan Jungang Traditional Market. Journal of Asian Architecture and Building Engineering, 16:3, 455-462, DOI: 10.3130/jaabe.16.455.

Suryanto, D. d. (2018, Januari). Traditional Market Issues. International Conference on Business, Economic, Social Sciences and Humanities (ICOBEST 2018), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 225.

Teh, N. A. (2022). Tipologi Baru Pasar Tradisional Serpong. Jurnal Stupa, Vol. 4, No. 1, April 2022. hlm: 371-380.

Downloads

Submitted

2024-01-15

Accepted

2024-07-12

Published

2024-07-19

Issue

Section

Articles